pulsa-logo

Cara Gampang Melacak Ponsel Yang Hilang


Aldrin Symu

Kamis, 15 Maret 2018 • 12:18

tips android, find my device


Find My Device (google play store)Find My Device (google play store)

Tidak ada yang ingin perangkat kesayangannya hilang. Perangkat disini tidak hanya ponsel, namun perangkat pintar lainnya juga termasuk. Baik hilang karena diambil orang atau hilang karena lupa meletakkan atau tertinggal dimana. Bila kehilangan terjadi, jangan buru-buru panik. Banyak cara untuk menemukannya kembali. Salah satunya cara yang paling afdol dan gak ribet adalah dengan menggunakan fitur yang disediakan oleh Google sendiri, yaitu android device manager atau ‘find my device’. Bagaimana tips menggunakannya, berikut penjelasannya.

Sudah menjadi syarat utama untuk Anda dapat menggunakan perangkat pintar, yaitu adanya email yang dalam hal ini tentunya akun Gmail. Nah, dengan akun Gmail-nya inilah nantinya Anda dapat mengetahui dimana letak perangkat tersebut atau minimal jejak rekam terakhir ponsel pernah berada. Sebagai contoh, misalkan Anda memiliki lebih dari 2 perangkat (seperti smartphone, smartwatch dan tablet) dan kesemuanya menggunakan akun Gmail yang sama. Maka kesemua perangkat dapat dilacak keberadaannya, dikunci perangkatnya secara remote, dan bahkan dihapus isinya. Tentunya penghapusan dilakukan bila perangkat tipis kemungkinan untuk ditemukan (seperti dirampok atau dicuri) dan banyak hal penting ada di dalam perangkat tersebut. Kesemua fitur tersebut dapat Anda gunakan baik melalui smartphone ataupun PC/laptop.

Melacak Lewat Ponsel

Melacak lewat ponsel ini artinya Anda membutuhkan smartphone lain. Pada smartphone ini instal aplikasi (lewat Google Play tentunya) yang dinamakan ‘temukan perangkat saya’ atau Anda dapat mengetikkan ‘android device manager’ pada kolom pencarian. Setelah diinstal, buka aplikasi dan pilih akun yang tersedia. Disini Anda dapat memilih ‘lanjutkan’ dengan akun yang sudah ada, atau ‘login sebagai tamu’ bila menggunakan smartphone orang lain.

Pilih akun Gmail yang ada, dan masukkan password untuk masuk. Ini merupakan syarat yang harus dilakukan meskipun sebenarnya smartphone ini menggunakan akun yang sama dengan akun pada smartphone yang hilang. Setelah masuk, aplikasi akan menampilkan semua perangkat yang menggunakan akun yang sama. Dalam percobaan ini terdapat 4 perangkat. Pilih perangkat yang ingin ditemukan. Maka aplikasi akan menampilkan lokasi terkini dari perangkat bila perangkat masih ‘online’ atau mendapat akses internet. Bila perangkat tidak dalam keadaan hidup atau tidak terakses ke internet, maka aplikasi akan menampilkan radius dari lokasi terakhir yang tercatat.



Bila perangkat terbaca atau terlihat di peta, artinya Anda kemungkinan terlupa meletakkannya, Anda dapat mengaktifkan suara. Caranya, pilih ‘putar suara’ maka perangkat akan berbunyi kencang selama 5 menit meskipun perangkat berada pada mode senyap (silent). Bila suara tidak terdengar, Anda bisa melanjutkan dengan mengunci perangkat. Kunci perangkat ini dapat ditambahkan dengan mengirim pesan (ketik sesuai selera) dan mengirimkan nomor telepon yang dapat dihubungi. Pada perangkat yang hilang akan muncul panggilan suara dan notifikasi yang telah diketik tadi.

Bila tetap tidak mendengar suara dan tidak ada jawaban. Anda dapat melanjutkan ke opsi lain yaitu dengan menghapus. Menghapus disini maksudnya, perangkat akan menghapus isi data perangkat yang hilang secara remote. Semua data akan dihapus secara permanen. Jika perangkat dalam keadaan offline, penghapusan akan dimulai saat perangkat online kembali. Fitur ini sebenarnya dapat juga Anda manfaatkan untuk melacak keberadaan anak Anda layaknya fitur ‘child control’. Syaratnya perangkat tersebut sudah dimasukkan akun yang Anda miliki.

Melacak Lewat PC/Laptop

Melacak lewat PC/laptop pada dasarnya sama. Hanya saja pada browser Anda harus masuk ke www.google.com atau www.google.co.id. Pada fitur pencarian ketikkan ‘find my device’. Pilih atau klik ‘find your phone – my account – google. Lakukan login dengan nama akun Anda dan masukkan password juga.

Pada versi PC/laptop menu yang tersedia adalah ‘periksa peristiwa keamanan baru-baru ini untuk aktifitas yang mencurigakan’, ‘kunci ponsel Anda’, ‘cobalah menelepon ponsel Anda’, ‘logout di ponsel Anda’ (logout dari akun Anda yang masih menempel pada ponsel yang sudah bukan milik Anda), ‘hubungi operator Anda’ dan terakhir ‘pertimbangkan untuk menghapus perangkat Anda’. Pada perangkat pilihan, Anda dapat melihat keteranga atau status dari perangkat tersebut dengan lokasi negara dan waktu terakhir yang terlacak.

Pada dasarnya fitur atau langkah yang terdapat pada versi smartphone dan PC/laptop adalah sama. Hanya saja pada PC/laptop Anda dapat melihat dalam tampilan yang lebih besar.

Mudah kan? Selamat mencoba.

LATEST TIPS-APPS

Mengatur Pesan SOS di Smartphone Asus
BackUp Cloud di CloudMAX

2018-04-10 20:49:42