pulsa-logo

Penting! Begini Cara Mengamankan Akun Facebook Anda


dian iskandar

Jum'at, 23 Maret 2018 • 19:52

Penting! Begini Cara Mengamankan Akun Facebook Anda


Heboh soal data Facebook yang dieksloitasi oleh Cambridge Analytica berbuntut panjang. Bahkan akibat skandal pencurian data ini, Mark Zukerberg sang pemilik Facebook disebut-sebut kehilangan puluhan triliun karena merosotnya harga saham. Baru-baru ini, Mark juga sudah meminta maaf atas insiden yang melibatkan 50 juta pengguna Facebook itu.  

Bagi pengguna, pencurian data kerap terjadi tanpa disadari. Memang, data tersebut tidak merugikan Anda secara finansial, tapi ternyata data-data itu bisa digunakan untuk kepentingan lain semisal yang berkaitan dengan kampanye politik atau hal-hal lain.

Facebook sebetulnya sudah sejak lama mengambil langkah-langkah untuk mencegah kasus seperti Cambridge Analytica. Bahkan, Facebook juga telah lama tidak lagi mengijinkan aplikasi yang terkait dengan Facebook untuk mendapatkan informasi pribadi dan teman-teman Facebook Anda.

Tapi, agar lebih amannya, untuk menghindari dampak negatif dari pencurian data pada akun Facebook Anda, beberapa langkah bisa Anda lakukan sebagai antisipasi.

1.       Tolak akses aplikasi ke akun Anda

Beberapa aplikasi bisa mengaitkan akun Anda sebagai login. Tapi, yang perlu Anda ketahui adalah, apakah aplikasi tersebut meminta akses yang lebih luas pada data akun Facebook Anda, itu perlu Anda ketahui. Jadi lebih amannya, tolak aplikasi yang tak dikenal yang bisa berimbas terhadap akun Facebook Anda. Caranya;

Masuh ke Pengaturan> Aplikasi saat masuk ke profil Facebook Anda, Anda akan melihat daftar aplikasi yang Anda miliki, yang diantaranya mungkin Anda berikan akses ke informasi Facebook Anda. Jadi jika dianggap tidak perlu, silahkan di hapus saja.


2.       Membatasi informasi untuk diketahui teman Anda

Anda bisa membatasi hal-hal yang dianggap tak perlu diketahui oleh orang lain seperti Biodata, Ulang tahun, Keluarga dan hubungan, dan masih banyak lagi. Silahkan masuk ke menu “Aplikasi yang digunakan orang lain” yang ada di bawah menu “Pengaturan” lalu klik "Edit".

3.       Menonaktifkan Akun Anda

Jangan biakan akun Anda tidur dalam waktu yang lama. Ada baiknya, nonatifkan akun Anda ketika tak sering mangaksesnya Ini juga sebagai bentuk pencegahan agar akun Anda tetap terjaga keamanannya. Toh untuk mengaktifkannya kembali juga sangat mudah.

Begini cara menonaktifkan akun Facebook Anda;

Buka Pengaturan> Umum> Kelola Akun, lalu klik "Nonaktifkan akun Anda." Anda akan dimintai kata sandi Anda, kemudian Anda akan melihat halaman di mana Facebook menjelaskan apa yang akan terjadi jika Anda menonaktifkannya. Anda juga harus memberikan alasan untuk penonaktifan.

Untuk mengaktifkan kembali, cukup log in seperti biasa. Semuanya akan sama seperti setelah Anda mengaktifkan kembali, dengan semua foto Anda, pembaruan status, dan aplikasi kembali online.

4.       Menghapus akun

Facebook sudah pasi tak ingiin Anda menghapus akun. Bahkan, Anda akan melalui serangkaian proses  untuk menghapus informasi Anda secara permanen, sambil terus merayu Anda untuk melakukan penonaktifan sebagai gantinya.

Tetapi jika Anda keukeh untuk menghapus profil Anda dari Facebook, hal pertama yang ingin Anda lakukan adalah membuat cadangan info. Anda dimungkinkan mengunduh file .zip dengan semua foto dan detail pribadi Anda, sehingga menghapus profil Anda tidak berarti menghapus kenangan Anda.

Caranya; Buka Pengaturan> Umum, dan di bagian paling bawah klik "Unduh salinan data Facebook Anda." Kemudian klik, "Mulai Arsip Saya" untuk mendapatkan file .zip.

Tentunya, jika profil Anda sudah berumur satu dekade dan penuh dengan foto, ini bisa memakan waktu cukup lama.Setelah Anda mencadangkan, Anda dapat menghapus akun Anda. Silahkan dipikirkan lagi apakah Anda perlu menghapus akun Anda sebelum masuk ke fase penghapusan akun.

Terakhir, sebagai saran jangan mudah percaya dengan aplikasi yang meminta log in via Facebook, bahkan kami sarankan untuk tidak mengisi form yang meminta akun serta kata kunci Facebook dengan alasan apapun termasuk iming-iming mendapat hadiah. (*)