pulsa-logo

Cara Mengecek Data Pribadi yang Ada di Facebook


Galing

Senin, 23 April 2018 • 20:32

facebook


Facebook Account Security (Facebook)Facebook Account Security (Facebook)

Facebook diam-diam ternyata telah menghimpun isi SMS, kontak hingga data riwayat panggilan telepon yang dilakukan oleh pengguna smartphone Android. Sejumlah pengguna Facebook bahkan telah menumpahkan kekesalan mereka di Twitter terkait hal ini. Terungkapnya skandal ini sebetulnya bermula dari terbongkarnya pencurian data pribadi oleh sebuah lembaga swasta di Inggris bernama Cambridge Analytica. Lembaga riset tersebut dituding telah membobol data pribadi lebih dari 50 juta pengguna Facebook.

Namun perlu Anda ketahui, tindakan lancang Facebook menyimpan data pribadi Anda tersebut hanya berlaku pada pengguna smartphone yang menjalankan sistem operasi Android. Sementara bagi Anda yang menggunakan perangkat dengan platform iOS, dipastikan aman dari hal tersebut. Hal ini dikarenakan Apple dari dulu memang tidak pernah mengizinkan adanya pengumpulan data kontak dan SMS pada iPhone oleh pihak ketiga termasuk diantaranya ialah Facebook.

Nah buat pengguna yang penasaran dengan data pribadi apa saja yang telah 'dikumpulkan' oleh raksasa jejaring sosial dunia tersebut, berikut langkah sederhana yang bisa Anda lakukan:

1. Silakan akses tautan berikut: http://facebook.com/settings

2. Klik 'Download copy of your Facebook data' atau 'Unduh Salinan Data Facebook Anda'.

3. Berikan konfirmasi bahwa Anda memang ingin mendapatkan data tersebut dengan menekan tombol 'start archive' atau 'mulai arsip saya'.


4. Demi keamanan Facebook akan meminta Anda untuk mengetik ulang kata sandi akun milik Anda.

5. Berikutnya, Facebook akan mulai mengarsip seluruh data Anda serta mengirimkan tautannya kepada alamat email.

6. Jika Anda ingin mengunduh langsung melalui Facebook, silakan tunggu notifikasi masuk.

7. Buka tautan yang Anda terima pada email atau dari notifikasi yang masuk. Pastikan Anda menggunakan jaringan internet yang cepat dan stabil agar proses pengunduhan berlangsung dengan lancar.

8. Agar tidak terjadi penyalahgunaan maka Facebook sekali lagi akan meminta Anda untuk mengetikkan kata sandi.

9. Berikutnya buka arsip data dan ekstrak menggunakan 7ZIP atau WinRAR. Lalu buka 'html/index.htm' untuk melihat data apa saja yang disimpan pada akun Anda berdasarkan pada kategori yang sudah tersusun rapi seperti ditunjukkan pada gambar.