pulsa-logo

Tentang iOS 11.3, Minim Peningkatan atau Sekedar Penyempurnaan untuk iPhone X?


Ahmad S.

Senin, 23 April 2018 • 22:34

ios 11, ios, apple, iphone, iphone x


iOS 11.3 (Apple)iOS 11.3 (Apple)

Akhir Maret 2018, Apple mulai mempublikasikan iOS versi terbaru, yakni iOS 11.3. Update ini bukanlah perombakan besar-besaran seperti yang dilakukan oleh peralihan iOS 9 ke 10 atau 10 ke 11, melainkan hanya menyempurnakan iOS 11 yang sudah ada.

Tapi, sejatinya penyempurnaan di iOS 11.3 ini melingkupi banyak hal, bahkan yang tidak terlihat langsung oleh user. Tapi, sebagai awalan, mari kita bahas fitur apa saja sih yang bisa kita temukan di iOS update-an anyar ini dan apa arti pentingnya untuk kita?

1. Kontrol Terhadap Penggunaan Baterai

Baterai menjadi momok bagi pengguna ponsel pintar kekinian. Semakin banyak hal yang dapat dilakukan, menjadikannya tergantung pada sumber daya yang disediakan. Sejumlah vendor mencoba mengurangi permasalahan ini dengan menyematkan baterai berkapasitas besar, sementara sejalan dengan itu, produsen chipset pun makin gencar menambahkan fitur efisiensi daya dan di sisi developer OS, merekapun mencari solusi.

iOS 11.3 membawa salah satu upaya untuk mengatasi masalah baterai pada iPhone. Yang baru-baru ini sempat menjadi hangat karena sempat terkuak bahwa Apple sengaja membiarkan produk lama untuk terengah-engah mengejar performa iPhone baru melalui update-update iOS terbaru. Nih, dengan iOS 11.3 Apple seakan-akan meminta maaf dan mulai memperlihatkan kepada kita penggunaan baterai secara detil.

Termasuk akan memberitahukan kepada kita tentang kondisi baterai saat ini. Apakah perlu diganti dengan yang baru atau tidak.

iOS 11.3 Battery HealthiOS 11.3 Battery Health


2. Augmented Reality Lebih Baik

Augmented Reality alias AR, sudah melenggang mulai dari iOS 11. Nah di iOS 11.3 kali ini, Apple menyematkan ARkit versi terbaru, yakni ARKit 1.5. Dengan ARKit anyar ini, sistem bisa tetap berfungsi meskipun layar diberdirikan, atau vertikal.

Bukan itu saja, dengan ARKit anyar, sistem pun dapat mengenali permukaan obyek yang tidak rata, atau berbentuk aneh. Seperti lingkaran, oval dan sebagainya.

iOS 11.3 Augmented Reality (Apple)iOS 11.3 Augmented Reality (Apple)

3. Tambahan Animoji untuk iPhone X

Nah yang ini adalah fitur yang mungkin hanya dapat dirasakan oleh pengguna iPhone X. Bagi pengguna iPhone X, animoji bisa jadi salah satu fitur yang sering digunakan. Baik untuk dokumentasi, atau sekedar mengirimkan avatar ke teman melalui pesan video.

Setelah di iOS 11 kemarin ada sekitar 12 karakter untuk dijadikan animoji, nah di update-an terbaru ini ada tambahan 4 animoji baru. Yakni Naga, Singa, beruang dan tengkorak. Lucu banget memang, dengan memanfaatkan sensor pada kamera depan iPhone X, wajah kita akan diterjemahkan ke wajah-wajah animasi ini.

Sayangnya ya itu tadi, fitur ini hanya dapat dirasakan oleh pengguna iPhone X.

iOS 11.3 Animoji (Apple)iOS 11.3 Animoji (Apple)

4.    Business Chat

Apa itu business chat? Ini adalah sebuah cara baru berkomunikasi dengan pemilik usaha, atau service centernya, dimana kita bisa langsung berbicara, memesan barang dan membayarnya hanya dengan satu aplikasi iMessage. Tentunya dengan dukungan Apple Pay.

Jenis chat bisnis seperti ini sudah diterapkan oleh Facebook. Dan secara agresif Apple memodifikasi dan menerapkannya di iMessage terbaru ini. Dengan Business Chat, Anda tidak perlu lagi mengantri di nomor telepon customer service, atau menunggu balasan email, tanpa perlu berganti-ganti aplikasi untuk tetap fokus ada apa yang Anda incar.

Sayangnya untuk pengguna di Indonesia, nampaknya fitur ini belum dapat digunakan secara maksimal. Selain dukungan para pemilik usaha, Apple Pay juga belum resmi bergulir di Indonesia.

iOS 11.3 Business Chat (Apple)iOS 11.3 Business Chat (Apple)

5. Aplikasi Your Health Makin Kaya

Aplikasi Your Health secara pintar akan mengumpulkan data-data kesehatan penggunanya. Mulai dari detak jantung, langkah yang ditempuh, dan aktivitas lainnya. Tapi untuk apa? Tidak semua pengguna iPhone memiliki kemampuan membaca data tersebut hingga muncul sebuah diagnosa.

Untuk itu, Apple bekerja sama dengan rumah sakit dan klinik ternama untuk membantu pengguna iPhone tetap terhubung dengan dokter mereka. Sayangnya, sampai iOS 11.3 ini diluncurkan secara resmi untuk publik, baru beberapa rumah sakit di Amerika saja yang mendukung fungsi ini.

iOS 11.3 Your Health (Apple)iOS 11.3 Your Health (Apple)

Tidak hanya lima hal itu yang ditambahkan pada iOS 11.3, namun semuanya tergolong minor. Dan hanya berpengaruh untuk pengguna di negara-negara tertentu saja. Terutama yang terkait dengan Apple Pay dan SIRI.