pulsa-logo

3 Langkah Jitu Amankan Akun Facebook


Hairuddin

Jum'at, 27 April 2018 • 11:36

facebook, #deletefacebook, akun facebook, tips android


Facebook Security (Facebook)Facebook Security (Facebook)

Skandal bocornya data akun sosial media, hingga serangan hacker yang mencuri data pribadi pengguna memang bukan berita baru. Hebohnya pun tidak sesanter kebocoran data pengguna Facebook yang baru-baru ini terjadi di dunia termasuk Indonesia.

Tercatat, ada sekitar 50 juta data pengguna Facebook dunia yang diduga disalahgunakan untuk kepentingan tertentu. Dan sekitar 1 juta diantaranya merupakan akun milik pengguna di Indonesia. Imbas dari kejadian tersebut, sempat viral hashtag #DeleteFacebook di berbagai media sosial.

Nah, untuk mengantisipasi data akun Facebook Anda digunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab atau malah mendapat serangan hacker, ada baiknya Anda segera melakukan langkah pengamanan.

Seperti yang PULSA rangkum dari berbagai sumber, setidaknya ada tiga langkah jitu yang bisa dilakukan untuk mengamankan data akun Facebook Anda. Proses pengamanannya pun tergolong mudah. Berikut ini ulasan lengkapnya.

1. Menonaktifkan Permissions yang tidak diperlukan

Biasanya, saat menginstal aplikasi ke smartphone sistem akan secara otomatis meminta ijin untuk bisa mengakses beberapa fungsi penting ponsel. Disinilah yang kerap jadi celah masuknya para ‘pencuri’ data. Oleh karena itu, Anda perlu menonaktifkan yang tidak penting.

Buka pengaturan aplikasi di smartphone, Settings > Apps > Manage apps > Facebook. Selanjutnya, geser ke opsi App Permissions > Non-aktifkan beberapa pilihan yang menurut Anda tidak terlalu penting.


Di Other Permissions, biasanya ada juga akses yang diminta aplikasi. Di sini, Anda juga bisa menonaktifkannya (Deny).

2. Blokir Akses Aplikasi Mencurigakan

Beberapa aplikasi bisa mengaitkan akun Anda sebagai login. Dan yang perlu diketahui adalah apakah aplikasi tersebut meminta akses yang lebih luas pada data akun Facebook Anda. Namun supaya lebih aman, sebaiknya remove saja aplikasi tersebut.

Buka dan login ke akun Facebook (bisa dari desktop atau smartphone). Masuk ke menu Settings (berupa tanda tiga garis di pojok kanan atas) > Account Settings > Apps > Pilih “Logged in with Facebook” > Tentukan aplikasi/game yang jarang digunakan, atau yang menurut Anda mencurigakan > tap ‘Remove’ untuk menghapusnya.

Untuk yang lebih ekstrim lagi, Account Settings > Apps > Pilih “Apps, Website and Game” > Turn Off.

3. Batasi informasi untuk diketahui orang lain

Di langkah ini, Anda bisa membatasi hal-hal yang dianggap tak perlu diketahui oleh orang lain seperti Biodata, Ulang tahun, Keluarga dan hubungan, serta masih banyak lagi.

Masuk dan login ke akun Facebook, pilih “Aplikasi yang digunakan orang lain” yang ada di bawah menu “Pengaturan”, klik ‘Simpan’ untuk mengkonfirmasi perubahan tersebut.

Selamat mencoba! (Hairuddin Ali/@hairuddin_ali)