pulsa-logo

4 Cara Mudah Bikin iPhone Terasa Baru


Ahmad S.

Jum'at, 27 April 2018 • 12:22

tips iphone, iphone, apple iphone, icloud, itunes


iCloud Backup (Apple)iCloud Backup (Apple)

Sebelum ini, PULSA pernah membahas bagaimana membuat iPhone lama jadi lebih enak digunakan, dari sisi performa. Lalu kami pun pernah membahas bagaimana cara menggunakan iPad lama untuk kegiatan sehari-hari. Kali ini, kami mencoba untuk membahas, bagaimana memanfaatkan iPhone lama agar terasa lebih segar, tanpa harus menggantinya ke iPhone baru.

Langsung saja kita akan ulas mulai dari sisi baterai.

1. Mengganti Baterai

Sudah menjadi rahasia umum bahwasanya Apple secara perlahan meninggalkan dukungan terhadap produk lawas dengan cara update software iOS berkala. Beberapa produk lawas yang sengaja ditinggalkan dan bukan menjadi bagian dari perangkat yang mendapatkan update iOS akan tersangkut di iOS lama dengan performa yang sedikit tertinggal. Karena mau tidak mau aplikasi pun kan harus melakukan perbaikan kinerja untuk mengejar kebutuhan perangkat anyar, maka biasanya akan muncul gejala aneh pada perangkat lama yang ditinggalkan.

Gejala yang umum adalah baterai akan terasa cepat habis. Selain karena alasan yang disebutkan di atas, biasanya umur baterai iPhone lawas memang sudah saatnya untuk diganti. Kinerja ion pada baterai iPhone lawas biasanya sudah melambat, baik karena penggunaan, maupun karena sifat dari ion-ionnya itu sendiri.

Cara untuk mengembalikan kinerja baterai ke performa terbaik adalah dengan mengganti baterai iPhone tersebut. Hubungi pusat perbaikan iPhone terpercaya di tempat Anda, lalu ganti baterai dengan yang baru.

(9to5mac)(9to5mac)


2. Pindahkan File ke Cloud atau Media Penyimpanan Eksternal

Melambatnya performa iPhone lawas bisa jadi diakibatkan oleh banyaknya file yang memenuhi memori storage iPhone lawas kita. Baik itu file foto, video, aplikasi, dokumen atau bahkan mungkin sekedar email dan lampiran yang ada di mailbox iPhone. Enak sih, ketika kita membutuhkan file tersebut untuk diupload di social media misalnya, kita bisa langsung upload tanpa harus sibuk mencari dan transfer dari perangkat lain.

Tapi apabila Anda membutuhkan memori lebih lega untuk kebutuhan sistem bekerja lebih cepat, maka mau tidak mau Anda harus merelakan file-file tersebut. Rekomendasi kami sih adalah dengan membuang aplikasi yang sudah lama atau jarang sekali digunakan. Lalu file lama baik foto maupun dokumen dikirimkan ke penyimpanan cloud, semisal iCloud lalu hapus yang ada di perangkat.

Apabila iCloud dianggap terlalu mahal, Anda bisa menggunakan alternatifnya, semisal Google Photo, Dropbox, One Drive dan lain sebagainya. Enaknya nih, dengan menggunakan penyimanan Cloud, Anda bisa mengambilnya kapan saja Anda butuhkan, selama ada koneksi internet.

Hal tersebut jauh lebih baik ketimbang menggunakan media penyimpanan eksternal, semisal laptop atau flash disk OTG untuk iPhone. Karena Anda harus menghubungkan perangkat-perangkat tersebut ketika membutuhkan file yang diinginkan.

3. Lebih Segar dengan Tampilan Baru

Ganti casing atau menambahkan casing yang berbeda dari yang biasa kita gunakan, juga menjadi salah satu trik agar iPhone lawas Anda terasa lebih baru. Setidaknya ada tambahan feel yang tidak biasa ketika menggunakannya.

BENTOBEN Case (ebay)BENTOBEN Case (ebay)

Apabila selama ini Anda hanya menggunakan casing berupa bumper karet tipis, cobalah untuk menambahkan kesan garang dengan casing anti jatuh yang tebal, seperti casing Defender milik Otterbox. Atau jika selama ini Anda menggunakan casing berbahan metal, cobalah sekali-kali menggantinya dengan casing berbahan lain, semisal kayu yang tentunya akan memberikan kesan yang berbeda.

Defender iPhone Case (otterbox)Defender iPhone Case (otterbox)

Langkah ini tidak melulu berhenti pada penggunaan casing tambahan. Casing bodi fisik iPhone pun bisa Anda perbaiki dengan menggunakan casing baru agar terasa lebih segar. Anda bisa mendapatkannya di toko resmi Apple atau pusat perbaikan iPhone terpercaya di daerah sekitar Anda berada.

4. Menambahkan Cara Lain untuk Charging

iPhone terbaru tahun lalu, yakni iPhone 8/8Plus dan iPhone X sudah mendukung pengisian daya secara wireless. Mereka disebut telah mendukung Qi Wireless Charging, bahkan dengan kecepatan yang tinggi atau biasa disebut dengan Fast Charging. Lalu bagaimana dengan iPhone lawas?

Wireless Charger (Anker)Wireless Charger (Anker)

Solusinya adalah dengan menggunakan perangkat bernama Qi Receiver atau Qi Wireless Charger receiver. Anda bisa mencarinya di toko online, dengan beragam jenis konektor. Artinya produk ini bisa digunakan oleh hampir semua jenis ponsel. Untuk iPhone Anda perlu mencari produk Qi receiver dengan konektor Lightning atau yang mendukung lainnya.

Nillkin Magic Tags (amazon)Nillkin Magic Tags (amazon)

Perangkat ini dijual di kisaran harga 20 ribu sampai 150 ribuan di Tokopedia. Memungkinkan pengguna iPhone lawas untuk dapat melakukan charging menggunakan Qi Wireless charger. Chargernya sendiri bisa Anda cari di Tokopedia dengan kisaran harga 300 ribu sampai 800 ribuan Rupiah di toko-toko online lokal.

Tapi perlu Anda ketahui bahwa metode pengisian daya iPhone lawas menggunakan cara ini berlangsung lebih lama ketimbang menggunakan kabel. Dan banyak keluhan mengenai performanya yang disebut akan berkurang setelah beberapa lama pemakaian. Dan tidak semua iPhone akan mendapatkan kualitas charger yang sama.

Tapi kalau Anda siap mengeluarkan dana 20 hingga 150 ribu per beberapa bulan, tak ada salahnya mencoba cara ini agar iPhone lawas Anda bisa sedikit berbeda dari sebelumnya.