pulsa-logo

Maksimalkan Fitur iPhone 8


Ahmad S.

Selasa, 22 Mei 2018 • 17:49

iphone 8, tips iphone


Apple iPhone 8 & 8 PlusApple iPhone 8 & 8 Plus

Sebentar lagi generasi anyar iPhone pengganti iPhone 8/8 Plus akan muncul. Kalau Anda tidak tertarik untuk beralih ke iPhone X, biasanya momen peluncuran iPhone anyar tersebut menjadi gerbang untuk berburu iPhone 8 seken. Lumayan kan?

Atau bagi Anda yang sekarang tengah menggunakan iPhone 8, atau iPhone-iPhone sebelumnya, dan berharap dapat menggunakan semua fitur yang dimiliki tanpa ada yang tertinggal, tulisan ini bisa menjadi acuan.

Tak bisa dipungkiri, bahwasannya tidak banyak pengguna iPhone yang “ngulik”. Tidak hanya untuk iPhone saja sih sebenarnya, tapi khusus untuk edisi ini, kami akan menjabarkan sedikit hal tentang fitur yang jarang digunakan di iPhone, khususnya iPhone 8 Plus yang digunakan oleh redaksi.

1. Nomor Emergency

Berapa banyak dari Anda pengguna iPhone yang menggunakan fitur ini? Siapapun Anda, berapapun umur dan jenis kelamin, tidak ada jaminan akan terhindar dari malapetaka. Beruntung iPhone memiliki fitur emergency SOS yang memungkinkan kita untuk menghubungi salah satu nomor penting dalam kondisi darurat.

Di Indonesia, tidak banyak yang tahu nomor-nomor penting untuk kondisi darurat karena kurang peka dan minimnya edukasi terhadap masyarakat. Terlepas dari banyaknya nomor untuk keperluan yang berbeda (karena di Negara maju biasanya hanya ada satu nomor darurat publik yang kemudian laporan daruratnya akan didistribusikan oleh operator nomor tersebut), tingkat respon pun mungkin masih menyisakan keraguan bagi masyarakat umum.

Jadi, kita bisa menyimpan nomor lain, semisal nomor rumah sakit, dokter pribadi, atau kerabat terdekat sebagai nomor darurat yang bisa dihubungi. Loh, tapi apa fungsinya dong?


Oke, di iPhone dengan iOS terbaru ini kita bisa melakukan panggilan darurat dengan hanya menekan kombinasi tombol. Bisa dengan menekan berulang kali tombol power, atau yang paling update adalah dengan menekan-tahan tombol volume dan power secara bersamaan.

Jadi, meskipun Anda tidak ada masalah dengan kesehatan, jika suatu saat Anda bermasalah dengan tindak kriminal misalnya, seperti kasus perkosaan di angkutan umum atau taksi online, Anda bisa menghubungi nomor emergency tanpa diketahui oleh si pelaku.

Caranya pun mudah, Anda hanya perlu menset nomor darurat di fitur health, atau bisa langsung dari pengaturan Emergency SOS. Anda bisa mencarinya lewat pencarian global di layar widget.

2. Melacak Tempat yang Pernah Disambangi

Secara aktif iPhone akan merekam perjalanan Anda bersama iPhone. Terutama bagi Anda yang mengaktifkan Location Service pada iPhone. Silakan Anda cek di Location Service di Settings > Privacy. Kalau sudah ON berarti iPhone Anda sudah melakukan dokumentasi tempat-tempat yang pernah Anda kunjungi.

Oke, Bapak-bapak atau ibu-ibu yang cinta pasangan (baca: selalu kepo kemana saja pasangan Anda pergi selama ini), Anda bisa menggunakan cara ini untuk mereview. Atau kalau Anda masih sendiri (jangan bersedih), fitur ini pun bisa dijadikan alat untuk bernostalgia loh.

Caranya, Anda masuk ke Location service, lalu geser ke bagian paling bawah, lalu sentuh pilihan System Services, lalu geser lagi ke bawah, sampai menemukan pilihan Significant Locations. Sampai sini, Anda akan diminta password atau sidik jari pengguna untuk verifikasi keamanan.

Tampilannya akan terlihat di ilustrasi berikut.

Nah, bagi Anda yang tidak mau dilacak seperti ini, silakan di off bagian-bagian tadi. Bukan untuk berbohong ya, tapi lebih untuk keamanan data, jika password dan sidik jari saja dianggap kurang aman bagi Anda.

3. Goyang iPhone untuk Hapus Pesan

Anda pernah dalam situasi bimbang? Menulis sms atau WhatsApp ke seorang gebetan misalnya. Kadang kita kurang puas dengan kata-kata yang kita ketik. Atau takut si dia menyalahartikan teks tersebut, lalu bolak balik mengarang kata, ketik, delete, ketik delete dan seterusnya?

Saya pernah sih, sayangnya bukan ke pasangan, tapi pesan ke bos. Nah, kalau Anda menghadapi hal seperti ini, jangan khawatir. Anda bisa menghapus semua teks yang Anda ketik dengan sedikit gesture saja, yakni dengan mengguncang iPhone. Sebuah notifikasi akan muncul agar kita tidak salah menghapus pesan. Jika Anda memang berniat menghapus teks tersebut, silakan pilih undo.

Jika Anda coba dan tidak berhasil, berarti pilihannya belum diaktifkan. Cara mengaktifkannya adalah dengan mengakses settings > General > Accessibility, lalu aktifkan Shake to Undo.

4. Memanfaatkan Live Effect

Live Effect pada foto yang ditangkap oleh kamera iPhone awalnya hanya berfungsi sebagai pemanis untuk mengingatkan kita tidak hanya pada apa yang terlihat, tetapi suasana saat foto itu diambil. Update iOS 11 menjadikannya lebih dari itu.

Waktu yang ditangkap kini lebih panjang. Jadi selain bisa memilih foto yang paling oke dari sejumlah gambar yang tertangkap dalam rentang waktu tersebut, kita pun bisa membuat efek tambahan seperti loop (berulang), bounce (bolak-balik/rev-ff), dan Long exposure (bulb).

Hal ini bisa kita lakukan dari fitur Photos. Pilih foto dengan fitur live, biasanya terlihat dari tanda lingkaran bertumpuk dengan tulisan LIVE di sudut kiri atas foto tersebut, atau masuk ke album dan cari album live photos. Dari sini, Anda bisa geser ke atas untuk memperlihatkan efek dan previewnya sekaligus. Jika Anda memilih efek tertentu, secara otomatis foto tadi akan menjadi sebuah file berformat gif.

    2018-08-09 14:35:57


    Bikin Ringtone untuk iPhone