pulsa-logo

Cara Menyembunyikan Gambar dan Video di Android


Galing

Selasa, 22 Mei 2018 • 18:36

tips android, gallery vault


Gallery Vault (Google Play)Gallery Vault (Google Play)

Teknologi kamera smartphone yang semakin canggih tentu membuat banyak orang makin mudah dalam mengabadikan momen istimewa baik dalam bentuk gambar maupun video. Selain memiliki dampak yang positif, namun kemudahan ini kerap kali disalahgunakan untuk hal-hal negatif seperti merekam video yang bersifat pribadi misalnya.

Agar gambar atau video yang Anda simpan pada smartphone tidak jatuh ke tangan orang yang tidak bertanggung jawab, pengguna dapat mencoba untuk menyembunyikannya dari galeri Android. Sayangnya tidak semua ponsel Android yang beredar di pasaran sudah dilengkapi dengan pengaturan dimaksud.

Sebagai gantinya, Anda dapat mengambil langkah sederhana sebagai berikut.

1. Silakan instal aplikasi Gallery Vault – Hide Pictures and Videos dari Play Store.

2. Buka aplikasi dan tekan tombol ‘start to use’.



3. Buat dulu PIN sebelum memulai menggunakan. Pastikan PIN yang Anda buat mudah diingat atau silakan catat pada komputer atau perangkat lainnya.

4. Masukkan dulu alamat email Anda yang dibutuhkan jika sewaktu-waktu Anda lupa dengan PIN yang telah dibuat pada langkah ketiga di atas.

5. Selanjutnya Anda dapat menambahkan gambar atau video mana saja yang ingin disembunyikan dengan menekan ikon +.

6. Berikutnya pilih file yang ingin disembunyikan dengan memilihnya dari penyimpanan ponsel Anda. Pengguna dapat memilih file yang berada pada memori internal maupun eksternal. Berikan tanda centang dan akhiri dengan menekan tombol ‘add’.

7. Kemudian file yang telah Anda pilih tadi tinggal Anda arahkan saja apakah mau dipindahkan pada folder ‘My pictures’ atau “My Videos”.

8. Guna menghindari kehilangan data yang diakibatkan oleh penghapusan aplikasi secara tak disengaja, maka pengguna dapat mengaktifkan fitur ‘Uninstall Protection’ dengan menekan tombol ‘enable now’. Dengan menekan ‘Activate Device Administrators’, maka aplikasi Gallery Vault ini nantinya hanya akan dapat dihapus oleh pengguna dari Settings-> Security -> Device Administrators.

9. Tunggu proses enkripsi video berlangsung hingga muncul pesan: 1 file was added to Gallery Vault.

10. Nah jika file yang ingin disembunyikan berada pada memori eksternal, maka Anda harus mengikuti langkah tambahan guna menghapus file terkait dari dalam root directory. Langkah ini cukup Anda lakukan sekali saja, karena pada proses enkripsi berikutnya pengguna tidak perlu lagi mengulangi langkah serupa.