pulsa-logo

Scan Ragam Dokumen Dengan Mudah


Aldrin Symu

Selasa, 22 Mei 2018 • 20:01

tips android, camscanner


Bila dahulu untuk melakukan scan dokumen membutuhkan sebuah alat yang dinamakan ‘scanner’. Scanner yang umumnya berukuran seperti printer ini harganya cukup mahal. Kini hal tersebut dapat Anda lakukan dengan ponsel dengan bantuan aplikasi tentunya. Salah satu aplikasi yang dapat Anda gunakan adalah CamScanner.

CamScanner, sesuai namanya mampu melakukan tugas scan dan mengatur dokumen. Dalam melakukan scan tersebut, aplikasi ini mampu melakukan ‘smart kropping’ (cropping pintar) agar teks dan gambar yang diambil menjadi lebih jelas dan terang. Anda juga dapat melakukan sharing hasil scan tersebut dengan beberapa langkah mudah ke semua jejaring sosial maupun aplikasi yang terdapat pada ponsel. Aplikasi ini juga mampu mentransfer image menjadi teks sehingga mudah diedit atau dibagikan. Yang menarik, aplikasi ini juga menyediakan fitur penyimpanan cloud secara gratis. Berikut sedikit tips penggunaannya.

Seperti biasa, setelah mengintalnya dari Google Play, saat menjalankan aplikasi pertama kalinya, Anda akan diminta untuk melakukan registrasi. Isikan alamat email dan password yang dibutuhkan, lakukan aktivasi dengan membuka link aktivasi pada email yang Anda gunakan. Dan lakukan sign in dilanjutkan dengan start scanning.

Aplikasi ini bersifat gratis dengan beberapa pembatasan. Untuk vesi full, Anda dapat meningkatkannya ke versi ‘bussiness’. Buat Anda pengguna biasa, versi gratis sudah mencukupi. Secara default, saat Anda sudah melakukan registrasi, Anda mendapatkan ruang gratis di cloud sebesar 200MB. Pada menu cloud space, tertera storage tambahan yang bisa Anda dapatkan dengan melakukan following, sharing maupun review. Bila Anda butuh ruang yang lebih besar, manfaatkan semua kesempatan itu.

Pada general setting, Anda dapat melakukan penyesuaian pengaturan terkait beberapa menu seperti sync (sinkronisasi ke cloud storage), scan (scanning dokumen), doc management (mengatur dokumen yang sudah ada), doc export (melakukan eksport dokumen), security & backup (keamanan dan backup cloud), free up memory (menyimpan semua berkas ke cloud), help (fitur bantuan penggunaan) dan feedback (memberikan tanggapan).


Lakukan maksimalisasi penggunaan dengan mengaktifkan beberapa fitur yang secara default belum aktif. Geser tombol ke kanan sehingga berwarna hijau untuk mengaktifkan fitur yang diinginkan.

Scan dokumen yang dapat dilakukan aplikasi ini terdiri dari busines card (kartu bisnis), ID card (kartu pengenal), note (catatan), ppt (slide) hingga whiteboard. Klik start scanning untuk memulai. Sebagai contoh, kita mencoba menscan ID card. Hasil scan menampilka beberapa titik putih. Titik ini merupakan fitur penyesuai yang dapat Anda geser sehingga dapat memuat keseluruhan dokumen yang harus dimuat.

Hasil scan yang diambil masih dapat diedit dengan beberapa pilihan efek seperti Auto, original, lighten, magic color, gray lighten, gray mode, B&W dan B&W2. Anda juga dapat melakukan rotasi image dan pengaturan kontras. Pilih tanda centang bila sudah selesai.

Anda masih bisa melakukan cropping, rotasi, memberi tanda, menambahkan teks tambahan atau melakukan share ke format PDF atau share image ke jejaring sosial dengan mudah.

Sebenarnya masih banyak fitur lainnya yang terlalu panjang untuk dijelaskan. Namun yang penting dan tidak boleh terlewatkan adalah fitur ‘import from gallery’ dimana Anda dapat mengambil dan mengedit dokumen dari image di dalam galery ponsel. Dan yang terpenting adalah menyimpan semua hasil scan tersebut ke cloud sehingga tidak menghabiskan ruang storage ponsel Anda.

Semoga bermanfaat.