pulsa-logo

Tracking Perangkat Secara Real Time dan Bebas Biaya


Aldrin Symu

Kamis, 28 Juni 2018 • 11:41

mata monitoring, mata tracking, tips android


Mata Tracking & Mata MonitoringMata Tracking & Mata Monitoring

Perangkat GPS tracking berfungsi untuk mengikuti sebuah perangkat, kendaraan atau orang. Dengan perangkat ini, Anda dapat mengikuti semua perjalanan yang dilakukan, mencatatnya dan melihat secara real time posisi perangkat tersebut. Keakuratan perangkat GPS tracking lebih baik dibanding mencari posisi berdasarkan BTS yang menggunakan jalur operator. Demikian akuratnya, sehingga perangkat ini dijual dengan harga yang tidak murah.

Namun kini, dengan aplikasi gratis yang tersedia didalam Google Play, Anda dapat memfungsikan smartphone Android Anda seperti layaknya perangkat GPS tracking tersebut secara ril time dan bebas biaya bualanan. Tentunya dibutuhkan 2 perangkat yang aktif menggunakan GPS dan data internet untuk dapat menikmati fasilitas ini. Perangkat yang satunya berfungsi sebagai perangkat yang dimonitor dan yang satunya perangkat yang memonitor.

Karenanya, aplikasi buatan Hijrah Mobility ini terdiri dari 2 yaitu Mata Tracking dan Mata Monitoring. Mata Tracking adalah aplikasi yang disimpan di perangkat yang akan di monitoring. Perangkat yang akan dimonitoring bisa berupa smartphone atau perangkat dengan GPS lainnya. Pertama instal aplikasi ‘Mata Tracking’ untuk perangkat yang akan dimonitor. Jalankan aplikasi. Secara default aplikasi belum mengaktifkan status layanan.

Didalamnya tersedia pengaturan terkait device identifier (kode unik perangkat dengan 6 angka). Kode unik ini yang nantinya ditambahkan pada aplikasi ‘Mata Monitoring’. Jadi, pastikan nomor ini tidak akan jatuh ke tangan yang tidak berhak. Location accuracy sebaiknya dipilih yang ‘high’. Jangan lupa memberikan akses lokasi kepada aplikasi untuk dapat menggunakan aplikasi.

Server URL merupakan alamat yang dapat diakses menggunakan browser mobile. Artinya alamat URL ini tidak dapat diakses lewat PC atau laptop. Intinya, pada aplikasi ‘Mata Tracking’, Anda harus mencatat ‘device identifier’ dan keakuratan lokasi saja. Pengaturan lainnya seperti frequency (tenggat waktu per berapa menit Anda membutuhkan aplikasi mencatat lokasi) ataupun distance (satuan jarak yang digunakan) dapat diubah sewaktu-waktu sesuai kebutuhan.


Kemudian instal aplikasi ‘Mata Monitoring’ pada perangkat yang akan memonitor. Setelah dibuka, Anda harus melakukan ‘register’ terlebih dahulu sebelum ‘login’. Masukkan nama, alamat email dan password. Dalam uji coba menggunakan akun gmail.

Setelah itu, login dengan memasukkan email dan password. Anda dapat merubah bahasa jika ingin. Begitu masuk, aplikasi akan menampilkan peta lokasi negara dimana Anda berada. Aplikasi ini sebenarnya menyediakan cukup banyak fitur. Icon gear merupakan pengaturan yang menyediakan informasi akun, grup (Anda bisa membuat grup), drivers (kelompok supir), notifikasi, kalendar dan perintah yang tersimpan. Selanjutnya tambahkan perangkat (device) yang tadi diinstal aplikasi ‘Mata Tracking’. Masukkan nama dan nomor identifikasi (6 digit) dan pilih centang. Beberapa saat aplikasi akan mencoba menghubungi perangkat tersebut. Bila sudah terhubung dengan sempurna, nama perangkat akan tertampil dibawahnya dengan status ‘online’.

Perangkat yang sedang dimonitor akan terlihat didalam peta dengan tanda bulatan hijau dengan titik hitam ditengahnya. Anda dapat melihat last update yang menandakan waktu terakhir di track. Perlu diingat, aplikasi yang sedang dimonitor (track) harus terhubung dengan GPS dan paket internetnya tersedia. Pada perangkat yang sedang di monitor, akan terlihat status ‘service running’. Anda dapat menambahkan banyak perangkat yang dimonitoring didalam aplikasi ‘Mata Monitoring’. Klik pada perangkat yang dipilih maka peta akan menampilkan peta yang berbeda sesuai dengan keberadaan perangkat tersebut.

Perangkat yang diinstal ‘Mata Tracking’ dapat menggunakan ‘Mata Monitoring’ sekaligus. Sebagai contoh, bila aplikasi ini digunakan oleh sepasang suami istri, maka masing-masing dapat memonitor lokasi masing-masing. Jadi aplikasi ini tidak hanya berguna buat perusahaan tapi juga buat keluarga atau teman dekat.

Bila Anda ingin membuang salah satu perangkat yang dimonitor, cukup dengan mengklik perangkat tersebut dan pilih remove (tanda X). Aplikasi ini sebenarnya masih menyediakan banyak fitur lainnya seperti command (perintah tertentu). Tersedia juga kolom extra bila Anda ingin mengklasifikasikan perangkat secara lebih mendetil mulai dari nama grup, nomer ponsel, model, kontak dan kategorinya (hanya panah, default, binatang, sepeda motor, kapal boat, bus atau lainnya).