pulsa-logo

Hal-hal Baru yang Bakal Muncul di iOS 12


Ahmad S.

Senin, 09 Juli 2018 • 21:52

ios 12, apple, ios, iphone, ipad


iOS 12 (apple)iOS 12 (apple)

Seperti di tahun-tahun sebelumnya, ajang Apple WWDC (WorldWide Developer Congress) kembali dilaksanakan pada awal Juni ini dan menelurkan beberapa teknologi anyar dan salah satunya, yang pasti ditunggu-tunggu pengguna iPhone dan iPad adalah iOS generasi baru. Seperti yang telah kita ketahui, iOS berikutnya akan diberi nama iOS 12. Akan seperti apakah iOS anyar ini?

Sebelum masuk ke bahasan fitur apa saja yang akan muncul, seperti biasa iOS 12 ini hanya akan mendukung produk-produk Apple di beberapa generasi ke belakang, tidak semua. Selain tentunya produk anyar yang akan muncul di kuartal terakhir tahun ini.

Produk yang didukung iOS 12 di antaranya adalah: iPhone 5s, iPhone SE, iPhone 6/plus, iPhone 6s/plus, iPhone 7/plus, iPhone 8/plus, iPhone X, iPad mini 2, iPad mini 3, iPad mini 4, iPad 5th gen, iPad Air, iPad Air 2, iPad Pro, iPad 2018 (6th gen). Dengan demikian nampaknya iPhone 5 dan 5C akan ditinggalkan mulai tahun ini, atau dengan kata lain hanya akan mentok di iOS 11.

Sejak tulisan ini dibuat Anda bisa bergabung mencoba versi beta di program iOS 12 preview. Anda bisa berkontribusi memberikan masukkan pada developer sampai nanti iOS 12 akan benar-benar dirilis musim gugur beberapa bulan ke depan.

Oke, tanpa banyak ba-bi-bu, kita mulai dengan sejumlah fitur menarik yang bakal kita temukan di iOS 12.

Memoji

Saat iPhone X diluncurkan tahun lalu, fitur Animoji menjadi sesuatu yang menggiurkan. Memanfaatkan sensor pada kamera depan, sebuah emoji yang teranimasi akan menirukan pergerakan dan ekspresi wajah penggunanya. Tidak lama setelah itu, Samsung menantang fitur ini dengan AR Emoji, dimana emoji yang tertampil sebagai benda teraugmented ini bisa dipersonalisasi hingga mirip banget dengan muka penggunanya.


Seperti yang kita tahu animoji di iOS 11, tersedia dalam jumlah sangat terbatas. Kurang lebih hanya 16 karakter yang menyerupai hewan peliharaan, tengkorak, atau bahkan binatang dongeng yang bisa kita animasikan dengan wajah.

Memoji Customization (apple)Memoji Customization (apple)

Untuk itu, kehadiran Memoji yang penuh dengan personalisasi rasanya kok paling pas jika disebut “hadir untuk menjawab tantangan AR Emoji-nya Samsung”. Dengan Memoji (baca: Mi moji), maka pengguna bisa membuat emoji teranimasi dengan tampilan yang mirip dengan pengguna, atau setidaknya mewujudkan hasrat terdalam di hati Anda untuk memiliki tampilan seperti apapun yang Anda mau.

Saat diumumkan fitur ini nampaknya kembali akan hadir hanya untuk iPhone X atau ponsel serupa yang hadir di akhir tahun 2018 nanti. Tapi kami belum dapat mengkonfirmasinya.

Memoji chat (apple)Memoji chat (apple)

Group FaceTime

Sebelum video call melalui aplikasi menjadi sebesar dan sepenting saat ini, pengguna Apple sudah bisa melakukannya via aplikasi bawaan yang diberi nama FaceTime. Seiring berkembang waktu, FaceTime tidak hanya digunakan untuk melakukan video chat, dan voice chat saja.

Di iOS 12 nanti, fitur ini akan mengalami peningkatan yang signifikan. Kita bisa melakukan video chat dengan banyak orang atau disebut Group FaceTime. Semua wajar peserta akan muncul di layar dalam  tersusun saling tumpang tindih dengan ukuran bujur sangkar yang berbeda.

Secara pintar, sistem akan mengetahui siapa yang sedang berbicara dan otomatis akan memperbesar ukuran kotak wajah orang yang bersangkutan. Dan dengan pengembangan di sisi AR Animoji dan Memoji, maka kita pun bisa nampilkan wajah mereka ke dalam memoji masing-masing. Menarik bukan?

Grup FaceTime (apple)Grup FaceTime (apple)

Screen Time dan App Limit

Screen Time merupakan aplikasi manajemen yang dengan pintar dapat melaporkan berapa lama penggunanya menyalakan ponsel dan menggunakannya secara aktif. Setiap minggu, aplikasi ini akan melaporkan penggunaan iPhone ke dalam grafis yang mudah dimengerti.

Kemampuan ini terintegrasi dengan satu aplikasi lain yang disebut dengan App Limit. Kalau Screen Time hanya bersifat melaporkan pengguna iPhone setiap minggunya, maka App Limit akan lebih kejam lagi membatasi penggunaan aplikasi. Ya, kita juga sih yang mengatur limitnya. Lalu kita pun bisa meminta waktu tambahan membuka aplikasi tersebut yang akan menjadi input tambahan untuk Screen Time dan pada akhir minggu akan dilaporkan secara lengkap.

Misalnya nih, kita terlalu sering lupa waktu saat browsing Tnstagram, atau 9gag. Maka kita bisa mengatur limit untuk pemakaian dua aplikasi tersebut. Dimana saat kita menggunakannya, dan hampir melewati batas waktu yang disetting, maka akan muncul reminder, mengingatkan kita untuk menutup aplikasi tersebut.

Dua fitur ini cukup menjanjikan bagi mereka yang mengalami kesulitan mengatur waktu saat menggunakan telepon, atau bagi anak-anak yang memang susah untuk diberi tahu.

Screen Time (apple)Screen Time (apple)

Privacy dan Security Anyar

Layaknya setiap update iOS yang selama ini diluncurkan Apple, fitur Privacy dan keamanan menjadi prioritas utama. Di browser Safari misalnya, sistem intelligent Tracking Prevention yang lebih baik akan melakukan blok terhadap widget yang melakukan like, share dan komen tanpa seijin pengguna browser.

Safari menyediakan informasi sistem yang lebih sederhana ketika kita melakukan browsing, mencegah pelacakan berdasarkan konfigurasi sistem yang digunakan. Bersama dengan ini, Safari pun kita bisa menciptakan dan menyimpan password yang susah ditembus ketika kita mengakses akun melalui browser ini.

Sebenarnya masih banyak lagi fitur anyar dan perubahan yang bakal menyambangi iOS 12. Tapi kurang lebih 4 hal di atas merupakan perkembangan yang paling signifikasi yang membuat kami tidak sabar untuk melakukan update.