pulsa-logo

Kreasikan Sendiri Tema MIUI Anda


Aldrin Symu

Kamis, 12 Juli 2018 • 06:33

miui, xiaomi, miui theme creator


MIUI (c.mi.com)MIUI (c.mi.com)

Salah satu cara untuk menghilangkan kebosanan atau kejenuhan tampilan pada ponsel adalah mengganti tema saat dibutuhkan. Namun bila tema tersebut bawaan dari vendor seringkali tidak sesuai dengan minat atau keinginan. Alhasil kustomisasi tema merupakan hal yang dibutuhkan. Nah, buat Anda pengguna ponsel Xiaomi, ada beberapa aplikasi gratis yang bisa digunakan dan salah satunya adalah MIUI Theme Creator. Berikut tips penggunaannya.

Seperti biasa, aplikasi dapat di instal dari Play Store. Setelah diinstal, buka aplikasi. Anda akan diminta untuk memilih versi dari UI yang akan dibuat. Sesuaikan dengan UI ponsel yang Anda miliki. Bila berbeda, ada kemungkinan aplikasi tidak berjalan normal atau ada beberapa fitur yang menghilang. Setelah itu klik tanda plus (+), ketikkan nama tema yang ingin dibuat. Klik ‘selesai.

Akan tampak beberapa menu editan dari tema yang akan dibuat yang terdiri dari keterangan, fonts, ikon aplikasi, status bar, panel notifikasi, wallpaper, layar kunci, latar belakang, preview dan apps. Langkah pertama adalah mengedit keterangan judul, penulis, perancang dan versi dari tema yang akan dibuat. Anda dapat langsung merubahnya dan mengklik done setelahnya. Perlu diingat, setiap tema yang Anda buat nantinya masih dapat diedit kapanpun Anda ingin merubahnya. Jadi jangan khawatir salah dalam mengedit.

Menu lanjutan adalah mengedit font atau jenis huruf. Disini tersedia begitu banyak pilihan fonts (stok). Pilihan fonts berdasarkan stok yang ada artinya fonts bawaan. Anda masih dapat menambah beberapa jenis huruf pilihan lainnya dengan memilih .ttf yang sesuai.



Untuk edit ikon tersedia edit topeng ikon, impor seluruh paket ikon, ekstra, dan kembali. Pada topeng ikon, Anda dapat memilih gambar bawaan yang menyediakan begitu banyak pilihan menarik seperti dari game pokemon misalnya. Tidak hanya topeng aplikasi, Anda juga dapat mengatur tampilan folder masuk dengan gambar-gambar animasi yang menarik.

Untuk pilihan paket ikon, Anda juga dapat memilih apakah hasil editan akan diterapkan secara keseluruhan pada aplikasi terpasang atau membuatnya terpisah. Dengan catatan, apabila menghapus centang, proses pembuatan tema akan membutuhkan waktu tambahan. Ukuran ikon juga dapat Anda sesuaikan dengan menggeser bar ukuran ikon. Sedangkan ikon teks warna secara default berwarna putih. Klik tulisan ‘edit’ untuk merubahnya. Anda dapat merubahnya dengan menggeser titik bulatan didalam lingkar gradasi warna yang tersedia. Bila sudah pilih OK.

Bilah status dari baterai, sinyal dan WiFi juga menyediakan banyak pilihan menarik. Bila Anda menginstal aplikasi lain yang berisikan ikon status, maka akan tampak didalam pilihan yang tersedia secara otomatis. Tinggal Anda pilih dan klik ‘selesai’.

Sedangkan pada panel notifikasi, tersedia begitu banyak pengaturan sesuai dengan stok notifikasi yang ada. Anda dapat merubahnya satu persatu atau membiarkannya sesuai dengan stok yang ada. Maksud stok disini adalah paket bawaan default dari ponsel itu sendiri. Anda juga dapat merubah warna dari ikon notifikasi tersebut. Coba saja satu persatu layaknya ‘trial and error’, dan bandingkan hasilnya.

Untuk edit wallpaper, Anda dapat memilih sumber gambar (pilih browse) dari image baik yang berada di storage internal maupun eksternal. Image yang bersumber dari aplikasi juga dikelompokkan tersendiri. Ukuran frame gambar dapat diubah dalam persentase. Kelemahan dari aplikasi ini adalah tidak tersedianya tampilan dalam format vertikal dan horizontal yang terpisah. Saat Anda memilih format vertikal, ternyata tampilan gambar yang dipilih nantinya akan menjadi horizontal. Jadi ubah tampilan menjadi horizontal dan memilih image atau gambar yang menampilkan objek pilihan ditengahnya.

Mengedit latar belakang dilakukan sama seperti mengedit wallpaper. Anda dapat memilih sumber image yang ada dan bila selesai klik ‘selesai’.

Anda dapat kembali kedalam menu yang ada bila dirasakan ada yang perlu diubah. Jangan khawatir, aplikasi ini akan menyimpan secara otomatis semua perbahan yang ada. Hanya saja, saat telah selesai, Anda harus menyimpannya secara permanen kedalam folder default atau pilihan sesuai keinginan. Untuk mengubah lokasi penyimpanan, hilangkan tanda centang pada ‘edit nama file atau path’.

Saat Anda mengklik ‘finish’ maka aplikasi akan secara otomatis tersimpan dan selanjutnya menanyakan apakah Anda ingin menginstalnya. Pilih ‘OK’ dan hasil kreasi tersebut akan diterapkan pada ponsel Anda.

Selamat mencoba.