pulsa-logo

Apa yang baru di WatchOS 5?


Ahmad S.

Kamis, 26 Juli 2018 • 10:41

watchos, apple, iphone


WatchOS (apple.com)WatchOS (apple.com)

Bersama dengan diumumkannya iOS 12 dan MacOS Mojave di gelaran WWDC 2018 kemarin, muncul pula OS anyar untuk Apple Watch, yakni WatchOS 5. Layaknya iOS 12, banyak hal baru yang hadir di WatchOS anyar kali ini.

1. Competition di  Fitur Activity

WatchOS tahun lalu melakukan peningkatan di sisi pengaturan activity yang lebih personal. Dimana kita diajak untuk mengatur target dan berusaha mengejar target “bergerak” seperti yang ditentukan sebelumnya. Ada motivasi yang dibuat oleh diri Anda sendiri.

Nah di WatchOS anyar ini, fitur Activity tersebut mendapat fungsi tambahan, yakni Competition atau kompetisi. Sesuai namanya, selain target yang kita tentukan sendiri, kita pun diajak untuk berkompetisi dengan teman untuk meraih satu capaian tertentu di fitur activity ini. Jangan jadikan kompetisi ini sebagai hal buruk, ubahlah menjadi sebuah tambahan motivasi untuk kita.

Competition (apple.com)Competition (apple.com)

Sebagai bonus, kita akan mendapatkan pin achievement untuk dipampang di profile Anda.

2. Deteksi Olahraga secara Otomatis


Berdasarkan informasi dari detak jantung dan kecepatan bergerak, jam tangan pintar kita dapat menebak olah raga apa yang sedang kita lakukan. Dengan demikian kita tidak perlu menekan layar untuk menentukan jenis olah raga yang tepat.

Deteksi olahraga secara otomatis (apple.com)Deteksi olahraga secara otomatis (apple.com)

Selain itu, ada tambahan olah raga Yoga yang dapat Anda pilih. Dapat mengukur berapa kalori terbakar dari olah raga Yoga secara lebih akurat. Selain yoga, juga ada fitur mendaki gunung dan tampilan rolling pace yang memungkinkan Anda mendapatkan info akurat saat sedang berlari.

Pembaharuan olah raga (apple.com)Pembaharuan olah raga (apple.com)

3. Apple Podcast di Pergelangan Tangan

Oke saya akui sebagai orang Indonesia saya kurang banyak mendengarkan podcast. Tapi fitur ini sih layak dicoba. Selain lebih mudah diakses, karena ada di pergelangan tangan, dari sebuah jam tangan, maka mendengarkan podcast kali ini bisa terasa lebih intim.

Dipadukan dengan fitur olah raga, sejumlah podcast yang membakar semangat, merupakan kombinasi terbaik untuk mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik.

Podcasts (apple.com)Podcasts (apple.com)

4. Walkie Talkie

“Kitt, where are you?” merupakan kalimat yang sering diucapkan oleh Michael Knight kepada temannya yang berupa AI pada mobil Pontiac Firebird di serial 80-an Knight Rider. Yang menarik saat mengucapkan kalimat ini jam tangan Michael didekatkan ke arah mulut sehingga seperti berbicara dengan walkie talkie berbentuk jam tangan. Dengan fitur anyar di WatchOS 5 kita bisa melakukan hal yang sama dengan teman kita yang juga memiliki Apple watch. Ya, Apple Watch kini memiliki fitur walkie talkie. Yes!

Dengan interface yang sederhana, kita bisa langsung menghubungi teman tertentu, semisal saat tersesat di stasiun yang sama, atau di ruangan konser yang ramai. Tanpa perlu mencari nomor telepon dan sebagainya. Hanya ketuk, pilih lawan bicara, tekan untuk bicara dan lepas untuk menerima suara dari lawan bicara.

Walkie-Talkie (apple.com)Walkie-Talkie (apple.com)

5. SIRI yang Semakin Cerdas

Selain mengenali apa yang Anda bicarakan, lalu menimpalinya dengan pengetahuan umum atau lelucon garing, SIRI juga mampu mengenali kebiasaan kita. Mulai dari bangun tidur, berangkat ke kantor, makan siang, pulang ke kantor hingga kita tertidur lagi. Nah dengan pengetahuan yang dimilikinya, SIRI kali ini bisa memunculkan banyak saran di jam tangan Anda. Di waktu yang tepat. Termasuk playlist untuk perjalanan pulang dari kantor ke rumah.

SIRI (apple.com)SIRI (apple.com)

6. Notifikasi yang Lebih Baik

Dengan meluncurkan WatchOS anyar yang memperbaiki notifikasi, bukan berarti notifikasi sekarang kurang baik. Nah, bayangkan dengan WatchOS 5 ini kita bisa mendapatkan notifikasi yang jauh lebih baik. Kemungkinan untuk langsung menjawab atau merespon pesan dan notifikasi akan lebih baik lagi.

Termasuk menampilkan gambar atau website dalam ukuran yang efektif dalam layar Apple Watch yang mungil.

notifikasi yang lebih baik (apple.com)notifikasi yang lebih baik (apple.com)

WatchOS 5 ini akan hadir bersamaan dengan iOS 12, yakni sekitar musim gugur tahun ini. Sayangnya OS ini tidak dapat kompatibel dengan Apple Watch generasi pertama.