pulsa-logo

5 Perbedaan Antara PUBG atau Fortnite. Pilih Mana?


Zulkifli Awiek

Rabu, 08 Agustus 2018 • 14:54

PUBG,Fortnite,PUBG vs Fortnite,download PUBG,PUBG PC,Fortnite Android


ilustrasiilustrasi

Pasti Anda adalah salah satu dari sekian banyak orang di luar sana yang mendengar begitu banyak informasi tentang dua game bertajuk Online Battle Royal Mobile, yakni PUBG dan Fortnite. Booming-nya kedua game ini di ranah mobile memang tidak terbantahkan, baik itu di Android maupun di iOS.

Nah akan tetapi, masih banyak yang belum memahami perbedaan keduanya. Sama sama berjenis Online Battle Royal Game, keduanya memang banyak kemiripan. PUBG and Fortnite punya prinsip dasar yang serupa, saling bertanding dengan jumlah 100 orang pemain dalam sebuah pulau dan player terakhir yang mampu bertahanlah yang akan jadi pemenangnya.

Setelah PULSA gali kesana kemari dari berbagai sumber, inilah 5 hal agar Anda lebih memahami perbedaan mendasar dari kedua game ini, silahkan disimak :

Karakteristik Grafis

Baik PUBG dan Fortnite mempunyai tampilan berbeda, PUBG bisa dikatakan lebih realistis dalam segi tampilan. Banyak yang PUBG ambil dan disesuaikan dari dunia nyata, karakter pemain, apparel / skin yang digunakan, tampilan gedung / rumah, hingga senjata beserta asesoris senjata yang digunakan di PUBG memang lebih terkesan serius, berbau militer, dan nyata.

Di sisi lain, Fortnite dibuat dengan tampilan grafis yang lebih mempunyai banyak warna, segar, lucu, dan menyenangkan. Anda akan mempunyai banyak pilihan karakter pemain, skin yang lucu menjurus konyol, hingga senjata-senjata yang serius namun masih memiliki sisi fun, bayangkan saja, di Fortnite, Anda bisa menemui bom / granat yang jika meledak akan membuat Anda maupun musuh secara reflek berjoget untuk sekian detik hingga akhirnya normal kembali, hal seperti itu tidak akan Anda temui di PUBG.

Jika Anda menginginkan tampilan yan serius, berbau militer, dan jauh dari kesan animasi kartun, maka ada baiknya Anda memainkan PUBG Mobile. Namun jika Anda ingin yang serius tapi santai, banyak hal lucu dan mengocok perut untuk mengisi waktu luang Anda, maka dapat dipastikan Fortnite yang harus Anda unduh dan mainkan.


Gameplay

Di PUBG, Anda hanya perlu bersembunyi di antara lantai gedung ataupun semak belukar agar tak terlihat oleh musuh, sekaligus mencari sudut pandang yang lebih baik untuk dapat menembak musuh dengan tepat. Sedangkan di Fortnite, jika ada musuh mendekat dan berusaha menyergap Anda, Anda dapat membuat bangunan baik dalam bentuk kayu bersusun maupun bahan lainnya agar Anda dapat bersembunyi dan  menghindari tembakan musuh.

Itulah mengapa di Fortnite, selain Anda harus me-loot senjata, Anda juga diharapkan banyak menghancurkan bangunan, agar nanti bahan bangunan dari yang Anda sudah hancurkan (kayu, batu bata, batako, dsb) itu bisa digunakan kembali untuk mempertahankan diri Anda dari musuh.

Pengaturan dan Kontrol

Jika di PUBG Anda bisa mengkostumisasi peletakan tombol kontrol virtual, tidak demikian dengan Fortnite. Di Fortnite tidak ada pengaturan untuk menggeser-geser letak tombol atau yang lainnya yang sesuai dengan karakteristik ukuran jari dan kenyamanan Anda dalam bermain.

Hal ini cukup disayangkan, karena tidak semua dari kita mempunyai layar handphone ataupun tablet yang sama, pun dengan kebiasaan dan preferensi kita dalam bermain.

Jadi di PUBG, Anda dapat menyesuaikan pengaturan kontrol agar terbiasa dengan Anda, sedangkan di Fortnite Anda-lah yang harus membiasakan dengan pengaturan kontrol default yang sudah disediakan.

Sinkronisasi Antar Platform

Jika Anda sebelumnya merupakan player lama yang sudah mempunyai akun dan bermain PUBG di PC (Personal Computer), maka Anda tidak akan dapat menggunakan akun Anda tersebut di PUBG Mobile (versi handphone), keduanya berbeda platform dan tidak ada sinkronisasi satu sama lain.

Sedangkan jika Anda telah terbiasa memakai akun lama dan bermain Fortnite di console ataupun PC, Anda dapat menggunakan akun lama Anda tersebut di Fortnite versi Mobile, bagi sebagian besar orang hal itu adalah keuntungan tersendiri, apalagi jika akun lama Anda sudah memiliki level yang cukup tinggi.

Hal seperti itu memang menjadi sebuah keuntungan tersendiri, terutama saat Anda memiliki preferensi pribadi di masing-masing perangkat, misalnya ketika Anda di rumah Anda lebih suka bermain di PC, jika sedang di luar rumah Anda ingin melanjutkan bermain via handphone atau tablet, semua itu bisa Anda lakukan di Fortnite, namun tidak di PUBG.

Kunci Kemenangan

Hal yang paling penting dari semuanya adalah kemenangan, karena memang itulah tujuan Anda saat bermain, selain tentunya untuk bersenang-senang. Jika Anda adalah tipe orang yang menyukai taktik dan strategi militer, intuisi, serta pemahaman akan item-item armor plus senjata yang sesuai dengan kenyataan seperti di PUBG, maka kunci kemenangan akan bergantung dari seberapa teliti Anda membaca pergerakan musuh, membidik dalam menembak, dan keterampilan Anda dalam menyelinap maupun bersembunyi untuk kemudian menyergap.

Sedangkan jika Anda bermain Fortnite yang tidak terlalu realistis dan tidak terlalu membutuhkan kepresisian dalam menembak, maka kunci kemenangannya terletak di bagaimana Anda dapat terampil dalam membuat bangunan (crafting) untuk menghalau musuh, serta bagaimana kecepatan Anda dalam mengejar dan menembaki musuh dengan sedikit brutal.

Jadi, mana yang lebih sesuai dengan preferensi dan karakter Anda, PUBG atau Fortnite? Atau bahkan keduanya? Selamat bermain.  (*)

Sumber : trueTriz, Exxotik Gaming Channel, pcgamer