pulsa-logo

Trik Melegakan Memori di Honor 7S


Hairuddin

Rabu, 08 Agustus 2018 • 17:34

honor 7s


Trik melegakan memori di Honor 7S (hihonor)Trik melegakan memori di Honor 7S (hihonor)

Tidak dipungkiri, aktifitas yang melibatkan penggunaan fitur smartphone kerap menyedot konsumsi ruang penyimpanan yang tidak sedikit. Efeknya, bisa membuat performa smartphone lama kelamaan menjadi lambat alias lemot. Kalau sudah begini, yang terjadi selanjutnya adalah ketidaknyamanan dan bisa membuat Anda kesal.

Ruang penyimpanan yang terkikis sedikit demi sedikit ini bisa jadi karena menumpuknya foto, video maupun musik yang Anda simpan. Bahkan, file cache yang biasanya muncul ketika kita menggunakan aplikasi, browsing dan sebagainya pun bisa menjadi biang kerok habisnya memori ponsel.

Pertanyaannya, ada gak sih cara sederhana yang bisa digunakan untuk melegakan memori ponsel yang kondisinya seperti itu? Jawabannya tentu ada. Apalagi, smartphone masa kini sudah banyak yang menyertakan fitur bawaan untuk memanajemen ruang penyimpanan di ponsel.

Fitur ini umumnya ada di phone manager, dan rata-rata menyertakan banyak opsi tambahan yang dapat dimanfaatkan untuk memaksimalkan fungsi smartphone. Termasuk membersihkan file maupun aplikasi yang menguras memori serta jarang digunakan.

Nah, untuk Anda pengguna smartphone Honor 7S yang merupakan produk baru di kelas low-end, ternyata bisa loh untuk meningkatkan kinerja smartphone termasuk melegakan ruang memori yang memang terbilang kecil untuk ukuran saat ini. Pasalnya, secara default Honor 7S sudah dibekali dengan fitur Optimize dan Cleanup yang ada di Phone Manager.

Buat yang bingung gimana cara penggunaannya, bisa menyimak tips dan triknya berikut ini.

1. Di jajaran menu utama, cari dan buka ‘Phone Manager’.


2. Selanjutnya, Anda akan dibawa ke halaman utama yang berisi beberapa tools tambahan. Di sini, sistem juga akan secara otomatis mendeteksi serta mengumpulkan informasi terkait optimalisasi sistem.

3. Untuk yang ingin langsung mengoptimalkan sistem, bisa men-tap “OPTIMIZE”.  Sedangkan jika Anda yang ingin melakukan pengecekan lebih dalam, bisa memilih tools “Cleanup”.

4. Sistem secara otomatis akan kembali mengumpulkan informasi terkait konsumsi memori. Jika terdapat ‘kejanggalan’, informasi detail akan tertampil di layar.

5. Tap “CLEAN” untuk memulai pembersihan. Durasi proses akan bergantung pada kapasitas memori yang bisa diutilisasi.

6. Anda juga bisa melakukan pembersihan dan menghapus file maupun aplikasi yang menyedot memori, termasuk yang tidakk digunakan lagi. Cukup dengan men-tap “CHECK” di tiap-tiap opsi yang tertampil.

7. Selanjutnya, pilih file yang ingin dibersihkan dan tap “DELETE” untuk menghapusnya.

8. Jreeeng…memori ponsel pun akan menjadi lebih lega.

Selamat mencoba! (@hairuddin_ali)