pulsa-logo

Cara Optimalisasi Ponsel di XOS


Aldrin Symu

Kamis, 09 Agustus 2018 • 12:43

xos, infinix


Antarmuka XOS versi terbaru Hummingbird (infinixmobility)Antarmuka XOS versi terbaru Hummingbird (infinixmobility)

Beragam cara untuk optimalisasi disediakan oleh vendor. Salah satunya adalah dengan UI hasil kustomisasi dari versi Android dan dilengkapi dengan aplikasi yang berfungsi untuk mempertahankan atau peningkatan kemampuan ponsel. Buat pengguna ponsel Infinix, salah satu yang tersedia pada UI XOS versi terbarunya (Hummingbird) adalah adanya aplikasi Ponsel Master. Selain menyediakan optimalisasi untuk pendingin CPU, peningkatan ponsel dan penghemat daya, tersedia juga kunci aplikasi dan fitur lainnya. Nah, mau tau apa saja dan bagaimana tips penggunaannya? Berikut ulasannya.

Secara default aplikasi Ponsel Master tersedia pada paket bawaan. Saat pertama membuka, seperti biasa, Anda akan diminta untuk memberikan izin akses pada foto, media dan file di perangkat. Pilih saja ‘izinkan’. Aplikasi ini menyediakan 3 kategori utama yang masing-masing menyediakan fitur tersendiri. Kategori tersebut adalah ‘utama’, ‘toolkit’ dan ‘saya’. Kategori utama berisikan fitur file sampah, pendingin CPU, peningkatan telepon, manajemen data, penghemat daya dan kunci aplikasi.

File sampah berfungsi untuk membersihkan sampah (cache) yang biasa menumpuk setelah pemakaian beberapa lama. Cara penggunaannya sederhana. Begitu di klik, maka ponsel akan mencari file yang merupakan sampah. Setelah terkumpul, Anda hanya perlu mengklik ‘membersihkan’. Namun, sebelum itu, Anda harus (lagi-lagi) memberikan izin pada ‘ponsel master’ untuk mengakses penggunaan secara penuh.

Pendingin CPU sangat dibutuhkan bila ponsel sedang menjalankan banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang. Tentunya ini akan menghindarkan ponsel dari mati mendadak bila sudah terlalu panas. Grafis dari fitur ini lumayan menarik.



Mirip seperti pendingin CPU, peningkatan telepon juga mendeteksi aplikasi apa saja yang telah menguras momori internal dan membebaskannya. Satu hal yang masih cukup mengganggu dari aplikasi ini adalah adanya iklan setiap menjalankan fitur yang ada. Abaikan saja dengan mengklik X untuk keluar dari fitur yang sedang digunakan.

Masuk ke manajemen data. Fitur ini mampu mengatur paket data, pengelolaan jaringan, menampilkan status kecepatan data atau jaringan. Anda juga bisa mengatur batas dari penggunaan data dengan menampilkan notifikasi bila ini terjadi. Anda juga dapat melihat aplikasi mana yang sedang berjalan secara online. Bila perlu, Anda dapat mematikannya disini.

Selanjutnya, Anda dapat meneruskan dengan penggunaan penghemat daya. Ini fungsinya untuk melihat aplikasi mana yang benar-benar menguras daya ponsel. bila telah terlihat, Anda dapat mengaktifkan ‘hibernasi’ dari aplikasi yang terlihat.

Masuk ke kunci aplikasi. Aplikasi ini dapat diandalkan untuk mengunci aplikasi untuk dijalankan orang yang tidak diinginkan. Anda tinggal memilih aplikasi yang ingin dikunci dan memasukkan pola atau PIN yang diinginkan.  Demi perlindungan lanjutan, Anda akan diminta menambahkan jawaban atas pertanyaan spesifik. Untuk untuk mengantisipasi bila Anda terlupa pola yang digunakan. Secara default, aplikasi ini hanya mengunci beberapa aplikasi penting seperti email, pesan, drive dan whatsapp. Skrol ke bawah untuk melihat aplikasi lainnya, dan pilih aktifkan.

Kini masuk ke kategori ‘toolkit’. Kategori ini menyediakan fitur fungsi yang disarankan yang terdiri dari pembersihan mendalam, copot pemasangan aplikasi, pengelolaan pemberitahuan, bersihkan whatsapp, memindahkan file dan pendingin CPU. Sedangkan untuk fungsi praktis, tersedia pengelolaan mulai otomatis, manajer data, blokir pelecehan, kunci aplikasi, pengaturan daya, Xhide, Xshare dan Phoenix browser.

Pembersihan mendalam merupakan lanjutan dari pembersihan standard. Pembersihan ini menambahkan analisis dari gambar, video, musik dan file besar. Bila dirasa perlu, Anda dapat memanfaatkan fitur ‘memindahkan file’ ke kartu memori eksternal (microSD card).

Dengan aplikasi ini Anda juga dapat langsung membuang aplikasi yang dirasa memberatkan ponsel atau tidak perlu tanpa harus masuk ke pengaturan sistem lagi. Termasuk didalamnya adalam pengaturan pemberitahuan yang Anda izinkan.

Satu fitur yang cukup penting adalah Xhide. Sebenarnya aplikasi ini dapat diakses di kumpulan akses didalam folder ‘keluarga XOS’. Namun Anda dapat mengaksesnya langsung dari ponsel master. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk menyembunyikan gambar, video dan rekaman. Namun pertama-tama, Anda harus memasukkan kode sandi yang berbeda dari sebelumnya dan memasukkan pertanyaan keamanan juga.

Setelah itu barulah Anda dapat menyimpan gambar, video dan rekaman ke dalam tempat rahasia ini. Semua file yang disimpan disini akan dienkripsi. Sehingga file benar-benar aman dan tidak terlihat kecuali lewat aplikasi ini. Bila Anda memindahkan file cukup banyak, maka proses enkripsi juga akan memakan waktu yang lebih panjang.

Sebenarnya masih ada Xshare yang merupakan fitur untuk sharing dan Phoenix browser yang merupakan browser khas XOS. Silahkan digunakan untuk tau perbedaannya.

Semoga bermanfaat.