pulsa-logo

Bikin Ringtone untuk iPhone


Ahmad S.

Kamis, 09 Agustus 2018 • 14:35

iphone, tips iphone, itunes, ringtone


Apple iTunes (apple)Apple iTunes (apple)

Bagi pengguna ponsel di pertengahan tahun 2018 ini, rasanya ringtone sudah bukan menjadi hal yang penting lagi. Kebanyakan dari kita sudah mengerti bagaimana bertata-krama, dengan cara mematikan dering ponsel ketika di tempat umum dan menggantinya dengan getaran, atau tetap mengaktifkannya dalam volume yang paling rendah, serendah mungkin.

Tapi, di kondisi-kondisi tertentu dimana dering ponsel menjadi sebuah hal penting agar kita tidak melewatkan panggilan dari teman bisnis dan keluarga, ringtone tetaplah menjadi salah satu pembeda antara ponsel kita dengan orang lain.

Beberapa tahun lalu, PULSA sempat membahas cara membuat ringtone dari file musik yang tersimpan di komputer, lalu mentransfernya ke iPhone. Sampai saat ini caranya tidak berubah. Masih tetap sama, mengandalkan pemutar musik buatan Apple yakni iTunes, baik sebagai converter, maupun sebagai alat untuk menghubungkannya ke iPhone.

Hampir sepuluh tahun berlalu, dan kini kita semakin diberi kemudahan untuk melakukan konversi dan tentu saja transfer file ringtone ke iPhone. Tapi sebelum masuk ke cara baru, ada baiknya kami refresh ingatan Anda untuk bagaimana mengubah file lagu ke ringtone dengan iTunes.

Cara Bikin Ringtone dengan iTunes

- Buka iTunes di PC atau Mac Anda. Pastikan iTunes tersebut merupakan versi teranyar.

- Pilih lagu atau file audio yang diinginkan. Klik kanan, pilih option.


- Set durasinya agar tidak lebih dari 30 detik. Anda bisa menyesuaikan bagian mana yang ingin dibuat ringtone, lalu tutup windows mini ini.

- Kembali ke tampilan library, pilih lagu atau file audio yang sudah disesuaikan durasinya. Coba play untuk memastikan apakah sesuai dengan keinginan, lalu klik tab file > convert > dan pilih create aac version. Satu file baru akan muncul di bawah atau di atas file tersebut.

- Sekarang klik kanan di file aac tersebut, lalu pilih show in finder (mac) atau show in file explorer (pc). Lalu ubah ekstensi file aac dari m4a, ke m4r. Ubah ini dengan melakukan rename ekstensinya.

Nah, setelah jadi file ringtone dengan ekstensi m4r, file tersebut bisa dikirimkan ke iPhone dengan cara melakukan sinkronisasi iPhone ke pc menggunakan kabel. Langkah-langkahnya akan kita bahas di bagian terakhir.

Cara Baru Bikin Ringtone Tanpa iTunes

Bagi Anda yang tidak mau repot, Anda bisa menggunakan cara lain yakni melalui browser dan situs ringtonemaker.com. Anda hanya perlu melakukan langkah sederhana untuk membuat file setara file ringtone di atas.

Caranya:

- Siapkan file mp3 koleksi yang siap dijadikan ringtone.

- Buka browser dan ketik ringtonemaker.com di kolom browser. Lalu enter.

- Upload file mp3 yang Anda miliki. Atau gunakan opsi drag and drop ke kolom yang disediakan.

- Sesuaikan bagian mana yang ingin dijadikan ringtone dengan mengatur waktu mulai (start) dan waktu berhenti (stop).

- Pilih m4r di kolom di bawah slider untuk membuat file ringtone iPhone.

- Klik tombol Make Ringtone dan sistem akan mendownloadnya untuk Anda.

Cara Transfer File Ringtone ke iTunes

Berikutnya, yakni cara mentransfer file ringtone ke iPhone nampaknya memang harus menggunakan iTunes. Jadi mau tidak mau Anda akan membutuhkan perangkat komputer yang kompatibel, entah itu PC maupun Mac. Caranya mudah, yakni dengan mensinkronisasikan file yang dibuat ke dalam folder iPhone yang ada di tab kiri pada iTunes.

- Buka iTunes

- Sambungkan iPhone dengan kabel ke PC/Mac

- Klik tombol iPhone (device)

- Pilih tab Tunes

- Kembali ke finder atau file eksplorer, copy file m4r dengan menggunakan shortcut keyboard (ctrl+c/cmd+c)

- Kembali ke tab tunes di iTunes, lalu klik ctrl+v/cmd+v di keyboard untuk menuangkan file tadi di iPhone Anda

Ringtone custom bikinan Anda akan muncul di Settings > Sounds & Haptics > ringtone.

Selamat mencoba.