pulsa-logo

Google Tetap Bisa Melacak Lokasi Anda Meski GPS Mati, Begini Cara Mengatasinya


Zulkifli Awiek

Selasa, 14 Agustus 2018 • 13:31

GPS,mematikan GPS,cara agar tidak terlacak,melacak lokasi GPS


doc. PULSAdoc. PULSA

Associated Press telah meluncurkan sebuah laporan bahwa Google, masih dapat mencatat lokasi pengguna handphone Android, bahkan jika para pengguna tersebut sudah mematikan GPS dan keluar dari fitur riwayat lokasi (Location History). Jika Anda benar-benar ingin privasi dan lokasi Anda tidak diketahui oleh Google, maka Anda harus  mematikan akses pula di “Web & App History”.

Dilansir dari engadget bahwa Google telah telah mengeluarkan pernyataan kepada Associated Press yang menjelaskan bahwa Google mengakses lokasi para pengguna menggunakan kombinasi dari banyak cara, termasuk : Riwayat Lokasi, Aktivitas Web Dan Aplikasi, serta GPS dari perangkat / handphone para pengguna itu sendiri.

The Verge juga menerima pernyataan serupa dari Google, dimana Google mengatakan bahwa jika pengguna mematikan fitur layanan / riwayat lokasi, Google tetap menggunakan lokasi untuk meningkatkan pengalaman Google, saat para pengguna melakukan hal-hal seperti pecarian via Google maupun berkendara dengan bantuan navigasi dari Google.

Pernyataan tersebut seakan menegaskan bahwa Google masih bisa melihat lokasi Anda dari penelusuran web ataupun kegiatan lain yang Anda lakukan dengan handphone cerdas Anda.

Pada intinya, jika Anda adalah tipe orang yang bersifat penjunjung privasi dan benar-benar tidak ingin lokasi Anda diketahui oleh Google atau siapapun, maka apa yang harus Anda lakukan cukup rumit. Anda harus masuk ke halaman yang berhubungan dengan aktivitas Anda / “My Activity” baik di handphone dan di semua layanan Google yang Anda pakai, lalu pastikan Anda hapus semua jejak yang pernah Anda lakukan dengan cara hapus ikon pin lokasi yang ada di situ.

Anda juga harus menonaktifkan semua ijin layanan lokasi di semua aplikasi yang Anda pakai di handphone Anda. Anda juga bisa masuk ke myactivity.google.com, klik menu “Activity Control”, lalu matikan fitur “Web & App History”, dan juga matikan fitur “Location History’.


Namun, jika semua itu Anda lakukan, maka jangan kaget jika resikonya Anda akan sulit melakukan pencarian (searching / aktivitas web lainnya) yang sesuai dengan yang Anda mau. Karena juga pastinya aplikasi apapun rata-rata akan meminta ijin untuk menyalakan Google Service dan ijin lokasi dari handphone Anda.  (*)

Sumber : Associates Press via engadget