pulsa-logo

Jangan Panik! Ini 5 Cara Buka Kunci Layar Handphone Setelah Terjatuh dan Pecah


Zulkifli Awiek

Selasa, 21 Agustus 2018 • 13:04

Tips Buka Kunci Layar, android layar pecah


Image: rbsmnImage: rbsmn

Mungkin tips ini tidak akan dihiraukan, utamanya bagi Anda yang sudah mengunakan handphone yang sudah dilengkapi dengan pemindai sidik jari maupun pemindai wajah untuk membuka kuncinya.

Namun apa jadinya jika perangkat Anda tidak mendukung fitur canggih itu, atau bisa jadi mungkin Anda lupa belum mendaftarkan sidik jari dan juga wajah karena sudah terbiasa dan lebih suka memakai password ataupun pola.

Nah, jika tiba-tiba handphone Anda terjatuh dan layarnya pecah hingga touchscreen-nya tidak dapat disentuh lagi, maka biasanya Anda akan kesulitan membuka pola / kunci perangkat Android Anda.

Jangan khawatir ya, ini dia 5 Cara Untuk Membuka Kunci Layar Handphone Anda Setelah Terjatuh dan Pecah, yuk simak caranya:

1. Android Control Program

Cara Pertama, gunakan software “Android Control Program”, download software ini dari internet dan install di komputer Anda. Jika sudah di-install, maka Anda hanya perlu menyambungkan perangkat android Anda ke komputer dengan kabel data USB, dan tinggal kontrol menggunakan mouse dan keyboard dari laptop/komputer Anda, mudah kan..?!

2. Kabel OTG dan Mouse



Cara yang kedua, cukup gunakan kabel OTG dan Mouse, Anda hanya perlu menyambungkan mouse ke device android Anda via kabel OTG untuk membuka kunci layar, namun ingat ya, cara ini hanya akan berfungsi jika kunci layar handhone Anda tidak menggunakan password atau pola, alias hanya menggunakan swipe saja.

Image: IstimewaImage: Istimewa

3. Google Remote Unlock

Cara yang ketiga adalah menggunakan “Google Remote Unlock”, jika Anda ingin menggunakan fitur ini maka layanan Android Device Manager harus sudah pernah Anda aktifkan ya sebelumnya. Yang perlu Anda lakukan ialah mengunjungi situs Android Device Manager via komputer, jika GPS di handphone Anda sudah menyala, maka device Anda akan terlihat di layar komputer.

Nah langkah terakhirnya adalah, cukup klik pada menu “Lock”. Memang sepertinya berbanding terbalik dengan keinginan Anda untuk membuka layar perangkat Android Anda, namun setidaknya dengan seperti itu, Anda akan punya opsi untuk menyalakan layar dengan waktu yang lama sehingga Anda dapat memindahkan semua data yang dibutuhkan.

4. Vysor

Cara keempat adalah menggunakan aplikasi Chrome bernama “Vysor”, mirip seperti Android Control Program, aplikasi ini juga memerlukan kabel USB agar perangkat Android Anda bisa terkoneksi dengan komputer.

Gunakan Browser Chrome untuk men-download Vysor lalu install, dan download juga di perangkat Android Anda dengan menggunakan akun Google Play Store via komputer, untuk kemudian meng-install aplikasi tersebut di handphone Anda yang sudah tersambung melalui kabel USB.

Lalu aktifkan “USB Debugging” dan sambungkan ke komputer, buka aplikasi Vysor di Chrome melalui komputer kemudian klik “Find Device”.

Klik Ok, dan jika sudah, maka di layar komputer Anda akan muncul notifikasi “Vysor is Connected”, maka selesai sudah, kini Anda dapat mengakses perangkat Android Anda yang layarnya sudah pecah dari komputer / laptop.

5. AirMirror

Cara yang terakhir adalah menggunakan “AirMirror” yang merupakan pengembangan dari AirDroid, enaknya, fitur ini juga dapat bekerja pada handphone yang tidak di-root.

Pertama-tama, buka http://web.airdroid.com/ dari komputer atau laptop Anda, dan sambungkan Android Anda dengan bantuan aplikasi mobile AirDroid. Jika sudah tersambung, klik AirMirror dari web.airdroid.com, lalu klik install AirMirror Plugin untuk memasangnya pada Browser Chrome.

Setelah berhasil terinstall, maka AirMirror Plugin akan terbuka, dan aktikan mode USB Debugging pada Android Anda sekaligus sambungkan kabel data USB dari Sang Handphone ke komputer, hal terakhir yang perlu Anda lakukan hanyalah meng-authorized perangkat Anda di layar komputer, dan sudah, kini Anda dapat mengontrol handhone yang pecah tersebut melalui komputer / laptop.

Demikianlah 5 Cara Untuk Membuka Kunci Layar Handphone Anda Setelah Terjatuh Dan Pecah. Selamat Mencoba. (Awiek/Ozi)

Dari berbagai sumber