pulsa-logo

Video Call Rame-Rame dengan WhatsApp


Ahmad S.

Jum'at, 24 Agustus 2018 • 14:44

whatsapp, video call


WhatsApp (whatsapp)WhatsApp (whatsapp)

Ada kabar menarik saat gelaran Facebook F8 yag berlangsung bulan Mei 2018 lalu. Facebook mengumumkan akan meluncurkan update untuk WhatsApp, dimana kita bisa melakukan video dan voice chat dengan banyak orang sekaligus, atau mereka sebut sebagai group Video call.

Fitur ini sekarang sudah dapat dinikmati. Baik bagi pengguna WhatsApp iOS maupun Android. Tapi pastikan dulu bahwa aplikasi WhatsApp Anda telah terupdate dengan versi yang paling baru.

Redaksi PULSA sempat mencoba fitur ini dan ternyata caranya sangat mudah. Tapi sebelum masuk ke langkah-langkah penggunaan, mungkin kami perlu sedikit menggambarkan fitur ini secara singkat.

Seperti yang sudah kita ketahui, di ajang WWDC kemarin Apple mengumumkan bakal mengupdate kemampuan Facetime-nya hingga mengakomodasi banyak peserta video call dalam satu panggilan. Dimana sistem secara pintar akan mengenali siapa yang sedang bicara, dan menampilkannya dalam ukuran wajah yang lebih besar dari teman-teman lain yang sedang menyimak. Ini keren kan?

Tapi saudara-saudara, rupanya Facebook sudah mengumumkan fitur yang sama sebulan lebih awal. Dan ketika Facetime Group baru bisa kita nikmati beberapa bulan lagi bersama rilisnya iOS 12, maka video call group di WhastApp saat ini sudah bisa dinikmati. Meskipun masih terbatas untuk 4 orang, fitur ini merupakan tambahan yang menyenangkan, terutama bagi Anda yang tengah rindu dengan keluarga yang saling berjauhan.

Bagaimana caranya:

• Masuk ke WhatsApp dan mulailah menelepon atau melakukan video call dengan salah satu kontak Anda.


• Ketika sudah tersambung, tap layar sekali untuk memunculkan sejumlah panel, lalu sentuh panel berlogo ikon kontak dengan tanda plus yang ada di pojok kanan atas.

• Pilih nama teman Anda yang ingin diajak bergabung, lalu akan muncul windows yang berbunyi Add “nama teman Anda” to Group Call? Lalu sentuh Add.

• Lalu lakukan hal yang sama dengan di atas untuk menambah satu lagi kontak yang ingin Anda ajak bergabung dalam percakapan ini.

Selebihnya, aturannya akan sama. Yaitu Anda bisa menonaktifkan kamera saat bicara, atau melakukan enkripsi agar obrolan Anda bisa lebih aman. Sama seperti panggilan biasa di WhatsApp lama.

Bagaimana? Kira-kira untuk apa group video call ini akan Anda gunakan? Semoga untuk urusan yang baik ya. Selamat mencoba!