pulsa-logo

Nikmati Banyak Fitur di Peluncur Microsoft


Aldrin Symu

Jum'at, 24 Agustus 2018 • 15:25

microsoft launcher


Microsoft Launcher (microsoft)Microsoft Launcher (microsoft)

Untuk memperindah dan memudahkan penggunaan ponsel, biasanya digunakan launcher. Bila launcher bawaan vendor terasa membosankan, maka dipilihlah launcher buatan pihak ketiga. Nah, buat Anda yang ingin bernostalgia dengan tampilan OS Windows, Microsoft menyediakan launcher gratis yang diberi nama Microsoft Launcher.

Tidak sekedar asal ada, ternyata Microsoft Launcher menyediakan banyak fitur yang lebih baik dari kebanyakan launcher gratis lainnya. Mulai dari pengaturan wallpaper dan tema yang menarik, terhubung ke daftar kontak dengan mudah dan icon pack dan gesture tersedia. Anda juga dapat melakukan kustomisasi feed seperti kalendar kegiatan, dokumen dan masih banyak lagi. Berikut tips penggunaannya.

Seperti biasa, aplikasi dapat didownload gratis di Google Play Store. Setelah diinstal, aplikasi tidak langsung tampil atau meminta Anda untuk menjalankannya. Pada uji coba ini menggunakan Asus Zenfone 2 Deluxe. Buka pengelolaan layar utama dengan menahan layar kosong di desktop, buka beranda dan pilih Microsoft Launcher.

Masuk ke tampilan awal dengan teks selamat datang, pilih ‘mulai’. Anda akan diminta untuk merubah kertas dinding (wallpaper) bawaan sebelumnya, pilih ‘wallpaper harian Bing’ dan ketuk berikutnya.

Anda akan diminta untuk melakukan sign-in menggunakan akun Microsoft yang Anda miliki. Bila Anda tidak punya, dapat juga melakukan registrasi baru. Ikuti langkah per langkah yang diminta. Anda dapat juga melakukan sign-in dengan menggunakan akun perusahaan atau sekolah. Bila Anda menggunakan akun perusahaan atau sekolah, Anda akan diminta untuk melakukan verifikasi akun tersebut. Bila Anda menggunakan akun Microsoft, Anda juga dapat menambahkan akun perusahaan atau sekolah itu sebagai pelengkap. Bila sudah terverifikasi, pada akun yang digunakan akan terlihat tanda centang. Pilih ‘Ayo’ bila sudah.


Fitur pertama yang dapat Anda nikmati adalah fitur umpan pribadi. Fitur ini mirip dengan Google News. Geserkan layar ke kanan untuk melihatnya. Didalam fitur ini akan terlihat foto profil sesuai dengan akun yang Anda gunakan. Di bawahnya secara berurutan adalah kalender, berita, aktifitas terakhir, aplikasi yang sering digunakan dan daftar kontak yang sering dihubungi. Namun semua itu masih kosong sebelum Anda memberi izin penggunaan.

Berikan izin penggunan pada semua menu yang ada tersebut satu persatu. Pada kalender, aplikasi akan meminta izin untuk semua daftar yang ada di perangkat, di akun Microsoft, di Office 365 (jika Anda memilikinya) dan di semua akun Google (jika Anda memiliki lebih dari satu akun). Dengan begitu aplikasi dapat menampilkan semua aktifitas yang telah dan akan Anda lakukan. Artinya semua telah disinkronisasi oleh aplikasi ini.

Demikian juga dengan ‘pemberitahuan’. Secara default pemberitahuan ini memiliki akses hanya pada aplikasi yang terdaftar. Sebelum Anda mengizinkan semua aplikasi untuk dapat terlihat notifikasinya, maka notifikasi hanya terbatas pesan singkat (SMS) dan panggilan telepon. Bila Anda telah memberikan izin akses pemberitahuan pada seluruh aplikasi yang telah diinstal di ponsel, maka Microsoft Launcher juga akan melakukan hal serupa. Tapi bila belum, Anda dapat merubahnya dengan masuk ke pengaturan ‘lencana pemberitahuan’.

Untuk akses foto dan file (fitur aktifitas), Anda juga harus memberikan izin akses. Demikian juga halnya dengan fitur aplikasi yang sering digunakan dan fitur daftar kontak yang sering dihubungi.

Sekarang kita masuk kedalam folder yang disediakan oleh launcher ini. Sesuai namanya, tentu saja Anda disuguhkan dengan aplikasi standard milik Microsoft yang dimasukkan ke dalam folder yang dinamakan ‘Microsoft’. Di dalamnya ada Outlook, LinkedIn, Skype, OneNote, OneDrive, Swiftkey Keyboard, Word, Excel, PowerPoint, Xbox, To-Do, News, Microsoft Authenticator dan Bing. Tentunya kesemua aplikasi tersebut cukup terkenal. Namun bila di ponsel Anda belum tersedia, Anda dapat langsung mengkliknya dan aplikasi akan membawa Anda ke Google Play untuk menginstalnya. Hanya saja, tidak semua aplikasi tersebut dapat Anda dinikmati. Ada beberapa aplikasi yang membutuhkan syarat lebih tinggi dari spesifikasi hardware yang dimiliki oleh ponsel yang Anda gunakan. Abaikan bila ini terjadi.

Sebenarnya masih banyak fitur pengaturan atau kustomisasi yang dapat Anda manfaatkan. Buka saja satu persatu menu yang tersedia seperti bentuk icon, betuk folder, pengaturan laci aplikasi dan masih banyak lagi.

Semoga bermanfaat.