pulsa-logo

Ini Dia 10 Aplikasi Penghemat Kuota Internet untuk Android


PULSA

Kamis, 06 September 2018 • 16:35

penghemat kuota internet,aplikasi hemat kuota,tips android


Era teknologi modern ini, banyak orang dengan sukarela menambah pengeluaran hingga ratusan ribu hanya untuk membeli paket kuota internet tiap bulan. Smartphone sebagai salah satu penunjang informasi membutuhkan kuota internet, antara lain social media, Game dan lainnya.

Untuk kebutuhan tersebut, kita semua membutuhkan penyedia telekomunikasi yang benar-benar memanjakan pengguna internet dengan menawarkan paket internet yang secara murah meriah. Tapi lucunya para operator mensiasati tersebut dengan sejumlah pilihan paketan data, dan sistem waktu yang sedikit tricky.

Akhirnya untuk berhemat, semua kembali kepada kita, agar bagaimana dapat memilih waktu yang tepat dan kontrol terhadap penggunaan internet itu sendiri. Danuntuk kebutuhan ini, ada beberapa aplikasi yang bisa kita instal agar kita tidak kebablasan berinternet serta berstrategi untuk dapat menghemat kuota di kemudian hari.

1. Data Usage Monitor

Pengguna Smartphone Android bisa melakukan penghematan kouta internet dengan cara Anda dalam memonitorisasi penggunaaan internet di setiap aplikasi yang Anda miliki di HP.

Data Usage Monitor memudahkan untuk mengatur penggunaan kuota internet yang berlebihan. Anda bisa mengatur mana aplikasi yang membutuhkan banyak kouta internet dan mana aplikasi yang tidak perlu menggunakan internet berlebih.

2. My Data Manager



My Data Manager adalah suatu aplikasi penghemat kuota yang terbaik. dengan aplikasi ini secara mudah melacak berapa banyak kouta yang Anda gunakan sehingga Anda bisa memantau penggunaannya secara baik.

My Data Manager juga menginformasikan kepada Anda aplikasi mana saja yang paling banyak menggunakan data dan menghentikan aplikasi tersebut untuk menghemat penggunaan kuota. Tak hanya memantau penggunaan data saat Anda menggunakan paket data, tetapi My Data Manager juga memantau pemakaian data ketika Anda terkoneksi dengan Wi-Fi.

3. Internet Speed Meter Lite

Aplikasi penghemat kuota kali ini datang dari aplikasi Internet Speed Meter Lite. Sama seperti aplikasi Data Usage Monitor, aplikasi ini juga akan mengontrol pengguna kuota internet yang terlalu berlebihan.

Di sini Anda bisa mengatur aplikasi mana saja yang harus menghemat kuota. Juga, para pengguna aplikasi Internet Speed Meter Lite akan diberikan laporan penggunaan paket kouta tiap bulannya. Tak perlu khawatir masalah kapasitas baterai, aplikasi ini mendukung hemat baterai.

4. Samsung Max

Samsung Max adalah aplikasi untuk menghemat kuota yang paling sederhana. Mengapa? Karena aplikasi ini segera mengompres data untuk aplikasi yang ada di perangkat Anda langsung ketika Anda mengaktifkan jaringan data selular.

5. Google Chrome

Apakah Google Chrome adalah aplikasi penghemat kuota yang bisa bekerja di semua aplikasi Android? Tentu saja tidak. Google Chrome adalah aplikasi browser yang dilengkapi dengan fitur penghematan data. Dengan kata lain, Anda bisa menghemat penggunaan data ketika browsing dengan menggunakan Google Chrome.

Jika Anda sering berselancar di dunia maya, maka Google Chrome adalah pilihan yang tepat agar penggunaan data tetap hemat. Cukup masuk ke dalam Google Chrome, lalu klik ikon tiga titik lurus, lalu pilih pengaturan. Selanjutnya, pilih Settings > Advanced >Data Saver dan geser pada tombol On untuk mengaktifkan fitur penghematan data.

6. Data Usage

Penggunaan kuota internet yang berlebihan, karena Data Usage bisa mengontrolnya untuk Anda. Aplikasi besutan oBytes ini cukup bagus dengan berbagai macam fitur, seperti Monitor Mobile Data and Wi-Fi in real time, Set usage alerts, usage status, dan yang lainnya.

7. Opera Max

Sebuah asisten pintar yang dapat memberikan saran terbaik secara personal untuk menghemat data Anda, melindungi keamanan Anda, dan mengelola aplikasi. Aplikasi Opera Max mampu mengompres semua data yang masuk baik melalui browser, aplikasi, atau game.

Dengan cara mengompres data yang cukup tinggi, dapat membuat komunikasi data semakin ringan dan menghemat kuota internet, juga akan mempercepat koneksi internet.

8. Protect Free VPN+ Data Manager

Sebuah perusahaan teknologi asal Israel, Onavo, yang menjadi anak social media yang terkemuka Facebook ini membuat Protect Free VPN+Data Manager dengan tujuan agar dapat mengurangi biaya penggunaan kouta internet pada pengguna smartphone.

Pendiri Facebook Mark Zuckerberg dapat meringankan pengeluaran masyarakat untuk biaya internet mahal saat mengakses Facebook.

Onavo Extend akan menunjukkan seberapa banyak data yang sudah terpakai dan data yang masih tersisa. Dan dapat memberikan peringatan ketika Anda sudah terlalu banyak menggunakan kuota internet.

9. DataEye

DataEye adalah aplikasi penghemat kuota dan baterai ponsel Anda dengan membiarkan Anda mengelola lalu lintas data seluler Anda secara mandiri.

Aplikasi ini akan memberikan saran untuk Anda dapat menyimpan data dan mengatur kuota yang Anda inginkan. Anda dapat mengendalikan sesuai dengan aplikasi yang anda inginkan.

Sama dengan aplikasi-aplikasi yang lainnya, DataEye juga dilengkapi dengan track yang bisa memperlihatkan berapa banyak data yang sudah Anda gunakan. Selain itu, Anda dapat memblokir juga background yang tidak diinginkan.

10. Yandex Browser

Yandex Browser memiliki mode turbo yang berfungsi untuk mengkompres data ketika kita membuka halaman web agar kita tidak perlu mengeluarkan data internet secara berlebihan dan berseluncur dengan cepat.

Mode ini dapat dengan mudah diaktifkan atau dinonaktifkan sesuai dengan keperluan.

Aplikasi ini juga memiliki kemampuan untuk mengkompres video saat streaming sehingga penggunaan data internet dipastikan akan lebih hemat.