pulsa-logo

8 Aplikasi Tanggap Bencana, Agar Siap Disaat Tepat


Anwar Aburizal

Jum'at, 07 September 2018 • 17:08

info bmkg, inarisk personal, buku saku tanggap bencana, panggilan darurat, disaster alert, safety tips, earthquake network, my earthquake alerts


Buku Saku Tanggap BencanaBuku Saku Tanggap Bencana

Beberapa minggu terakhir, negara kita mengalami banyak kejadian bencana alam terutama gempa bumi. NTB, Bali, dan Jogja menjadi beberapa lokasi yang kejadian bencana alam akibat pergeseran lapisan bumi ini. Ketidakpastian informasi, ketiadaan panduan tanggap bencana, dan antisipasi yang kurang terhadap kondisi darurat bisa menyebabkan situasi menjadi lebih buruk, bahkan bisa jatuh lebih banyak korban.

Untuk mengantisipasinya, Anda perlu memiliki aplikasi yang bisa memberikan informasi secara akurat mengenai kejadian-kejadian gempa secara real time. Selain itu, aplikasi yang ada juga bisa memberikan saran dan informasi terkait dengan penanganan gempa.

Berikut aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk memantau dan mendapatkan informasi tentang gempa. Berikut ini adalah 5 Aplikasi untuk Memantau Gempa.

Info BMKG

Info BMKG merupakan aplikasi resmi milik Badan Meteorolgi dan Geofisika yang menyediakan berbagai informasi kebencanaan seperti gempa bumi, peringatan cuaca  dini dan info aktual seputar BMKG. Pengguna bisa memantau info seputar gempa bumi yang terjadi dengan kekuatan 5 skala richter ke atas.


Aplikasi ini bisa diunduh di Google Play Store dan iTunes. Agar lebih akurat, pengguna aplikasi info BMKG bisa pengatur lokasi ke mode High Accuracy.

Harga Gratis
Developer Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Kategori Cuaca
Size Tergantung perangkat
Platform Android dan iOS

 

inaRISK Personal

Aplikasi ini berisi informasi seputar bencana yang terjadi di sekitar pengguna. Tak hanya itu aplikasi inaRISK Personal ini juga memuat serta upaya yang dapat dilakukan pengguna secara mandiri ketika terjadi bencana.

Informasi yang disajikan oleh aplikasi ini tidak diragukan lagi validitas-nya karena aplikasi ini dibangun berdasarkan hasil kajian yang dilakukan BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) bersama kementerian dan Lembaga Negara Terkait yang didukung juga oleh berbagai organisasi kebencanaan yang ada di tanah air.

Harga Gratis
Developer Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)
Kategori Cuaca
Size Tergantung perangkat
Platform Android

 

Buku Saku Tanggap Bencana

Sesuai namanya, aplikasi ini sejatinya merupakan buku digital yang memuat panduan tentang apa yang ideal untuk dilakukan saat terjadi bencana. Buku pada aplikasi ini merupakan buku saku yang diterbitkan oleh BNPB yang kemudian di-digitalisasi menjadi sebuah aplikasi yang berjalan pada perangkat Android.

Buku ini memuat juga informasi karakteristik dan ancaman bencana geologi dan hidrometeorologi di Indonesia. Tak hanya gempa, aplikasi ini juga memuat panduan untuk menghadapi jenis bencana alam lain seperti  tsunami, erupsi gunung berapi, banjir, tanah longsor, puting beliung, kekeringan, bahkan kebakaran hutan.

Harga Gratis
Developer walldroidpaper
Kategori Cuaca
Size Tergantung perangkat
Platform Android dan iOS

 

Panggilan Darurat

Aplikasi satu ini tidak hanya terkait dengan masalah tanggap bencana melainkan tanggap darurat secara umum. Panggilan darurat adalah sebuah aplikasi yang memiliki fitur untuk menghubungi beberapa nomor telepon penting yang dapat dihubungi dalam keadaan darurat oleh masyarakat umum untuk mendapatkan bantuan dari berbagai pihak.

Melalui aplikasi ini pengguna bisa langsung menghubungi Polisi (untuk bantuan pertolongan dari tindak kejahatan atau hal yang mengancam jiwa ), Ambulance (untuk bantuan medis atau pengangukatan 'evakuasi' ke rumah sakit), Pemadam (untuk bantuan bencana kebakaran untuk pemadaman api), Jasamarga (untuk bantuan gangguan masalah pada saat berkendara di jalan tol), BNPB (untuk bantuan tanggap bencana alam badan nasional penanggulangan bencana), PLN (untuk bantuan gangguan masalah kelistrikan seperti pemadaman listrik).

Harga Gratis
Developer Wahyu Fadiyanto Developers
Kategori Cuaca
Size Tergantung perangkat
Platform Android

 

Disaster Alert

Aplikasi besutan Pasific Disaster Center ( PDC) ini memungkinkan pengguna untuk dapat melacak bencana alam yang sedang terjadi secara langsung. Tak hanya gempa, aplikasi ini juga mampu mendeteksi bencana tsunami, gunung meletus, badai, longsor, banjir dan kebakaran hutan.

Aplikasi ini didukung oleh teknologi PDC DisasterAWARE. Disaster Alert ini akan memberikan notifikasi berdasarkan koordinat GPS dimana pengguna berada.

Harga Gratis
Developer Pacific Disaster Center
Kategori Cuaca
Size Tergantung perangkat
Platform Android dan iOS

 

Safety Tips

Aplikasi ini tampaknya ditujukan kepada wisatawan agar tetap waspada dikala berada di tempat-tempat pariwisata.

Aplikasi Safety Tips ini dibesut oleh Lembaga Parawisata Jepang (JTA). Seperti diketahui, Jepang dan indonesia sangat rentan terhadap gempa dan Tsunami.

Safety Tips memungkinkan pengguna untuk menentukan lima lokasi untuk menerima notifkasi gempa, Bahasa yang di pakai yaitu Bahasa Mandarin, Inggris dan korea.

Harga Gratis
Developer RC Solution Co
Kategori Cuaca
Size Tergantung perangkat
Platform Android dan iOS

 

Earthquake Network

Anda bisa mengandalkan aplikasi Earthquake Network untuk melihat data gempa yang sedang terjadi. Ketika terjadi gempa, ada notifikasi yang langsung diterima di ponsel pengguna. Selain itu, aplikasi ini juga bisa mengirim email secara langsung. Fitur andalan Earthquake Network ini disebut adalah Real time Notification.

Untuk melihat kejadian gempa terakhir, pengguna bisa masuk ke tab Seismic Networks.

Harga Gratis
Developer Francesco Finazzi
Kategori News & Magazines
Size Tergantung perangkat
Platform Android dan iOS

 

My Earthquake Alerts - US & Worldwide Earthquakes

Aplikasi My Earthquake Alerts  bisa disebut sebagai aplikasi peringatan gempa terbaik saat ini. Fitur - fitur yang tersedia cukup canggih tidak kalah dari aplikasi- aplikasi lainya. Pengguna bisa langsung melihat kejadian gempa yang baru saja terjadi. Berdasarkan pengaturan yang tersedia, pengguna bisa melihat hingga seratus gempa lainya  beserta lokasi penanda nya.

Aplikasi My Eartquake Alert ini dilengkapi sejumlah fitur diantaranya  informasi gempa bumi langsung dari seluruh dunia, peringatan berupa push-notification gratis yang dapat disesuaikan, fitur pencarian (pengguna bahkan bisa menemukan kejadian gempa bumi yang berasal dari tahun 1970), desain tampilan antar muka yang indah & sederhana (pengguna bisa melihat lokasi gempa bumi dalam tampilan peta dan dalam daftar), Informasi lokasi gempa secara akurat (termasuk info kedalaman dan jaraknya dari lokasi pengguna).

Harga Gratis
Developer Jake Ruston
Kategori Cuaca
Size Tergantung perangkat
Platform Android dan iOS