pulsa-logo

Untung-Rugi Jika Fitur GPS Selalu Diaktifkan/Dinonaktifkan


PULSA

Jum'at, 07 September 2018 • 21:38

tips dan trik Android,tips GPS,GPS di android,hemat baterai handphone,mode hemat baterai


GPS aktifGPS aktif

Buat sebagian pengguna, fitur GPS wajib diaktifkan karena aktivitasnya sangat bergantung dengan lokasi pengguna.  Misalnya saja pengemudi ojek atau taksi online. Ada juga yang hanya mengaktifkan fitur GPS sesekali untuk memandu perjalanan, atau ketika membuka aplikasi yang memerlukan akses lokasi seperti utuk memesan ojek online dan atau memainkan game Pokemon Go.

Bagaimana dengan Anda? Apakah termasuk pengguna yang merasa perlu untuk selalu mengatifkan GPS atau sebaliknya? Nah, kami coba uraikan apa saja untung dan rugi jika GPS Anda selalu aktif atau dinonaktifkan.

Keuntungan GPS Aktif

Keuntungan apabila GPS di handphone Anda selalu aktif adalah, handphone Anda akan mudah ditemukan jikalau terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Misalnya saja hilang atautertinggal di suatu tempat.

Baik handphone Android maupun iOS, fitur pencari perangkat membutuhkan akses GPS yang aktif di ponsel pengguna. Meskipun ini juga masih dibantu dengan akses Internet pada perangkat tersebut. Aplikasi seperti Android Device Manager  (pencari perangkat untuk Android) dan layanan Find My Phone milik Apple, akan mudah menemukan titik lokasi perangkat.

Layanan find my phone GoogleLayanan find my phone Google

Keuntungan lainnya, jika Anda menyukai layanan Google, maka beberapa informasi lokal akan bisa Anda dapatkan secara realtime. Semisal informasi trafik lalu lintas, cuaca atau hal-hal yang menarik lainnya di sekitar Anda.


Jika Anda kebetulan memiliki buah hati yang menggunakam handphone pintar, maka sebaiknya disarankan pada perangkatnya untuk selalu mengaktifkan GPS. Lalu, jangan lupa juga untuk menambahkan akun Google Anda ke perangkatnya. Tujuannya, agar Anda bisa dengan mudah memantau posisinya.

Kerugiannya

Apabila privasi menjadi hal yang penting buat Anda maka dengan GPS yang selalu aktif akan merugikan Anda. Sebab, data lokasi dari GPS akan terekam di aplikasi dimana Anda akan mendapat data histori kemana dan kapan saja Anda berada di suatu tempat.

Meski demikian, itu akan menjadi rahasia Anda ketika tak ada orang disekitar Anda yang mengetahui kata kunci pada perangkat Anda. Berkaitan dengan layanan yang mengambil data GPS Anda, itu juga berarti keberadaan Anda harus rela diketahui oleh sistem tersebut. Buat sebagian orang tentu ini tak menyenangkan.

Satu lagi kerugiannya adalah terkait dengan daya tahan baterai Anda. Dengan GPS aktif, maka tentu saja daya baterai menjadi lebih boros. Tapi, jika ini alasannya, Anda masih bisa menyiasatinya.

Untuk diketahui, handphone pinta berbasis Android punya beberapa pilihan untuk layanan lokasi, dan ini berguna untuk aplikasi peta, iinformasi lokal seperti toko terdekat, restoran, dan sejenisnya.

Pengaktifan GPS ini ada beberapa pilihan diantaranya;

-    Mengakses layanan lokasi

-    Akurasi tinggi

-    Mode Penghematan baterai

-    Hanya perangkat (device onlye)

Di perangkat Android Nougat, pilihan ini bisa diakses dengan cara:

- Pilih Pengaturan

- Ketuk Lokasi di bawah menu Pribadi.

- Pilih Mode

- Pilih opsi yang ingin Anda gunakan

Pengguna perangkat Android 8 (Oreo):

- Masuk kePengaturan dari bilik atas pada layar utama

- Pilih Keamanan & Lokasi di menu utama.

- Pilih Ketuk Lokasi di bawah kata Privasi

- Pilih Mode

- Pilih opsi yang ingin Anda gunakan untuk layanan lokasi Anda.

Lalu apa bedanya mdeo pada GPS di handphone Anda?

Akurasi tinggi

Ketika Anda memilih mode layanan lokasi akurasi tinggi, berarti Anda mengizinkan beberapa perangkat berjaringan untuk menentukan lokasi Anda untuk mendapat lokasi yang tepat. Titik lokasi ini bisa diambil dari informasi GPS, Wi-Fi, Bluetooth, dan / atau jaringan seluler, dengan mengkombinasi beberapa diantaranya.  

Mode ini sangat direkomendasi ketika Anda mencari lokasi atau menggnakan GPS untuk berkendara. Namun, mode ini juga yang paling menguras baterai Anda. Jadi, silahkan Anda memilih mode yang lain jika mempertimbangkan daya baterai.

Mode perangkat

Modus perangkat berate hanya bergantung pada sinyal GPS layalnya perangkat GPS yang ada pada kendaraan seperti mobil, menggunakan jaringan satelit yang ditunjuk GPS untuk menemukan lokasi ponsel Anda. Mode ini tidak akan membantu Anda mendapatkan lokasi yang akurat jika Anda berada di dalam ruangan.  

Mode hemat baterai

Nah, mode ini justru aan menonaktifkan GPS dan lokasi Anda akan dideteksi lewat Wi-Fi, Bluetooth, dan / atau menara seluler terdekat  yang menggunakan layanan lokasi Google. Memang, dengan mode ini akan sangat menghemat baterai tapi tak akan seakurat menggunakan GPS.

Ketiga mode ini bisa Anda pilih sesuai kebutuhan, uuntung-tugi-nya silahkan dikalkulasi. (*)