pulsa-logo

Kunci Aplikasi dengan Enkripsi


Anwar Aburizal

Rabu, 19 September 2018 • 00:00

vivo v11 pro,vivo,app encryption


Bagi Milenial, smartphone tak hanya sebatas alat komunikasi. Gadget satu ini bahkan telah dianggap sebagai pendukung segala lini kehidupan generasi Y mulai dari yang bersifat produktifitas, sosial, hingga hiburan.

Tak heran jika sejumlah “rahasia” pribadi sang pemilik pun tersimpan dalam smartphone. Hal ini tentu membuat privasi menjadi isu yang tak ada habisnya jika dikaitkan dengan teknologi smartphone. Sejumlah pengembang aplikasi pun berusaha berlomba menghadirkan aplikasi berbasis enkripsi untuk mengamankan data maupun aplikasi dari penggunaan oleh pihak ketiga tanpa izin.

Pada smartphone kelas mid-high hingga flagship, fitur keamanan semisal ini biasanya tersedia secara default pada sistem. Demikian pula produk terbaik besutan Vivo untuk pasar Indonesia untuk saat ini yaitu Vivo V11 Pro.

Vivo V11 Pro memiliki fitur bawaan yang memungkinkan pengguna untuk “mengunci” aplikasi tertentu yang diinginkan sehingga tidak dapat diakses oleh orang lain.

Berikut caranya:

1. Fitur bernama “App encryption” ini terintegrasi dalam aplikasi iManager yang terinstall secara default pada sistem Funtouch OS milik Vivo V11 Pro.



2. Buka aplikasi iManager, kemudian pilih App encryption.

3. Saat pertama kali digunakan, pengguna akan diminta untuk menentukan password yang akan digunakan. Masukkan password yang sama pada tampilan “Verify the new password”.

4. Selain kombinasi 6 angka, pengguna juga bisa memilih kategori password lain seperti alfanumerik, kombinasi 4 angka, atau pola (pattern) seperti halnya pengunci layar (screen lock). Untuk memilih jenis password klik pada Password options.

5. Berikutnya, akan tertampil daftar seluruh aplikasi yang terpasang pada Vivo V11 Pro. Geser pilihan di sebelah kanan pada posisi “on”untuk menyembunyikan aplikasi yang diinginkan.

6. Gunakan App encryption untuk aplikasi yang bersifat pribadi semisal email kantor, aplikasi media social, chatting, e-commerce dan lainnya.

7. Pengguna juga bisa membuka enkripsi dengan Biometrik (sidik jari atau wajah). Caranya, buka pilihan Settings> Fingerprint, face and password> Fingerprint, kemudian geser pilihan Privacy and app encryption ke posisi On. Ulangi hal yang sama pada menu Settings> Fingerprint, face and password> Face.

8. Setiap kali membuka aplikasi yang terkunci, pengguna bisa memasukkan password, memindai sidik jari atau wajah.

Link: http://bit.ly/2x5SsTO

Selamat mencoba.