pulsa-logo

Cara Mengatur dan Memanfaatkan Fitur SmartBar di OPPO F9


Hairuddin

Kamis, 20 September 2018 • 19:06

oppo f9, smartbar


OPPO F9 SmartBar (oppo.com)OPPO F9 SmartBar (oppo.com)

F9 merupakan produk paling anyar OPPO yang ada di pasaran tanah air. Perangkat ini bisa dibilang sebagai suksesor dari OPPO F7. Bahkan secara spesifikasi dan fitur, OPPO F9 dan OPPO F7 dapat dianggap 11-12 alias kembar tidak identik.

Meski begitu, di OPPO F9 ini Anda akan menemukan beberapa fungsi baru yang sebelumnya tidak ada di F7. Diantaranya teknologi pengisian baterai cepat yang disebut VOOC Flash Charge, model poni yang lebih segar yakni waterdrop screen dan yang paling menarik adalah SmartBar yang dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai Bilah Sisi Cerdas.

Fitur unik yang juga banyak diterapkan pada smartphone flagship seperti Samsung Galaxy Edge dan iPhone ini bisa menampilkan beberapa ikon pintasan (shortcut) ke fitur-fitur favorit. SmartBar di OPPO F9 sendiri sejatinya merupakan pengembangan dari fitur full-screen multitasking yang sebelumnya ada di OPPO F7.

Posisi Smart Bar ini ada di sisi kanan tampilan layar (posisi portrait) atau kiri layar (posisi landscape). Di SmartBar ini, Anda bisa menampilkan shortcut untuk kamera, screenshot/screen recorder, messages, Facebook atau aplikasi lain termasuk game. Menariknya, Anda tetap bisa mengatur ikon aplikasi apa saja yang ingin ditampilkan.

Untuk menampilkan opsi SmartBar ini, Anda cukup menggeser ujung layar dari tepi kanan (layar dalam posisi portrait) atau sisi kiri layar (posisi landscape).

Pertanyaannya, gimana cara mengaktifkan dan mengatur fitur SmartBar ini?

Nah, di tips kali ini PULSA akan coba mengulas cara memunculkan serta memanfaatkan SmartBar di OPPO F9. Simak langkah-langkahnya berikut ini:


Mengaktifkan SmartBar

1. Secara default, fitur SmartBar ini sejatinya sudah aktif dan bisa langsung dimanfaatkan. Namun untuk memastikannya kembali Anda bisa menggeser ujung layar sesuai mode layar yang telah diulas di atas. Anda juga bisa mengecek opsi SmartBar ini di menu pengaturan.

2. Masuk ke Settings lalu geser dan temukan opsi Smart & Convenient.

3. Di tampilan berikutnya, tekan “Smart Sidebar”, dan cek toggle Smart Sidebar sudah aktif atau belum. Jika aktif, toggle tersebut akan berwarna hijau.

Mengatur shortcut di SmartBar

1. Di tampilan utama ponsel, geser ujung layar ke kiri (posisi portrait).

2. Setelah muncul pop up SmartBar, tekan dan tahan beberapa saat untuk memunculkan opsi pengaturan atau menekan ikon tanda plus (+).

3. Anda akan menjumpai dua jendela pop up. Pertama berisi shotcut ikon yang sudah ada secara default. Kedua berisi daftar ikon aplikasi yang bisa Anda atur dan tambahkan.

4. Untuk menambahkan ikon shortcut aplikasi ke SmartBar, Anda tinggal mentap tanda plus (+) di ikon aplikasi yang ada di jendela kiri.

5. Jika sudah, tap ‘Done’ untuk menyelesaikan proses penambahan dan ikon aplikasi baru pun akan muncul di jendela pop up SmartBar.

6. Anda juga bisa menghapus ikon shortcut aplikasi di SmartBar dengan cara yang hampir sama. Tinggal pilih ikon aplikasi yang ingin dihapus, dan tap tanda minus (-) untuk menghilangkannya.

Selamat mencoba! (Hairuddin Ali/@hairuddin_ali)

    2018-12-12 14:37:20


    PULSA EDITORS' CHOICE 2018