pulsa-logo

4 Aplikasi untuk Kontrol Smartphone Anak


PULSA

Senin, 24 September 2018 • 19:21

aplikasi anak,aplikasi kontrol smartphone anak


Kesadaran akan hidup berdigital yang baik kini mulai tumbuh di tengah-tengah masyarakat. Sejumlah fitur parental Control alias kontrol orang tua terhadap kebiasaan berdigital anak-anak telah mulai diperkenalkan, bahkan oleh sejumlah pembuat sistem operasi, semisal Google dan Apple.

Sebelum Anda menemukannya sebagai fitur tertanam pada ponsel-ponsel yang sekarang Anda gunakan, karena sudah bisa dipastikan fitur semacam ini akan ikut diperkenalkan pada Android selanjutnya, Anda bisa menginstal aplikasi tambahan yang banyak tersedia di Play Store. Tidak terkecuali dari Google sendiri.

1. Google Family Link

Sumber Foto: Google PlaySumber Foto: Google Play

Akhirnya Google merilis aplikasi Google Family Link sebagai sarana membantu orang tua mengendalikan ponsel anak-anak mereka. Sebelum diinstal, pengguna yang akan dikontrol wajib memiliki akun gmail terlebih dahulu sebagai syarat untuk mendownload dari playstore. Aplikasi ini dibuat untuk mengontrol smartphone anak berusia 13 tahun kebawah, hebatnya lagi aplikasi ini dapat mengeluarkan laporan tentang apa saja yang sudah anak-anak lakukan dengan smarphone nya, sehingga orangtua dapat membuat pengaturan apa saja yang perlu dipantau.

2. Find my Kids

Sumber Foto: Google PlaySumber Foto: Google Play

Find My Kids merupakan aplikasi yang terinspirasi dari aplikasi milik iOS, yakni Find My iPhone dan Find My Friends. Intinya sama, yakni untuk memproyeksikan satu titik terhadap titik lain. Dimana dalam hal ini adalah ponsel anak-anak kita terhadap ponsel orang tuanya. Tentu saja melalui pengaturan GPS di ponsel anak.


Menariknya, aplikasi Find My Kids tidak sekedar hanya untuk melacak, tetapi juga memberikan informasi tambahan, semisal merekam suara-suara di sekitar lokasi anak serta pemberitahuan otomatis untuk kondisi-kondisi tertentu. Semisal saat daya baterai smartphone anak lemah.

3. Kids Place: Parental Control

Sumber Foto: Google PlaySumber Foto: Google Play

Aplikasi ini dilengkapi dengan opsi kontrol orang tua dan password, guna melindungi data pribadi dan membatasi anak hanya pada aplikasi yang Anda setujui. Aplikasi Dunia Anak atau Kids Place juga mencegah anak mengunduh aplikasi baru, menelepon, kirim sms atau tindakan lain yang perlu biaya.

Aplikasi ini Tanpa koneksi internet, tanpa email, tanpa membuat akun dan yang pastinya gratis.

4. Kids Launcher

Sumber Foto: Google PlaySumber Foto: Google Play

Kids Launcher adalah aplikasi yang dirancang bagi orang tua yang ingin anak-anak mereka untuk menggunakan smarphone dengan rasa tanggung jawab. Dengan mengkonfigurasi pilihan, kita bisa menjaga anak-anak kita di daerah yang aman tanpa akses ke aplikasi atau konten yang tidak sesuai untuk mereka.

Aplikasi ini dilengkapi fitur jam batas main smartphone saat nya tidur, dilengkapi PIN untuk akses aplikasi, Adanya laporan harian dan bulanan berdasarkan aplikasi yang diakses.

Sumber : Google Play