pulsa-logo

Ingin Handphone Terlindungi? Gunakan 5 Antivirus Ini


Andre Lukmana

Kamis, 27 September 2018 • 04:02

anti virus,anti virus hp,avast mobile security,avl,mcafee security & power booster free,bitdefender antivirus free,kaspersky mobile antivirus


Aktivitas apa yang paling banyak Anda lakukan dengan handphone Anda? Selain berpesan instan, menonton video, tentunya kamu gemar berselancar dari satu website ke website lainnya. Bikin asyik dan lupa waktu memang.

Sayangnya, keasyikan ini juga membawa resiko ketika hanphone kamu mengunjungi website-website berbahaya. Misalnya saja website yang sudah disusupi malware, alias perangkat lunak yang akan masuk dan beroperasi secara tersembunyi di dalam handphone kamu. Malware memiliki beberapa target, salah satunya menggali dan mengambil data-data dari dalam handphone kamu, mulai dari data pribadi hingga data perilaku kamu dalam menggunakan handphone.

Nah, untuk menghindari agar handphone tidak terjangkit virus dan malware, serta mengobati handphone yang terlanjur kena, berikut ini adalah beberapa antivirus dan antimalware yang bisa kamu coba.

1. Avast Mobile Security

Avast Mobile Security | Sumber Foto: Google PlayAvast Mobile Security | Sumber Foto: Google Play

Avast Mobile Security adalah antivirus ponsel Android yang akan melindungi handphone kamu dari beragam ancaman. Mulai dari website (URL) terinfeksi, pencurian, ataupun peretesan handphone. Dengan aplikasi ini kamu bisa mengirim SMS untuk memblok telepon atau pun melacaknya dengan menggunakan GPS.

Kamu bisa melakukan analisis terhadap semua program yang terinstal di kartu atau memori, termasuk analisis pada aplikasi saat mulai berjalan. Anda juga bisa melakukan pemindaian terjadwal, memperbauri protektor virus, mencopot aplikasi, menghapus berkas, ataupun melaporkan false positive.


Dalam versi gratisnya, kamu akan mendapatkan tambahan fasilitas call blocking, firewall, dan bahkan sistem anti pencurian. Dengan sistem itu, kamu bisa mengunci Androidmu dari jarak jauh jika Androidmu hilang.

2. AVL

AVL | Sumber Foto: Google PlayAVL | Sumber Foto: Google Play

AVL adalah salah satu antivirus pilihan terbaik yang dapat digunakan untuk keamanan dan perlindungan real-time untuk smartphone android. AVL terbilang efisien dengan antarmuka pengguna yang intuitif.

Meskipun tidak menyuguhkan fitur anti-pencurian tercanggih, yang bisa kita temukan di aplikasi serupa, namun produk ini sangat bagus untuk kebutuhan perlindungan dasar. Salah satu kelebihan AVL adalah kecenderungan untuk mempertahankan kinerja baterai atau kerusakan dari beberapa komponen. Dengan kelebihan ini pengembangnya mengklaim AVL sebagai salah satu aplikasi antivirus yang sangat dianjurkan.

Antivirus ini mempunyai scan virus, danbisa mendeteksi adanya file berbahaya yang memaksa masuk ke androidmu. Keunggulan AVL lainnya adalah ringan dan tidak membebani baterai serta melindungi dari berbagai nomor asing yang tidak jelas.

3. McAfee Security & Power Booster Free

McAfee Security & Power Booster Free | Sumber Foto: Google PlayMcAfee Security & Power Booster Free | Sumber Foto: Google Play

McAfee Mobile Security menjadi salah satu aplikasi antivirus yang dapat melindungi dan meningkatkan performa handphone. Beberapa fitur yang ditawarkan aplikasi ini antara lain fitur anti maling, melacak android hilang, perlindungan privasi aplikasi, antivirus, anti-spyware, anti-malware, penghilang virus, keamanan browsing,  jeamanan Wi-Fi, pengoptimalan performa, backup SMS, backup kontak, penghemat baterai, dan fitur kamanan lainnnya.

Untuk aplikasi gratisannya, McAffe menyediakan antara lain App kunci dan Kamera Anti Maling, yang berguna mengunci perangkat dan memotret orang yang memegang perangkat, ada juga anti-spyware guna menghentikan pencuri mendapatkan akses ke informasi pribadi kamu. Selain itu ada aplikasi untuk menghapus data dari jauhmem-backup SMS, backup kontak, dan memulihkan data, aplikasi untuk menemukan ponsel, mencari lokasinya di peta, membunyikan alarm dari jauh, atau mendapatkan bantuan tahap demi tahap untuk melacak android yang hilang, dan lain-lain

4. Bitdefender Antivirus Free

Bitdefender Antivirus Free | Sumber Foto: Google PlayBitdefender Antivirus Free | Sumber Foto: Google Play

Bitfender adalah salah satu nama besar dalam bidang pengamanan digital. Produk antivirusnya untuk Android tergolong sangat memuaskan. Keunggulan utama Bitdefender, menurut pembuatnya adalah antivirus ini tidak membebani sistem android sehingga baterai pun tetap awet. Hanya saja, hal ini membuat kita harus melakukan scan terjadwal.

Keunggulan lain Bitdefender adalah setiap aplikasi baru yang diunduh akan langsung di-scan. Enaknya lagi, antivirus ini langsung bisa digunakan begitu proses install selesai tanpa perlu ada pengaturan tambahan. Versi gratisnya bisa kita nikmati selama 14 hari saja.

5. Kaspersky Mobile Antivirus

Kaspersky Mobile Antivirus | Sumber Foto: Google PlayKaspersky Mobile Antivirus | Sumber Foto: Google Play

Selain empat aplikasi di atas, ada juga Kaspersky Internet Security, aplikasi antivirus gratis untuk membantu menjaga ponsel dan tablet, serta informasi pribadi Anda agar aman dari bahaya online.

Beberapa fitur utama Kaspersky Mobile Antivirus antara lain fitur pemeriksaan latar belakang yang akan memindai virus, malware, spyware, dan Trojan; proteksi antivirus yang secara otomatis memblokir virus dan malware lain dari ponsel dan tablet.

Tersedia juga fitur temukan ponsel saya, yang akan melacak dan menemukan ponsel atau tablet Android Anda jika hilang atau dicuri, fitur anti-Phishing guna menjaga keamanan informasi keuangan Anda saat berbelanja dan beraktivitas perbankan online, serta fitur-fitur lainnya. (Rul/dp)

Sumber: Google Play