pulsa-logo

Ingin Internetan Cepat dan Aman? Begini Caranya


Kurdi

Jum'at, 28 September 2018 • 17:48

aplikasi wifi, aplikasi Internet Wifi,wifi analyzer,network analyzer, fing - network tool


Google PlayGoogle Play

Sudah tak bisa ditawar lagi, kecepatan dan stabilitas saat intenetan menjadi syarat wajib yang harus dipenuhi ketika kita menggunakan jarinya provider atau jaringan wifi. Lalu bagaimana cara kita mengetahui kwalitas sebuah jaringan, misalnya jaringan wifi di suatu tempat? Bagaimana kekuatan sinyalnya, bagaimana kekuatan koneksinya? Atau apakah jaringan tersebut berbahaya dari para penyusup yang dapat mencuri data. Inilah beberapa aplikasi yang bisa kita gunakan.

1. WIFI Analyzer

Google PlayGoogle Play

Aplikasi WiFi Analyzer akan memfungsikan ponsel Android kamu sebagai perangkat penganalisa jaringan WiFi. Aplikasi ini akan memunculkan channel-channel WiFi yang ada di sekitar handphone kamu. Selanjutnya kami bisa memilih router WiFi yang tidak terlalu ramai, sehingga akan mempermudah kamu dalam berinternet.

Aplikasi WiFi Analyzer  adalah aplikasi yang tergolong bagus yang memungkinkan Anda untuk melihat keadaan jaringan WiFi dan mengumpulkan data tentang parameter (kekuatan sinyal,  frekuensi, kecepatan koneksi, dan lain-lain).  Hal ini berguna untuk memonitor penggunaan WiFi dan memeriksa perangkat yang terhubung dengan wireless. Dengan begitu penggunaan perangkat wireless dapat lebih optimal.

2. Network Analyzer



Google PlayGoogle Play

Network Analyzer dapat membantu Anda mendiagnosa berbagai masalah pada setup jaringan WiFi Anda, konektivitas internet dan juga mendeteksi berbagai masalah pada server dan client.

Network Analyzer dilengkapi dengan fitur pencari perangkat wifi berkinerja tinggi, yang mampu mencari semua alamat, pabrikan, dan nama perangkat LAN. Network Analyzer memiliki kemampuan diagnostik standar seperti ping, traceroute, pemindai port, pencarian DNS, dan whois. Dengan begitu, aplikasi ini mampu menunjukkan semua jaringan wi-fi di sekitar, berikut data kekuatan sinyal, enkripsi dan pembuat router untuk membantu menemukan saluran terbaik. Semuanya bekerja dengan IPv4 dan IPv6.

Fitur yang tersedia dalam aplikasi ini antara lain: Wifi sinyal meter, LAN scanner, ping & traceroute, port scanner, whois, DNS lookup, informasi jaringan (default gateway, IP eksternal (v4 dan v6), server DNS), informasi jaringan Wifi (seperti SSID, BSSID, alamat IP, HTTP proxy, subnet mask, kekuatan sinyal, dan lain-lain), informasi jaringan selular (3G, LTE) seperti alamat IP, kekuatan sinyal, penyedia jaringan, PKS, MNC, dan lain sebagainya.

3. Fing - Network Tool

Google PlayGoogle Play

Pihak pengembanga aplikasi Fing menyebut bahwa aplikasi ini adalah aplikasi scanner jaringan super cepat, gratis murni, serta telah digunakan di jutaan rumah dan para profesional di seluruh dunia.

Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu bisa menemukan perangkat mana saja yang terhubung ke sebuah network WiFi, memetakan perangkat , mendeteksi penyusup, menilai resiko keamanan sebuah jaringan, penyelesaianmasalah network dan mencapai kinerja network terbaik dan lain-lain.

Fitur-fitur Fing: Wi-Fi/LAN scanner, full device detail, analysis NetBIOS advanced, inventory perangkat dan jaringan, Internet connectivity checker, ISP analysis & location, subnet scanner, port scanner, ping & traceroute, WOL, DNS Lookup & reverse DNS lookup, deteksi penyusup network, dan lain-lain. (alx/dp; Sumber tulisan: Playstore) (Ab/Dp)