pulsa-logo

Otomatisasi Beragam Fungsi iPhone dengan Shortcuts App


Ahmad S.

Kamis, 04 Oktober 2018 • 01:00

ios 12, ios, apple, iphone, shortcuts


Shortcuts (Apple)Shortcuts (Apple)

iOS 12 sudah dapat didownload dan diinstal sejak pertengahan September lalu. Sesuai dengan previewnya yang telah dibahas pada beberapa edisi lalu, sejumlah fitur baru unggulan bisa dinikmati oleh pengguna iPhone, dari iPhone 5s hingga keluarga iPhone Xs.

Salah satu yang menarik tentu saja adalah hadirnya fitur otomatisasi yang akan meningkatkan kenyamanan pengguna iPhone khususnya ketika mereka berhadapan dengan sejumlah pengaturan yang cenderung berulang dan dipicu oleh sejumlah kondisi lainnya. Semisal ketika kita harus bolak-balik mengaktifkan WiFi ketika di satu tempat yang sering kita kunjungi dan menonaktifkannya ketika keluar dari tempat itu untuk menghemat baterai. Atau hal lain yang lebih kompleks, yang berpotensi terlupakan atau merepotkan Anda.

Ada dua fitur shortcuts yang bisa kita gunakan saat sudah mengupdate ke iOS 12. Pertama adalah fitur shortcut yang tertanam pada SIRI. Fitur ini sudah terinstal secara otomatis bersama dengan iOS 12 dan bisa kita utak-atik dari settings. Hanya saja pilihannya terlalu sederhana, dan relatif hanya berhubungan dengan kebiasaan kita sehari-hari yang tercatat oleh SIRI.

Kedua, ada aplikasi khusus yang dibuat oleh Apple, yakni aplikasi Shortcuts. Anda bisa mendownloadnya gratis di App Store. Merupakan wajah baru dari aplikasi Workflow yang setahun lalu dibeli oleh Apple, aplikasi ini mengalami sedikit peningkatan plus desain khas Apple yang bersih.

Rumit Tapi Menyenangkan

Saat membuka aplikasi Shortcuts ini pertama kali, Anda mungkin berfikir bahwa aplikasi ini bukan untuk semua orang. Sejatinya, shortcuts merupakan rentetan fungsi yang akan berjalan secara berkesinambungan, satu sama yang lain, dipicu oleh satu atau beberapa perintah yang sebenarnya merupakan bahasa pemograman yang dibuat se-user friendly mungkin, menggunakan widget-widget sederhana yang bisa disusun sesuai kebutuhan.


Kesederhanaan itulah yang membuatnya mudah dipelajari, bahkan oleh mereka yang awam terhadap bahasa pemograman komputer sekalipun. Kadang, hal yang membuatnya menjadi sulit adalah ketika kita tidak tahu apa yang kita lakukan, dan apa yang kita inginkan. Tapi dengan sedikit uji coba, try and error, di satu titik Anda akan menyadari bahwa aplikasi ini akan membantu sekali, dan membuat Anda punya waktu lebih untuk melakukan hal yang lain.

Kalaupun Anda belum punya ide untuk membuat shortcuts, aplikasi ini telah menyediakan sejumlah shortcut default yang “tinggal pakai” di librarynya. Hanya saja beberapa hal perlu disesuaikan, terutama untuk yang terkait peta yang spesifik semisal alamat rumah dan kantor. Anda bisa mencobanya satu persatu, dan pilih mana yang pas untuk Anda, jangan lupa letakkan di Widget untuk dapat mengaksesnya dengan mudah di kesempatan berbeda, atau tambahkan perintah sederhana melalui SIRI.

Latihan Membuat Shortcut Sederhana

Ketika membuat shortcut baru, hal pertama yang perlu Anda pikirkan adalah outputnya. Anda ingin melakukan apa dengan satu shortcut itu. Dalam hal ini, saya coba membuat perintah sederhana yakni mengatur ponsel untuk masuk ke moda pesawat terbang atau airplane mode dan sekaligus mengaktifkan moda penggunaan daya rendah atau low power mode ketika akan melakukan penerbangan, lalu di shortcut yang sama kita buat dua pilihan, dimana pilihan berikutnya adalah menonaktifkan kembali airplane mode dan low power mode tersebut, untuk digunakan saat Anda turun dari pesawat.

Pertama buka aplikasi Shortcuts (pastikan aplikasi ini sudah terinstal di iPhone Anda), lalu di halaman utama, pilih Create Shortcut.

Dari sini Anda akan membuka sebuah halaman baru yang kurang lebih terlihat seperti ini. Sentuh kolom search untuk memperlihatkan sejujlah pilihan berdasarkan tipe konten. Pilih Scripting. Atau Anda bisa mengetik kata choose, atau choose from, atau choose from menu, lalu pilih ikon scripting>Choose from menu. Anda akan menemukan satu kartu baru dengan tampilan seperti ini.

Anda kemudian bisa ganti kata One dan Two sesuai keinginan, Dalam hal ini adalah untuk One kita ketik “Take Off”, dan kata Two kita ketik “Landing”. Lalu klik done di keyboard Anda.

Cari kembali item perintah baru untuk ditambahkan ke dalam shortcuts ini. Ketik airplane mode di kolom search. Pilih Set Airplane Mode. Kartu Airplane mode akan muncul di kolom paling bawah, dengan tanda switch yang sudah aktif. Anda perlu menggesernya ke bawah kolom take off dengan menekan pilihan set airplane mode itu dan menahannya, lalu geser ke bawah kolom Take Off.

Kemudian cari lagi kartu perintah baru, ketik kata low power mode di kolom search, lalu pilih Set Low Power Mode. Sama seperti langkah di atas, geser pilihan ini ke bawah pilihan take off. Seperti ini.

Lakukan hal yang sama untuk kolom Landing. Sehingga didapat tampilan seperti ini.

Terakhir ganti nama Untitled Shortcuts ke nama yang Anda inginkan. Semisal “Naik Pesawat”. Caranya dengan menyentuh tombol switch yang ada di kanan atas halaman ini. Anda juga bisa mengganti ikonnya, sesuaikan dengan keinginan. Lalu klik Done.

Untuk melihat apakah shortcut Anda berhasil atau tidak, klik tanda PLAY yang ada di atas halaman shortcut ini. Jika muncul pilihan sesuai dengan yang Anda harapkan, kita bisa bilang “Berhasil!”.

Sekarang, Anda bisa mengakses shortcut itu dengan dua cara. Pertama lewat widget. Tapi pastikan dulu bahwa widget shortcuts telah diaktifkan dan pastikan Anda letakkan paling atas. Kedua Anda bisa megaktifkannya menggunakan suara lewat SIRI. Untuk keperluan ini, Anda bisa ke shortcuts, klik titik tiga yang ada di sudut kanan atas shortcut yang Anda mau edit, lalu pilih ikon edit seperti saat Anda ingin mengganti nama shortcut, lalu klik Add SIRI. Anda bisa mengkustomnya sesuai keinginan. Ketika SIRI mengenali kalimat yang Anda sebutkan atau ketikkan di SIRI, SIRI akan mengatakan “Running your Shortcut” dan Anda bisa menggunakan shortcut Anda.

Anda bisa membuat shortcut sederhana yang serupa untuk sejumlah keperluan lain, semisal untuk menonaktifkan ponsel saat nonton bioskop, atau saat di jam pelajaran sekolah, atau jadwal rapat. Dengan menciptakan shortcut seperti ini, Anda bisa menghemat banyak waktu untuk melakukan satu hingga banyak hal hanya dengan satu langkah mudah.

Oh iya, untuk contoh di atas, Anda pun bisa membuat dua perintah yang terpisah. Semisal Landing saja, atau Take Off saja. Bahkan lebih sederhana karena tidak membutuhkan kolom scripting. Lalu Anda bisa mengaktifkan SIRI dari situ. Jadi saat kita sudah berada di dalam pesawat, Anda bisa bicara ke SIRI satu kata untuk mengaktifkan shortcut Take off, dan sebaliknya saat turun dari pesawat bisa mengembalikan setingan semula dengan shortcut Landing.

Tertarik untuk membuat Shortcut yang lebih kompleks? Atau mengalami kesulitan untuk membiat shortcut, silakan email ke redaksi@tabloidpulsa.co.id, lalu ketikkan kata ASKPULSA di judul email. Selamat mencoba!