pulsa-logo

SIPINDO, Aplikasi untuk Sejahterakan Petani


Deni Hardian

Jum'at, 12 Oktober 2018 • 14:13


Produk EwindoProduk Ewindo

EWINDO baru-baru ini telah meluncurkan fitur baru yang hadir pada SIPINDO. Aplikasi yang ditujukan untuk para petani, penyuluh, pedagang serta yang terlibat dalam dunia pertanian ini hadir memberikan solusi bagi semua ekosistem mulai dari hilir hingga hulu.

Ewindo yang merupakan produsen benih dengan merk dagang Panah merah ini, secara khusus menghadirkan aplikasi ini untuk meningkatkan kesejahteraan petani dengan cara memberikan edukasi secara langsung mulai dari informasi tentang cara tanam yang baik, teknik pemupukan, proses penyemaian hingga proses pemasaran produk pertanian yang dihasilkan.

Dikutip via panahmerah.co.id dalam keterangan persnya, Glenn Pardede mengatakan, “Kami bangga dapat meluncurkan aplikasi SIPINDO yang diharapkan dapat memudahkan para pemangku kepentingan di sektor pertanian hortikultura khususnya para petani. Peluncuran aplikasi ini sekaligus menjadi wujud semboyan kami yakni menjadi sahabat yang paling baik untuk petani.”

Hadirnya aplikasi Sipindo ini diharapkan mampu memberikan jawaban untuk membantu para petani dalam menyelesaikan masalah yang sering dihadapi. Fitur-fitur yang disajikan secara realtime dan akurat sehingga petani bisa langsung mengakses informasi yang dibutuhkan terkait profil petani di wilayah lain, harga dan tren permintaan komoditas di pasaran, tata cara penanganan hama dan penyakit tanaman, pola dan musim tanam, estimasi waktu panen dan perkiraan jumlah produksi, prakiraan iklim dan cuaca hingga forum jual beli hasil panen dari pedagang pasar tradisional hingga retail modern untuk mengantisipasi permainan harga oleh para tengkulak. Petani pun dapat mengetahui tingkat kesuburan tanah agar lebih hemat dalam menggunakan pupuk.

Lebih dalam mengenai SIPINDO, aplikasi ini hadir dengan beragam menu yang menarik yang bisa membantu petani dalam proses produksi produk pertanian. Apa saja, berikut ulasannya.

1. Artikel

Dalam kanal Artikel, SIPINDO memberikan beragam informasi terkini mengenai dunia pertanian Indonesia tak hanya itu, dalam menu ini SIPINDO juga memberikan beragam tips menarik untuk para pemula yang ingin menekuni dunia pertanian seperti menanam buah dalam pot, teknik menyemai buah, memberikan informasi bagaimana cara mempercantik rumah dengan tanaman hidroponik serta banyak informasi menarik lainnya.'


ArtikelArtikel

2. Urban Farming

Kanal ini sangat cocok untuk penggiat tani di perkotaan. Di dalam kanal ini, SIPINDO memberikan informasi mengenai cara memanfaatkan menanam tanaman hortikultura dilahan yang terbatas.

Urban FarmingUrban Farming

3. Cara Bertanam Yang Baik

Di kanal ini, secara spesifik SIPINDO memberikan tata cara menanam yang baik dengan memberikan informasi sesuai luas tanah yang ingin ditanami oleh petani, jenis pupuk yang diberikan hingga estimasi biaya yang harus dikeluarkan petani selama proses produksi.

Cara BertanamCara Bertanam

Tak hanya itu, dalam kanal ini juga disediakan informasi cara mengidentifikasi hama dan penyakit tanaman serta memberikan solusi yang cepat dan tepat untuk mengatasinya.

Menariknya lagi, di dalam kanal ini SIPINDO juga telah menyediakan penyuluh khusus yang bisa dihubungi untuk melakukan konsultasi secara langsung.

4. Rencana Penanaman

Di dalam kanal ini, SIPINDO secara langsung memberikan proses perencanaan untuk menanam tanaman hortikultura yang diinginkan.

Rencana PenanamanRencana Penanaman

5. Jual Beli Sayur

Pada kanal ini, para petani bisa secara langsung menjual hasil taninya secara langsung. Dalam kanal ini SIPINDO juga telah menyediakan pembeli potensial yang siap membeli produk petani secara langsung.

Jual Beli SayurJual Beli Sayur

6. Pemetaan Wilayah Penanaman

Di dalam kanal ini SIPINDO secara spesifik memberikan informasi terkait tanaman apa yang ditanam oleh petani berdasarkan wilayah. Tak hanya itu, informasi SIPINDO juga memberikan informasi luas lahan yang ditanam oleh petani di masing-masing daerah.

Pemetaan WilayahPemetaan Wilayah

Dengan beragam fitur menarik serta penambahan fitur baru yang dihadirkan oleh SIPINDO, tentunya bakal menjadi solusi yang dibutuhkan dalam mengatasi permasalah petani masa kini.