pulsa-logo

Transfer Data Ke PC Tanpa Kabel


Anwar Aburizal

Rabu, 17 Oktober 2018 • 17:03

xiaomi redmi 6, xiaomi, redmi 6


Xiaomi Redmi 6 (xiaomi)Xiaomi Redmi 6 (xiaomi)

Proses memindahkan atau transfer data dari ponsel ke PC ataupun sebaliknya tentu menjadi hal yang biasa dilakukan oleh pengguna ponsel yang kerap memaksimalkan fungsi smartphone seperti Anda. Kabel data biasanya menjadi pilihan utama untuk menjadi medium antara PC dan Ponsel. Pada Redmi 6, ada alternatif lain yang ditawarkan yakni melalui sambungan LAN (Local Area Network) maupun Wireless LAN (WiFi), sehingga Anda tak perlu lagi menunda untuk transfer data ketika kabel data Anda tertinggal di tempat lain, simak tips berikut ini.

1. Sebelum memanfaatkan fitur ini, Anda harus memastikan bahwa baik Redmi 6 Anda maupun PC yang akan digunakan terhubung pada jaringan LAN (Local Area Network) yang sama.

2. Fitur ini terintegrasi dalam aplikasi File Manager. Aplikasi ini sendiri merupakan aplikasi bawaan yang tersedia secara default pada MIUI.

3. Setelah membuka aplikasi File Manager, klik pada ikon berupa  3 garis horizontal di sudut kiri atas.



4. Klik pada Connect to computer.

5. Layar akan menampilkan jaringan yang terhubung dengan ponsel Anda melalui WiFi (WLAN). Klik Start.

6. Pada PC, buka Windows Explorer. Masukkan alamat ftp (file transfer protocol) yang tertampil pada area biru pada address bar.

7. Isi ponsel akan tertampil sebagaimana ketika dihubungkan ke PC melalui kabel data.

8. Anda bisa memindahkan data antara PC-Ponsel dengan metode Copy, Cut atau Paste seperti biasa.

9. Selain melalui Windows Explorer, Anda juga bis amengaksesnya menggunakan aplikasi browser seperti misalnya Chrome, Firefox, Opera atau lainnya. Caranya sama, cukup masukkan alamat ftp pada address bar.