pulsa-logo

Menjelajah File dengan Lebih Baik


Aldrin Symu

Jum'at, 19 Oktober 2018 • 00:45

cs file explorer


CX File Explorer (Google Play)CX File Explorer (Google Play)

Smartphone saat ini pastinya sudah dilengkapi dengan aplikasi sejenis ‘file explorer’ bawaan. Tujuannya untuk melihat isi folder atau mencari file yang dibutuhkan dengan lebih mudah. Namun sayangnya, sedikit sekali file explorer tersebut yang menyediakan fitur lengkap dan mudah. Lengkap dan mudah yang dimaksud adalah memiliki fitur yang tidak hanya terbatas menjelajah isi dari storage pada ponsel tetapi juga menyediakan fitur lintas akses atau lintas aplikasi serta memiliki user interface (UI) yang mudah dipahami.

Untuk itu, tersedia banyak pilihan alternatif di Google Play Store dan salah satunya adalah CX File Explorer. Aplikasi ini tidak hanya menyediakan fitur menjelajahi isi ponsel, namun juga mengkategorikan file yang ada, memudahkan berbagi dan memberi akses ke ‘cloud’ yang Anda miliki. Berikut tips penggunaannya.

Seperi biasa, setelah aplikasi diinstal, buka dan jalankan. Tampilan menu dari Cx File Explorer sangat mudah dimengerti dengan susunan menu dan icon yang jelas. Saat pertama kali digunakan, aplikasi membutuhkan waktu beberapa saat untuk menganalisa isi (storage) yang ada. Semakin besar storage yang Anda miliki, maka proses pembacaan membutuhkan waktu beberapa detik tambahan. Pada bagian atas akan terlihat lingkaran persentase dari storage utama (ROM) dengan pembagian kategori image, audio dan video. Sedangkan pada bagian bawah, aplikasi membagi 5 kategori yaitu main storage, SD card (bila ada), downloads, apps dan recycle bin.

Bila Anda membuka main storage, maka aplikasi akan menampilkan hasil analisa yang dilakukannya dan membagi kedalam 3 kategori besar yaitu main storage (menampilkan kategori images, videos, archieves, audio, documents dan others), large files (menginformasikan ukuran file yang besar) dan cache files (hasil analisa cache yang tersimpan).

Fitur pertama yang sangat penting adalah cache file. Pada umumnya aplikasi bawaan hanya menampilkan cache secara keseluruhan tanpa menjelaskan aplikasi mana yang memakan ruang dan berapa besarannya. Dengan aplikasi ini, akan terlihat cache mana yang memakan ruang temporary files dari setiap aplikasi. Temporary file ini yang biasanya tanpa diketahui menghabiskan ruang storage. Untuk menghapusnya cukup dengan memilih ‘clear’ dan melanjutkan dengan klik OKE.



Fitur kedua adalah melihat file mana yang memakan ruang tanpa disadari. Hampir tidak bisa dihindari, semua perangkat pasti menginstal aplikasi jejaring sosial yang biasanya melakukan sinkronisasi otomatis. Sinkronisasi otomatis ini membuat ponsel selalu terisi dengan file image (plus thumbnail), audio dan video yang besarannya tidak terlalu namun jumlahnya terus bertambah. Ini tentunya akan memberatkan ponsel. Dengan fitur ini, Anda dapat melihat file berukuran besar yang tersimpan lengkap dengan posisi foldernya. Anda tinggal memilih file yang dirasa memberatkan dan pilih ‘delete’.

Aplikasi ini juga membantu Anda untuk melihat aplikasi mana yang memakan ruang terbesar dan memasuki folder didalamnya untuk memastikan file apa yang membuatnya begitu memakan ruang. Anda bahkan dapat menampilkan file-file tersembunyi bila dibutuhkan.

Aplikasi ini juga membagi kategori berdasarkan local (storage local), library (berdasarkan jenis file) dan network (eksplorasi jaringan). Anda dapat melihat keseluruhan file berdasarkan images, audio, video, documents dan new file, baik itu yang berada di storage internal maupun eksternal. Hal ini memudahkan Anda yang sedang mencari file tertentu saja. Kesemua jenis file tersebut juga dapat dibuka dengan menggunakan aplikasi yang telah tertanam atau diinstal di ponsel.

Fitur menarik lainnya adalah ‘network’. Dengan aplikasi ini, Anda dapat menjelajah isi ponsel di browser PC atau laptop. Fitur ini merupakan ftp explorer yang menggunakan jalur network (disini menggunakan WiFi) yang sama. Anda dapat melakukan proses copy paste dan menu lainnya disini sama seperti dengan membuka langsung di ponsel. Caranya cukup dengan mengklik ‘access from PC’ (bisa memilih random port number untuk lebih amannya), dan klik ‘start service’. Untuk menghentikannya pilih ‘stop service’. Namun fitur ini bergantung pada kemampuan jaringan yang Anda gunakan.

Fitur yang menarik lainnya adalah cloud dan remote. Dengan mengklik tanda plus (+), Anda dapat mengakses cloud (seperti dropbox, google drive, onedrive atau box). Anda juga dapat mengakses ‘remote’ (seperti local network, ftp, ftps, sftp dan webdav). Pada pengujian ini adalah mengakses google drive. Anda dapat melihat semua file di cloud dan melakukan tindakan sesuai kebutuhan, apakah itu copy paste, move, rename, delete atau memainkannya langsung (bila file audio atau video). Anda juga dapat membagi file tersebut ke jejaring sosial atau email dengan mudah. Bahkan fitur ‘ftp’ memungkinkan Anda melakukan tindakan untuk akses ke cpanel atau server manapun dengan mudah sepanjang Anda mengetahui host, port, username dan password yang dibutuhkan.

Selamat mencoba.