pulsa-logo

Cara Menyembunyikan Aplikasi di Ponsel Asus


Hairuddin

Kamis, 01 November 2018 • 09:34

asus zenfone 5z


Fitur keamanan yang salah satunya menyediakan kemampuan untuk menyembunyikan aplikasi (Hide Apps), sepertinya sudah menjadi fitur standar di smartphone yang memiliki custom OS sendiri. Rata-rata, fitur proteksi ini terintegrasi dengan user interface.

Di perangkat Asus Zenfone series, ZenUI yang kini sudah mencapai versi 5 pun menawarkan fasilitas untuk bisa menyembunyikan aplikasi. Fitur ini tentu saja sangat berguna untuk melindungi perangkat dari tangan-tangan usil.

Persoalannya, masih banyak pengguna Asus Zenfone Series yang ternyata belum mengetahui cara menggunakan fitur Hide Apps ini loh.

Nah, untuk msih belum tahu, bisa menyimak tips berikut ini. Di tips ini, PULSA menggunakan Asus Zenfone 5z yang juga kami review dan bisa dilihat di rubrik review ponsel.

1. Langkah pertama, tekan dan tahan beberapa saat layar home screen untuk memunculkan opsi “Manage Home”.

2. Atau bisa juga masuk ke halaman utama dan buka App Drawer dan tap ikon tiga titik di pojok kanan atas.



3. Pilih Preference, dan di dalamnya Anda akan menjumpai beberapa opsi pengaturan lanjutan.

4. Pilih Hide Apps, dan tampilan berikutnya akan muncul daftar aplikasi yang ada di perangkat Asus.

5. Di tahap ini, Anda akan melihat ikon ‘mata’ di tiap aplikasi. Nah, untuk mulai menyembunyikan aplikasi-aplikasi tersebut dari daftar home screen, tinggal menon-aktifkan ikon mata tersebut.

6. Tap ikon mata hingga berubah warna menjadi biru dengan tanda garis sebagai indikator kalau aplikasi tersebut sudah tersembunyi.

7. Jika sudah menentukan aplikasi mana saja yang ingin disembunyikan, cukup tekan tombol Back. Di langkah ini, akan ada notifikasi bertuliskan “Changes saved”. Artinya, pengaturan untuk menyembunyikan aplikasi sudah tersimpan.

8. Jika sudah, aplikasi-aplikasi tersebut pun tidak tertampil lagi di home screen.

Demikian cara menyembunyikan aplikasi dari daftar menu utama smartphone Asus.

Selamat mencoba! Hairuddin Ali/@hairuddin_ali