pulsa-logo

Buat Video Pendek Lebih Atraktif


Aldrin Symu

Kamis, 01 November 2018 • 14:17

intro maker with music, video maker & video editor


Intro Maker With Music, Video Maker & Video Editor (Google Play)Intro Maker With Music, Video Maker & Video Editor (Google Play)

Begitu banyak media sosial yang menyediakan beragam komentar atau update status dengan format video. Melihat hal ini, beberapa ponsel tipe terbaru telah menyediakan aplikasi khusus untuk membuat video pendek pada fitur kamera. Namun buat Anda yang masih menggunakan ponsel tipe lama, jangan khawatir. Soalnya banyak pilihan untuk membuat video pendek dengan beberapa kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Salah satu aplikasi gratis untuk membuat video pendek yang dapat Anda gunakan adalah Intro Template. Sesuai namanya, pada hakekatnya aplikasi ini digunakan untuk membuat video intro (pembuka) buat Anda yang biasa membuat dan mengedit video di ponsel. Namun selain membuat video intro, aplikasi ini dapat juga diandalkan untuk membuat video pendek yang lebih atraktif. Fitur utama yang tersedia di aplikasi ini adalah membuat video pendek yang bersumber dari photo dan video pilihan (yang terdapat di folder) dengan penambahan iringan musik, teks, penggalan dan efek yang menarik. Berikut tips penggunaannya.

Saat pertama dijalankan, pilih ‘create new video’. Selanjutnya memilih sumber yang dijadikan video, apakah berasal dari image (photo) atau video (gallery). Aplikasi ini tidak menyediakan perekaman video langsung. Jadi Anda harus merekam terlebih dahulu atau mengambil video yang berasal dari aplikasi lainnya yang sudah didownload. Sebagai contoh, menggunakan file video, pilih video dimaksud dan beri centang.

Pada bawah layar akan terlihat 5 menu utama. Menu efek video merupakan menu paling kiri. Pada menu video ini, tersedia bermacam efek tampilan dari video yang dipilih yaitu grammy, action, boxed, lapse, slice, over, flick, raw, epic, dandy, tinted, type, dashing, mingle, tender, bold, radical, sharp, swell, serene, jolly dan sunny.

Untuk mengetahui masing-masing efek tersebut, setiap Anda pilih, maka video singkat dari efek tersebut dapat terlihat di layar. Bila sudah dirasakan pas, klik tanda panah bawah yang berada di pojok atas kanan layar.



Setelah selesai dengan efek video, Anda dapat menambahkan efek audio (menu kedua berupa icon tangga nada). Efek audio ini menyediakan Odesza, Kutz, John Berry, Heartspank, Morillo, Morillo (maker anthem), Leftover Salmon, Alexander Lewis, William RyanFritch, Trevor Duncan dan My Music. Anda juga dapat meniadakan suara audio dari video tersebut. My Music adalah file audio yang sedang diputar atau dijalankan oleh aplikasi audio player standar yang Anda gunakan. Sayangnya my music ini tidak menyediakan fitur memilih file audio secara bebas.

Bila pada tengah layar (icon pensil) di klik, maka Anda dapat mengedit video tersebut. Seperti kebanyakan aplikasi editing video, disini tersedia fitur penambahan teks, hilight (membuat lebih terang), trim (memotong di posisi tertentu), boost (memperbesar keluaran suara), speed meter (mempercepat video), layout (mengatur tampilan), rotate (memutar posisi video), speed (menambah kecepatan), crop (memotong), split (membelah video), dan remove (membuat video).

Sebagai contoh, penambahan teks dapat diletakkan pada frame mana saja. Teks ini akan berada di awal (sebelum video). Pada posisi ini, Anda masih dapat melakukan perubahan dengan merubah durasi bentuk tampilan (cinema), music start (menentukan awal audio diputar) dan filter (menambahkan efek lain).

Setelah selesai jangan lupa menyimpannya dengan mengklik tanda panah bawah yang berada di pojok kanan atas layar. Hasil editing ini masih dapat Anda rubah nantinya dengan fitur duplicate dan editing. Lakukan perubahan sesuai dengan keinginan juga mudah dilakukan. Anda dapat menambah efek atau mengedit hasil sebelumnya dengan mengklik tanda + (plus) yang berada di kanan dan kiri frame video.

Seperti biasa, setelah tersimpan, Anda dapat langsung mengirim file ke aplikasi lain (send file), berbagi (sharing) ke aplikasi media sosial yang ada pada ponsel Anda (share link), mengirim ke instagram stories (new instagram stories) atau menyimpan tanpa berbagi (save without sharing). File hasil pengolahan ini masih dapat diedit dengan memilih fitur ‘duplicate and edit’.

Atau Anda bisa memilih dengan mengklik tanda 3 titik yang berisikan menu send file (mengirim file), rename (mengganti nama) dan delete (menghapus file). Namun panjangnya video (durasi) disini tanpa batas sesuai dengan yang Anda buat. Jadi bila Anda mengirim ke aplikasi Whatsapp (misalnya) maka panjangnya (durasi) video tersebtu masih dapat terpotong.

Aplikasi ini tentu saja menyediakan fitur pengaturan yagn terkait kualitas video yang digunakan apakah ingin sekualitas HD, pro quality, 60 fps atau tidak. Anda juga dapat melihat berapa besar file download yang sudah disimpan aplikasi ini (file yang digunakan akan disimpan tersendiri di dalam aplikasi ini). Bila dibutuhkan, Anda dapat menghapusnya untuk menghemat ruang.

Demikian juga halnya dengan pembuatan video singkat yang brasal dari image. Anda cukup memilih beberapa image yang dikehendaki, edit dengan menambahkan efek atau audio tertentu dan simpan. Efek yang dipilih pada pembuatan video dari image terlihat lebih hidup karena teks yang ditambahkan dengan audio berfungsi secara penuh. Simpan dan lanjutkan dengan berbagi.

Aplikasi gratis ini tidak menyediakan versi pro dan memberikan Anda kebebasan untuk menggunakan semua fitur secara lengkap. Sayangnya, karena gratis, iklan yang muncul terasa agak mengganggu seperti halnya saat Anda menonton video YouTube saat ini yang setiap berapa menit muncul iklannya. But, no problem lah buat yang sudah terbiasa melihat iklan pop up. Selamat mencoba.