pulsa-logo

Tips Perencanaan Budget Liburan yang Lebih Hemat


Deni Hardian

Sabtu, 03 November 2018 • 12:55

liburan,traveloka,pantai,hutan,gadget,aplikasi,tiket pesawat,tiket kereta,paket liburan,pulsa,tabloidpulsa


Ilustrasi Liburan (Istimewa)Ilustrasi Liburan (Istimewa)

Waktu mau traveling, satu hal yang biasanya selalu jadi masalah itu budget. Tak jarang loh orang yang batal pergi karena uang liburannya kepakai dulu buat keperluan lain. Supaya ini tidak kejadian pada Anda, selalu buat perencanaan sematang-matangnya untuk liburan.

Namun, Anda juga harus ingat, perencanaan keuangan ini bukan cuma buat liburan doang. Anda harus memikirkan juga aktivitas sehari-hari dan semua hal yang akan dilakukan di destinasi liburan. Nah, simak beberapa tips untuk Anda mengatur keuangan supaya bisa liburan ke tempat idaman.

Buat Hitung-hitungan Kasar dari Total Perjalanan

Bukan hanya supaya Anda tahu besaran dari pengeluaran yang harus disiapkan. Membuat perhitungan kasar juga bisa menambah semangat Anda untuk menyisikan sebagian uang untuk liburan. Saat tahu berapa yang harus disiapkan, Anda jadi punya rasa was-was dalam diri dan rasa selalu ingin menabung untuk itu.

Buat juga beberapa draft perencanaan dengan perbandingan harganya. Misalnya, Anda membuat pilihan perjalanan dengan direct flight dan transit flight. Memilih hotel yang tepat juga bisa menghemat pengeluaran harian Anda di lokasi tujuan nanti.

Pakai Trik Amplop dan Pecahan Rp20 Ribuan

Era modern sekarang penyimpanan uang di bank selalu jadi andalan. Selain aman, Anda juga bisa memisahkan tabungan tersebut dari rekening utama. Sayangnya, hal tersebut tidak selamanya berhasil. Ada aja yang buat Anda akhirnya menggunakan uang tersebut.


Ada baiknya Anda mencoba cara lawas dengan mengunakan amplop. Anda bisa memulai memisahkan uang-uang sesuai kebutuhan dan untuk digunakan kala liburan. Bedanya, yang dimasukkan untuk liburan khusus pecahan Rp20 ribuan saja.

Bisa dibilang, pecahan Rp20 ribuan termasuk jumlah yang besar, tapi Anda mungkin sudah sulit menemukan ATM yang menyediakan pecahan ini. Saat Anda menerima uang kembalian dengan pecahan Rp20 ribu, langsung pisahkan di amplop.

Memangkas Pengeluaran Bulanan

Bukan artinya Anda harus mengencangkan ikat pinggang yang berlebihan. Cukup atur ulang pengeluaran bulanan sehingga Anda tahu pengeluaran mana yang bisa dihilangkan. Ambil contoh, dibanding Anda harus mengeluarkan uang banyak untuk TV berbayar, ada baiknya mulai beralih ke layanan streaming yang menawarkan harga bulanan yang lebih terjangkau.

Anda juga bisa memangkas sebagian uang untuk minum-minum kopi di café dengan membuat kopi sendiri di rumah atau kantor. Satu hal yang bisa kamu lakukan adalah menyelesaikan membership gym dan berolahraga sendiri. Hasil yang akan Anda dapatkan bisa tetap sama. Malah, uang Anda bisa lebih aman.

Ingat, ini bukan menghilangkan sama sekali. Anda hanya melakukan alternatif pengeluarannya saja. Jadi, pengeluaran bulanan yang Anda lakukan bisa lebih hemat dan pengeluaran tersebut bisa Anda alokasikan buat biaya liburan.

Memanfaatkan Promo

Tidak salah berburu tiket pesawat murah atau potongan harga hotel untuk mengurangi budget perjalanan Anda. Namun, untuk tahu banyak promo, Anda harus rajin memantau beberapa beberapa sumber informasi, mulai dari televisi, radio, hingga media sosial.

Bukan hanya promo diskon atau cashback, kamu juga bisa mendapatkan fasilitas kemudahan sistem pembayaran, seperti cicilan tanpa kartu kredit, seperti yang dimiliki oleh Traveloka. Anda bisa memanfaatkan fasilitas layanan PayLater yang memudahkan Anda melakukan pembayaran satu bulan setelahya atau melakukan cicilan selama 2—12 bulan. Layanan PayLater ini pun buat Anda bisa mem-booking paket perjalanan hingga Rp10.000.000 hanya dalam waktu satu jam kerja.

Fitur PayLater menawarkan biaya cicilan yang rendah dan tanpa annual fee untuk setiap tagihan. Selain itu, Anda juga tidak perlu membayar down payment untuk setiap transaksi. Jadi, tunggu apa lagi, segera pesan tiket dan hotel untuk liburan di Traveloka!

 

    2018-11-15 14:48:15


    Ini Harga Baru Nubia Red Magic