pulsa-logo

Sembunyikan File Pribadi Dengan Enkripsi


Anwar Aburizal

Selasa, 13 November 2018 • 14:28

honor 8x, honor


Honor 8X (honor)Honor 8X (honor)

Bagi mayoritas orang terutama kalangan milenial, ponsel telah menjadi perangkat yang mendukung setiap sektor dari kehidupannya, tidak hanya dalam urusan interaksi sosial maupun yang berkaitan dengan produktivitas bahkan hal yang bersifat pribadi sekalipun.

Tak heran jika ponsel menjadi perangkat yang sangat personal karena menyimpan sejumlah “rahasia pribadi” sang pemilik.

Meski demikian, ada kalanya seseorang harus membiarkan ponselnya diakses oleh orang lain, seperti misalnya saat meminjamkan ponsel pada teman yang membutuhkan di situasi tertentu. Hal tersebut tentu berpotensi pada resiko pelanggaran privasi pemilik, sebab file “pribadi” juga akan rentan diakses tanpa izin.

Beruntung pada Honor 8X tersedia sebuah fitur bawaan, yang memungkinkan pengguna untuk menyembunyikan file pribadi berupa foto, video, atau audio dan menguncinya dengan menggunakan password. Berikut caranya:

1. Fitur bernama file safe ini tersimpan pada menu settings> security & privacy> file safe.

2. Ketika pertama kali digunakan, pengguna akan diminta untuk menentukan directory penyimpan (memori eksternal maupun internal).


3. Setelah itu pengguna akan diminta menentukan password yang akan digunakan untuk akses menuju directory yang menyimpan file yang “disembunyikan”.

4. Pengguna juga akan diminta untuk membuat security question, yaitu sebuah pertanyaan yang jawabannya hanya diketahui oleh pengguna sendiri. Pertanyaan ini akan muncul ketika pengguna lupa akan password yang sudah dibuat.

5. Berikutnya pengguna akan dimintai persetujuan untuk menghubungkan file safe dengan data sidik jari yang tersimpan dalam ponsel untuk akses yang lebih cepat dan mudah, serta menghubungkan data file safe dengan akun Huawei ID agar tersinkronisasi dengan perangkat Honor atau Huawei lain yang dimiliki oleh pengguna.

6. Berikutnya pengguna akan disajikan interface utama fitur file safe. Klik Add di area bawah untuk menambahkan file yang ingin “disembunyikan”. File dapat berupa gambar, audio, video, maupun jenis file lainnya.

7. Untuk melakukan pengaturan lain seperti misalnya mengubah password, security question, ataupun akun Huawei ID yang terhubung, klik pada Settings.

8. Pengguna juga bisa menghapus directory file safe lewat menu settings ini dengan cara klik pada Destroy Safe. Ketika memutuskan menghapus directory file safe, pengguna diberikan pilihan untuk menghapus seluruh file yang tersimpan didalamnya atau memindahkannya ke tempat lain.

    2018-12-13 17:57:02


    Sekilas Tentang Honor 8X

    2018-12-12 14:37:20


    PULSA EDITORS' CHOICE 2018