pulsa-logo

Menjadikan Huawei P20 Pro Sebagai Remote Control Elektronik


Hairuddin

Selasa, 13 November 2018 • 17:11

Huawei P20 Pro, remote control


Huawei P20 Pro (Huawei)Huawei P20 Pro (Huawei)

Selain unggul di sektor kamera yang sempat menduduki posisi jawara di DxOMark, ternyata Huawei P20 Pro juga dibekali beberapa fitur keren yang bisa jadi untuk sebagian kalangan luput dari perhatian. Kira-kira, apa sih fitur unik itu?

Untuk pemilik P20 Pro, jika memperhatikan sisi atas sebelah kiri perangkat, Anda akan menemukan panel berupa titik berwarna hitam. Ya, ini merupakan sensor Infrared.

Tidak seperti modul Infrared jadul yang berfungsi untuk transfer file menggunakan dongle khusus, Infrared di Huawei P20 Pro ini diposisikan sebagai remote control untuk menghidupkan/mematikan perangkat elektronik rumah tangga. Bisa untuk mengontrol pesawat televisi, AC (Air Condition), DVD Player, Set-top box dan sebagainya.

Serunya, cukup dengan satu perangkat yakni smartphone Huawei P20 Pro saja, Anda bisa mengatur semua perangkat elektronik rumah tangga tersebut dengan mudah. Tidak perlu menggonta-ganti remote control.

Buat yang penasaran gimana cara memanfaatkan dan menggunakan fugsi remote control di Huawei P20 Pro, bisa menyimak tips berikut.

1. Langkah pertama, masuk ke homescreen dan cari folder “Tools”.



2. Di dalamnya, Anda menemukan beberapa launcher aplikasi. Pilih ‘Smart Remote’.

3. Tap ‘Enter’ untuk masuk daan melakukan pengaturan.

4. Di tampilan berikutnya, tap tanda plus (+) untuk mulai menambahkan remote control.

5. Pilih perangkat yang diinginkan. Di tips ini, PULSA memilih TV.

6. Langkah selanjutnya, tentukan merek dari perangkat tersebut.

7. Berikutnya, lakukan beberapa percobaan untuk mengkonfirmasi kalau opsi remote control berfungsi. Diantaranya dengan mencoba mematikan perangkat. Jika saat dicoba mematikan berhasil, itu tandanya opsi pengaturan frekuensi remote control cocok dan sesuai dengan perangkat. Tap ‘Yes’ untuk menyimpan pengaturan tersebut.

8. Anda juga akan diminta melakukan pengetesan fungsi lain. Jika berhasil, tap ‘Yes’ kembali.

9. Terakhir, ketikkan nama remote control tersebut sesuai perangkat. Fungsinya, untuk memudahkan Anda memilih remote control saat dibutuhkan. Tap ‘OK’.

10. Anda pun sudah siap menggunakan remote control tersebut sesuai kebutuhan. Interface remote control akan tertampil sesuai dengan model konvensional.

Hampir sebagian besar perangkat elektronik rumah tangga, baik merek Cina maupun global, bisa dikontrol menggunakan Infrared di Huawei P20 Pro ini loh.

Selamat mencoba! (Hairuddin Ali/@hairuddin_ali)

    2018-10-15 19:48:21


    Menebak Tren Smartphone 2019