pulsa-logo

Seabreg Fitur Terkini Untuk Olah Foto dan Video


Aldrin Symu

Kamis, 15 November 2018 • 18:26

photogrid, video editor, photo editor, editor foto, tips, videogrid, instagram,


PhotoGrid (Google Play)PhotoGrid (Google Play)

Masih bingung cari aplikasi ringan untuk olah foto dan video? Gak perlu repot, gak mesti aplikasi baru. Dari sekian banyak aplikasi gratis pengolah foto dan video, ternyata bnyak sekali aplikasi lawas namun sudah upgrade dengan fitur terkini. Salah satunya adalah PhotoGrid. Aplikasi yang pertama kali muncul tahun 2011 ini telah mengalami beberapa perbaikan versi dengan penambahan fitur yang menyesuaikan kebutuhan penggunanya.

PhotoGrid merupakan aplikasi editor foto dan pembuat video gratis yang wajib dimiliki para penggemar fotografi dan pengguna Instagram! Dilengkapi fitur-fitur canggih seperti meme, pembuat GIF, kolase video, kolase foto, buku tempel, efek kamera, instasize untuk Instagram, potong foto, filter wajah AR, stiker, gunting foto, latar belakang, template, jenis huruf, slideshow, pengaburan, permak, pola, dan banyak lagi! Bahkan Anda dapat mempercantik foto hanya dalam beberapa detik saja. Gak percaya? Berikut tips penggunaannya.

Tampil dalam format yang lebih segar dengan empat kotak utama di halaman depan, aplikasi ini menampilkan fitur kolase dalam format kotak-kotak, membuat slide show, fitur mengubah hasil editan dan menikmati fitur premium yang berbayar. Untuk Anda yang pertama menggunakannya, sebaiknya membuka fitur pengaturan dan lakukan pengubahan sesuai kebutuhan.

Bila dana Anda cukup dan sudah merasakan kemudahannya, Anda dapat beralih ke paket premium dengan biaya bulanan yang dipotong dari pulsa operator yang Anda miliki. Bila belum tertarik, jangan khawatir, seabreg fitur dapat Anda nikmati tanpa masalah. Bila Anda memiliki storage internal yang sedikit, pastikan pengaturan jalur penyimpanan diatur di kartu memori. Selain itu, notifikasi tetap diaktifkan agar selalu mendapat info terkini.

Namun pada pengaturan ini, hal utama yang perlu diperhatikan adalah besaran ukuran gambar yang ingin digunakan. Ukuran gambar ini tersedia dalam format 720, 1024, 1080, 1660, 1920 dan 2048. Hasil editing dapat diatur juga apakah ingin menjadi format jpg atau png. Untuk slide show yang dihasilkan, Anda dapat memilih ukuran tinggi, sedang atau rendah. Bila Anda tidak melakukan pengubahan pengaturan, maka format default yang digunakan adalah format terendah.


Standar kualitas VideoGrid default 720 sebenarnya sudah mencukupi untuk pengguna Instagram atau media sosial lainnya. Akun media sosial yang ingin dijadikan sasaran sharing sebaiknya telah diaktifkan agar Anda tidak repot membuka tujuan sharing. Setelah melakukan pengubahan tersebut, boleh lah kalau mau membuka-buka sedikit fitur yang tersedia di ‘lebih banyak alat’ yang terdiri dari buku tempel, poster, kartu 3D, gaya, meme dan strip filem.

Anda dapat membuat kisi video dengan memasukkan sampai 4 video, atau jika Anda suka memadukan foto dan video, Anda dapat memasukkan total 9 foto dan video secara acak untuk membuat kolase dengan keduanya. Anda dapat membuat sendiri kisi video yang keren dengan 300+ tata letak, 80+ latar belakang, dan 10 jenis bingkai. Anda juga dapat memanfaatkan fungsi pembuat slideshow yang memungkinkan Anda untuk menciptakan slideshow dengan maksimal 50 gambar. Buat video musik dan tambahkan bermacam-macam filter.

Tersedia filter wajah dengan kamera selfie real-time dan perekaman video. Dengan fitur WowCam (filter kecantikan wajah AR) akan memperindah foto. Jangan lupa, aplikasi ini menyediakan 300 lebih template kolase yang berbeda-beda. Kustomisasikan template sesuai kebutuhan. Bedakan yang untuk Instagram ataukah untuk Facebook. Sebagai contoh, gabungan video dan foto yang Anda satukan dapat dikombinasikan dengan beragam new stiker, new frame, new meme, new kolase atau new grid. Jangan khawatir salah, bila Anda sudah sampai pada tahapan ‘lanjut’, Anda dapat kembali dengan mengklik panah kembali.

Ada baiknya Anda mencoba satu persatu fitur yang tersedia mulai dari memilih tata letak, mengatur rasio, menambahkan beberapa stiker, menambah teks, mengatur batas, memilih filter yang pantas, mengatur kecerahan, menambah latar, gambar atau menciptakan cap air. Bila ternyata ada yang tidak pas, cukup dipilih yang tidak pas tersebut dan buang atau ubah kembali ke default.

Bila telah selesai, simpan dalam format yang telah diatur sebelumnya. Namun bila Anda ingin merubah, misalnya lokasi penyimpanan, Anda dapat melakukannya disini.

Demikian juga halnya dalam pembuatan slideshow. Hanya saja pada slideshow, Anda dapat menambahkan MV (musik video), musik dengan bermacam genre yang tersedia, mengatur waktu atau durasi, mengatur bentuk transisi, melakukan pengubahan mendasar, memilih filter, melakukan pengaburan image, memilih latar belakang, memberikan batas dan tanda pengenal.

Sebenarnya terlalu banyak yang bisa Anda eksplorasi untuk optimalisasi. Sebagai contoh, untuk filter tersedia filter cinema, black & white, bluebelly, rekam, taffy, kecantikan, pink, pemandangan dan lingkaran. Masing-masing filter ini memberi efek yang tentunya harus disesuaikan dengan image atau video yang Anda tempatkan. Selain itu masih ada mode atau efek orisinal, tipsy, young, bright, twilight, speed, dense, magic dan golden yang harus dicoba perbedaannya.

Dalam memilih bagian yang hendak diedit, Anda dapat melakukan, slide ke kanan atau ke kiri untuk perbesar dan memperkecil, tarik dan lepaskan untuk mengubah ukuran, ketuk tombol tukar untuk menukar foto. Terakhir jangan lupa menyimpannya.

Semoga bermanfaat.