pulsa-logo

Jajal Super Night Mode di Huawei Nova 3i


Ahmad S.

Rabu, 28 November 2018 • 19:20

huawei nova 3i


Huawei Nova 3iHuawei Nova 3i

Seperti yang telah kita ketahui, sejak tanggal 1 November 2018 Huawei telah meluncurkan update terbaru untuk Huawei Nova 3i dengan EMUI build number INE-LX2 8.2.0.131 (C636) menggantikan build INE-LX2 8.2.124. Sesuai dengan rilis info yang sebelumnya kami terima, bahwasannya update terbaru ini membawa sebuah peningkatan di sisi kamera, yakni kemampuan Super Night Mode. Saat membaca tulisan ini, pemilik Nova 3i sudah bisa melakukan update melalui OTA (over-the-Air).

Produk Huawei Nova 3i dirilis secara resmi di Indonesia sejak tanggal 31 Juli 2018. Memiliki gen Huawei dengan desain full view display dan kamera ganda di depan dan belakang, kehadiran fitur Super Night Mode yang selama ini hanya ditemukan di produk-produk Huawei kelas atas makin mengukuhkan posisi Huawei Nova 3i sebagai produk menengah dengan fitur premium.

Perbedaan dengan Fitur Night Mode Sebelumnya

Sebelum update terakhir, Huawei Nova 3i juga telah memiliki fitur Night mode. Hanya saja, fitur Night mode sekarang disebut-sebut sudah setara dengan Super Night Mode yang ada di Huawei P20 Pro. Fitur yang bisa juga disebut dengan Handheld Night Mode ini memungkinkan kita untuk mengambil gambar dalam kondisi low light tanpa alat bantu tripod. Dengan kata lain, kita bisa melakukan foto slow shutter dengan memegang ponsel di tangan.


Dengan bantuan AI, sistem akan menentukan nilai shutter speed dan ISO secara otomatis sesuai kebutuhan kondisi pencahayaan saat pengambilan gambar. Sambil berjalan, AI pun akan membantu melakukan stabilisasi gambar dengan Artificial Image Stabilizer atau AIS, mengambil algoritma tertentu dari sekian banyak gambar yang diambil lensa, mengoptimalkan pencahayaan dan disatukan kembali menjadi gambar utuh yang telah disempurnakan.

Tips Penggunaan

Sebelum mencoba fitur anyar ini, pastikan Anda sudah mengupdate Nova 3i dengan software EMUI teranyar 8.2.0.131 dengan besaran file sekitar 700 MB. Setelah berhasil melakukan update, Anda bisa mencobanya lewat fitur kamera.

1. Buka fitur kamera, geser ke kanan sampai pilihan MORE.

2. Pilih option NIGHT.

3. Kita bisa melihat ada dua parameter di sini, yakni Shutter Speed dan ISO yang secara default diset AUTO.

4. Dengan setingan seperti ini, kita sudah bisa mendapatkan hasil maksimal, sesuai kondisi saat foto diambil.

5. Kalau Anda kurang puas, Anda bisa mengatur parameter tersbut secara manual dengan menekan ikon dan menggesernya ke kanan dan ke kiri.

6. Ambil foto dengan seminimal mungkin melakukan gerakan.

Contoh Hasil Foto:

Tanpa NightmodeTanpa Nightmode

Dengan NightmodeDengan Nightmode

Tanpa NightmodeTanpa Nightmode

Dengan NightmodeDengan Nightmode

Tanpa NightmodeTanpa Nightmode

Dengan NightmodeDengan Nightmode

Tanpa NightmodeTanpa Nightmode

Dengan NightmodeDengan Nightmode

Dari keempat scene dan delapan foto yang ada di atas, kita bisa melihat bahwa dalam kondisi pencahayaan yang minim, mode Handheld Mode mampu meningkatkan kualitas hasil tangkap kamera ke level yang lebih dapat dinikmati.

Ketajaman gambar menjadi hal pertama yang bisa kita raih saat mengaktifkan Night Mode. Hal ini berbanding terbalik dengan foto tanpa Night Mode yang cenderung terkesan lembut di beberapa titik, terutama pada perbedaan-perbedaan warna yang kontras.

Kemudian juga terlihat cahaya yang menjadi lebih merata dan ditangkap lebih baik oleh sensor. Beberapa bagian, semisal awan pada langit malam di background foto tertampil lebih jelas ketimbang tanpa mengaktifkan Night Mode.

Hal berikutnya yang mencolok adalah warna. Dengan Night Mode, warna seakan menyeruak keluar dan menghasilkan saturasi yang lebih tinggi ketimbang foto tanpa Night Mode. Namun alih-alih membuatnya jadi terlihat terlalu ‘ngejreng’ warna yang dihasilkan akan tertampil seperti warna asli obyek foto. Menariknya semua ini bisa kita dapatkan dengan memotret langsung tanpa bantuan tripod.

Bagaimana? Sudah tidak ragu lagi untuk mengupdate Nova 3i Anda, bukan? Karena fitur Super Night mode alias Handheld Night Mode kini akan lebih mudah digunakan dan menghasilkan gambar low light yang lebih menarik. (USI)