pulsa-logo

Siasati Keterbatasan Ruang di Advan S50 4G


Aldrin Symu

Kamis, 29 November 2018 • 16:25

advan s50 4g, files, files by google, tips trik


Files by Google (Google Play)Files by Google (Google Play)

Harga sebuah smartphone semakin murah. Dengan budget tidak sampai Rp700ribu, Anda bisa memiliki smartphone. Salah satunya adalah Advan S50 4G. Dengan kapasitas storage internal yang hanya 8GB, setelah dikurangi sistem, Anda hanya memiliki kurang lebih 3GB yang tersisa. Meskipun mendukung USB OTG, namun biasanya setelah beberapa lama pemakaian, internal storage akan semakin kritis.

Alhasil, jauh hari Anda harus sudah mempersiapkan solusi untuk mengatasinya. Dengan OS Android GO yang cukup ringan, sebenarnya ada beberapa solusi yang tersedia untuk menghindari penuhnya storage tanpa disadari. Berikut tips untuk menyiasati hal tersebut.

Pertama, Anda bisa memanfaatkan aplikasi ‘Files’. Aplikasi ini pada dasarnya menyerupai ‘file manager’ atau ‘file explorer’, hanya saja menyediakan fitur yang lebih lengkap. Bila sebagai file manager, Anda dapat melihat aplikasi ini langsung mengkategorikan file yang ada pada storage menjadi download, gambar, video, audio, dokumen & lainnya dan aplikasi. Berkas atau file terbaru akan terlihat di atas kategori. Di fitur ini Anda dapat juga melakukan pencarian file secara langsung.

Setelah fitur ‘cari’, Anda dapat memanfaatkan fitur ‘bersihkan’. Fitur ini sangat penting untuk membersihkan storage dan membuat kapasitas internal menjadi lega. Didalamnya terdapat menu membersihkan file sampah. Anda cukup membuka menu tersebut dan aplikasi akan mengarahkan dan menampilkan file sampah sisa dari file sistem dan aplikasi yang masih menyangkut. Klik saja semua item dan pilih ‘hapus’ dan storage menjadi lebih lega.



Fitur selanjutnya adalah ‘file duplikat’. Aplikasi ini mampu menampilkan file duplikat yang tersimpan di storage. Jangan khawatir saat menghapus file duplikat ini sebab aplikasi akan menyisakan satu salinan file. Dan storage menjadi semakin lega.

Fitur selanjutnya adalah ‘file besar’. Aplikasi akan menampilkan file berukuran besar yang menurut aplikasi sebaiknya Anda buang. File ini bisa saja berupa file apk, video, thumbnail atau file lainnya yang dianggap tidak perlu. Anda tinggal mencek satu persatu mana yang tidak Anda inginkan atau menghapus semuanya. Dan storage akan semakin lega.

Apabila aplikasi sudah tidak menemukan file yang perlu untuk dibersihkan, maka tampilan kartu yang kosong atau tidak ada pemberitahuan yang terlihat di layar.

Namun bila Anda teringat ada file yang tidak terdeteksi aplikasi dan Anda ingin menghapusnya secara manual, Anda masih dapat melakukan penjelajahan folder yang ada dan menghapusnya satu persatu. Baik itu yang berupa file multimedia maupun image.

Cara membuat lega storage lainnya yang dapat Anda gunakan adalah mengirimkan file tersebut ke lokasi yang lain atau perangkat yang lain. aplikasi ini menyediakan transfer file ke sesama aplikasi, via bluetooth, via message atau via email.

Berbagi ke perangkat lain via aplikasi ini dapat Anda lakukan tanpa adanya internet (via bluetooth). Caranya dengan memberi nama pada perangkat Anda dan mencari perangkat lain yang menggunakan aplikasi yang sama. Pada aplikasi ini Anda dapat memilih opsi ‘kirim’ atau ‘terima’.

Meskipun ponsel kelas low entry atau pemula, namun Advan S50 4G mendukung kemampuan USB OTG. Artinya Anda masih dapat memanfaatkan flashdisk eksternal. Hanya saja, pada aplikasi ini storage eksternal tidak akan terlihat sebelum Anda mengaktifkannya. Caranya, buka menu pada tiga titik di pojok kanan atas dan pilih opsi ‘tampilkan perangkat penyimpanan’. Setelah terlihat, Anda dapat melakukan copy pasti, hapus, pindahkan atau salin file.

Trik terakhir untuk membuat lega storage adalah dengan memanfaatkan aplikasi ‘Google Foto’. Hampir semua orang suka dan sering melakukan pemotretan. Alhasil, file image yang biasanya membuat storage kehilangan kemampuan karena terus bertambahnya foto. Untuk itu, Google menyediakan aplikasi google foto dan memungkinkan Anda untuk langsung membackup hasil foto tersebut tanpa Anda sadari. Tentunya ini sangat membantu buat Anda yang khawatir tanpa sengaja menghapus file foto penting. Aplikasi ini juga mampu berjalan di latar belakang dan memberikan pemberitahuan apakah file asli yang berada di ponsel ingin dibuang setelah backup di cloud selesai. Anda juga dapat mengatur proses backup, apakah dilakukan hanya saat proses charging dilakukan atau hanya menggunakan konektivitas WiFi saja. Artinya backup akan terjadi bila tersambung WiFi dan sedang di charge.

Semoga bermanfaat.