pulsa-logo

Atasi Ketagihan MedSos Dengan Mudah


Aldrin Symu

Kamis, 13 Desember 2018 • 17:41

antisocial, tops & trik


AntiSocial (antisocial.io)AntiSocial (antisocial.io)

Anda sudah ketagihan media sosial sehingga banyak waktu penting yang terbuang percuma? Atau Anda ingin mengurangi secara perlahan waktu akses di media sosial alias ingin bertobat? Mungkin salah satu solusi adalah dengan menggunakan AntiSocial. Aplikasi ini juga dapat membantu Anda secara perlahan untuk mengerem kegiatan di media sosial dengan pengaturan yang mudah dikustomisasi. Berikut tips penggunaanya.

Seperti biasa, aplikasi gratis ini dapat didownload di Play Store. Saat pertama dibuka, Anda akan digiring dengan teknis cara penggunaan. Perhatikan dengan seksama tuntunan tersebut. Setelah itu Anda akan diminta untuk memberikan akses penggunaan terkait aplikasi ini yang nantinya akan membaca dan memonitor ataupun mampu menghentikan pemakaian aplikasi media sosial yang Anda batasi.

Caranya mudah, aplikasi akan menggiring Anda untuk masuk ke akses penggunaan, beri centang atau izin aplikasi. Bila sudah, maka saat Anda keluar dari izin akses tersebut, akan terlihat bahwa aplikasi AntiSocial dalam kondisi ‘aktif’.

Selanjutnya, untuk mendapatkan perbandingan yang akurat (di dalam aplikasi akan tersedia fitur perbandingan pemakaian berdasarkan umur), Anda akan diminta memberikan informasi terkait jenis kelamin dan rentang umur. Sebaiknya diisi dengan jujur demi keakuratan data.



Bila Anda menemui kesulitan dalam pemakaian, Anda dapat memanfaatkan fitur ‘help’ dengan icon tanda tanya. Halaman depan aplikasi berisikan statistik utama (main stats) dengan tips tampilan depan atas. Di bawahnya akan terlihat nilai atau skor aktifitas Anda. Aktifitas ini merupakan rangkuman dengan tabel pemakaian dibawahnya.

Data akan ditampilkan dalam bentuk berapa menit per hari yang Anda gunakan dan disandingkan dengan berapa menit per hari yang dihabiskan orang lain secara rata-rata. Anda juga dapat melihat laporan aktifitas ini dalam bentuk chart hari ini, kemarin, 7 hari terakhir atau 30 hari terakhir. Di dalamnya juga akan terlihat aplikasi yang digunakan.

Aplikasi ini secara otomatis memasukkan aplikasi yang telah diinstal di dalam ponsel Anda ke dalam 2 kategori yaitu aplikasi media sosial dan aplikasi lainnya. Artinya, bila ada aplikasi diluar aplikasi media sosial yang juga menghabiskan banyak waktu Anda, maka aplikasi ini dapat ditempatkan sebagai aplikasi yang nantinya dibatasi. Anda dapat memilih apakah ingin memblok aplikasi tersebut atau tidak. Block yang dimaksud disini bukanlah Anda tidak dapat membuka aplikasinya sama sekali tetapi mengatur sesuai dengan kustomisasi yang nantinya Anda atur di fitur ‘blocking mode’.

Masuk kedalam fitur ‘blocking mode’, Anda dapat mengatur batasan pemakaiannya. Sebagai contoh, Anda dapat mengatur berdasarkan jam dan menit pemakaian perhari.

Bila Anda mengatur dengan jadwal tertentu atau skedul, Anda dapat mengatur pada hari dan jam tertentu. Pengaturan ini juga membaginya kedalam kategori blocked dan accessed. Jangan lupa untuk menyimpan (save) setelah pengaturan dilakukan.

Dengan mengatur batasan pemakaian atau penggunaan aplikasi sosial media tersebut, tentunya Anda akan dipaksa untuk membatasi akses. Nah, bila Anda ingin mengubahnya, aplikasi ini menyediakan settings (pengaturan). Pengaturan ini menyertakan PIN yang nantinya dikirmkan ke alamat email yang Anda sertakan pada proses pertama registrasi. Jadi, pastikan email yang disertakan adalah email aktif yang Anda gunakan.

Intinya, aplikasi ini menyediakan 4 fitur utama yaitu main stats (statistik utama), charts (tabel), blacklist (daftar blokir), dan blocking mode (mode blokir). Jadi Anda akan dengan mudah memanfaatkan aplikasi ini dengan mengatur waktu pemakaian media sosial dengan lebih bijak. Sekedar saran, Anda sebaiknya mengatur pengurangan atau pembatasan dengan cara bertahap.

Semoga bermanfaat.