pulsa-logo

Cara Gampang Baca Pesan WhatsApp yang Dihapus


Hairuddin

Kamis, 13 Desember 2018 • 20:58

WhatsApp, Baca WhatsApp, WhatsApp yang Dihapus, Delete WhatsApp Chat, Recent Notification, Aplikasi Recent Notification


WhatsApp yang Dihapus (Foto: WhatsApp)WhatsApp yang Dihapus (Foto: WhatsApp)

Penasaran gak sih ketika lagi asik-asiknya WhatsApp-an, ternyata ada pesan (chat) yang dihapus sama lawan ngobrol? Kalau pesannya dari teman biasa sih mungkin tidak terlalu masalah, nah kalau pesan yang dihapus itu dari pacar gimana, pasti bikin kepo bukan!

Kemampuan untuk menghapus (delete) pesan yang sudah terkirim di pesan WhatsApp memang sudah sejak akhir 2017 lalu tersedia. Fitur yang sebelumnya disebut Unsend atau Recall ini punya dua opsi, yakni Delete for me dan Delete for everyone.

Nah yang biasanya dipakai untuk menghapus pesaan terkirim adalah Delete for everyone. Di sini, baik si pengirim pesan maupun penerima pesan sama-sama tidak lagi bisa melihat pesan chat yang sudah dihapus.

Namun, untuk bisa melihat kembali pesan yang dihapus tersebut, sebenarnya ada caranya loh. Caranya juga cukup mudah.

Pertama, Anda harus mengunduh (download) dan menginstal aplikasi bernama Recent Notification dari Google Play Store.

Membaca WhatsApp yang DihapusMembaca WhatsApp yang Dihapus

Setelah aplikasi tersebut terinstal, biasanya akan ada pemberitahuan untuk mengaktifkan atau mengijinkan akses notifikasi dari sistem ponsel. Proses ini perlu dilakukan supaya aplikasi bisa berjalan dengan lancar untuk membaca setiap notifikasi yang masuk ke smartphone.


Namun jika notifikasi tersebut tidak muncul, Anda bisa melakukan pengaturan secara manual. Masuk ke pengaturan smartphone > Additional settings > Privacy > Notification access.

Membaca WhatsApp yang DihapusMembaca WhatsApp yang Dihapus

Selanjutnya, aktifkan toggle bar Recent Notification. Persiapan selesai, dan Anda sudah bisa menggunakan aplikasi tersebut untuk melihat pesan WhatsApp yang dihapus.

Selamat mencoba! (Hairuddin Ali/@hairuddin_ali)