pulsa-logo

Tips Jaga Akun WhatsApp, Saat Ponsel Hilang atau Dicuri


Nariswari

Senin, 17 Desember 2018 • 13:31

WhatsApp,Tips WhatsApp


IlustrasiIlustrasi

Saat smartphone hilang atau dicuri, apa hal yang pertama kali Anda pikirkan? Selain resiko kehilangan kontak yang tersimpan di smartphone, tentu hal lain yang dikhawatirkan adalah akun WhatsApp yang bisa saja disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Untuk itu, tips ini sepertinya bermanfaat untuk menjaga agar akun WhatsApp tetap aman dalam situasi yang kurang menguntungkan tersebut.

Ada sebuah cara yang bisa dicoba untuk mengontrol akun WhatsApp, meski saat ponsel Anda hilang atau dicuri. Anda mungkin telah memperhatikan bahwa WhatsApp memungkinkan kita untuk mengirim dan menerima pesan dengan menggunakan koneksi Wi-Fi, meskipun kartu SIM telah dicopot dari perangkat tersebut. Nah, fitur ini dapat sangat berguna jika Anda beralih dari satu ponsel ke yang lain dan belum mencadangkan data WhatsApp Anda.

  1. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah menghubungi penyedia layanan seluler Anda lalu kuncilah SIM Anda. Ini sekaligus akan menonaktifkan WhatsApp dari memverifikasi akun karena memerlukan akses ke SMS/panggilan telepon untuk mengaktifkan WhatsApp.
  2. Amat disarankan untuk menggunakan kartu SIM baru untuk mengaktifkan WhatsApp di smartphone baru Anda. Perhatikan bahwa WhatsApp dapat diaktifkan hanya dengan satu nomor dan perangkat pada satu waktu. Ini akan memastikan data dapat dipulihkan pada perangkat baru Anda.
  3. Jika Anda belum membeli kartu SIM baru, Anda dapat mengirim email ke WhatsApp dengan judul email :  “Lost/Stolen: Please deactivate my account” (Hilang/Dicuri: Mohon nonaktifkan akun WhatsApp saya). Anda harus memasukkan nomor telepon lengkap (dengan kode negara). Anda dapat melihat format lengkapnya di tautan https://faq.whatsapp.com/en/general/21016748 .
  4. Ketika akun telah dinonaktifkan, Anda masih akan menerima pesan dari kontak Anda. Namun, pesan-pesan ini akan berada dalam status “Pending” hingga 30 hari. Jika Anda tidak dapat mengaktifkan kembali akun Anda dalam waktu 30 hari, akun tersebut akan dihapus secara permanen. Dan sebaliknya, jika berniat untuk mengaktifkan  kembali akun Anda di perangkat smartphone yang baru, maka pesan-pesan yang tertunda tersebut akan langsung terkirim. (Naris/Ozi)

Sumber: 1, 2