pulsa-logo

Gunakan Satu Aplikasi Digital Banking Untuk Banyak Bank


Aldrin Symu

Kamis, 20 Desember 2018 • 11:05


Buat Anda yang selalu menggunakan aplikasi mobile banking, tentunya aplikasi di ponsel menjadi kebutuhan. Sayangnya tidak semua bank menyediakan aplikasi tersebut. Dan bila Anda merupakan pengguna aktif dan menggunakan banyak akun bank, pastinya lebih mudah bila semua akun berada pada satu aplikasi saja. Nah, aplikasi mBanking Telkomsel menjawab hampir semua kebutuhan tersebut.

Aplikasi mBanking Telkomsel memiliki beberapa fitur menarik, antara lain transaksi perbankan, transaksi merchant, promo program, sinkronasi data, dan pencari ATM terdekat. Transaksi perbankan menjadi mudah dengan mBanking Telkomsel, pelanggan cukup memilih menu yang ada pada aplikasi, kemudian akan di arahkan untuk bertransaksi. Aplikasi mBanking Telkomsel juga memfasilitasi pelanggan dalam melakukan transaksi pembayaran dan pembelian produk-produk pada merchant yang sudah bekerja sama dengan Bank seperti pembelian pulsa, pembayaran listrik, dan sebagainya. Selain itu, pelanggan akan selalu mendapatkan informasi terbaru mengenai promo-promo menarik dari merchant, Bank, dan Telkomsel sekaligus memfasilitasi pengiklan untuk dapat beriklan pada aplikasi ini dengan target pelanggan Banking. Berikut tips penggunaannya.

Aplikasi mBanking Telkomsel memberikan kemudahan kepada pelanggan untuk dapat mengakses rekening Bank yang dimiliki melalui ponsel. Aplikasi ini dapat diunduh melalui smartphone sistem Android dan menyusul di sistem iOS pada akhir Desember 2018 nanti.

Tahapan awal, tentunya Anda harus melakukan registrasi dengan memasukkan nama dan foto. Beri izin aplikasi untuk mengakses lokasi. Hal ini penting, karena nantinya Anda dapat menggunakan aplikasi lokasi untuk memanfaatkan fitur pencarian lokasi tertentu.



Langkah selanjutnya adalah melakukan sinkronisasi. Sinkronisasi disini akan meminta Anda untuk memasukkan nomor yang digunakan. Pastikan juga nomor ini adalah nomor yang digunakan untuk transaksi mobile banking sebelumnya. Anda akan menerima otentifikasi melalui SMS. Bila tahapan ini sudah berhasil, maka akan keluar notifikasi aktivasi sinkronisasi telah berhasil. Fitur sinkronisasi memfasilitasi pelanggan untuk dapat mencadangkan dan memulihkan data (back up data) yang pelanggan miliki di dalam aplikasi ini ke server Telkomsel sehingga akan memudahkan pelanggan bila pelanggan memiliki data favorit dan kemudian berganti ponsel.

Dengan menggunakan aplikasi ini, aktivitas penarikan tunai juga dipermudah dengan adanya fitur pencarian ATM terdekat yang terintergrasi dengan GPS ponsel Anda. Anda dapat langsung menggunakan fitur pencarian lokasi bank terdekat. Bisa juga dengan memilih bank apa yang hendak Anda cari. Saat ini telah tersedia 15 bank yang dapat Anda akses. Kedepannya, Telkomsel berjanji hampir semua bank akan tersedia disini, kecuali bank yang memang belum memanfaatkan fitur SMS banking.

Tidak sekedar menampilkan lokasi dan nama bank, Anda juga dapat melihat alamat lengkap dengan fitur peta menuju lokasi bank tertentu. Anda dapat melakukan skrol layar untuk melihat opsi pilihan yang tersedia dan klik yang kira-kira sesuai dengan pilihan Anda.

Aplikasi ini menyediakan pilihan bahasa dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Dan bila Anda ingin mengetahui lebih mendetil tentang aplikasi ini, tersedia fitur penjelasan atau tanya jawab terkait layanan di aplikasi ini. Bila masih Anda juga yang belum dipahami dan ingin bertanya, Anda dapat menghubungi langsung customer service telkomsel via ponsel atau lewat email.

Untuk menggunakannya, pertama Anda harus memilih bank yang dituju. Bila Anda ingin melihat layanan bank lainnya, klik kembali fitur ‘edit pilihan bank’. Tampilan yang nantinya akan muncul akan sesuai dengan layanan yang diberikan bank yang Anda pilih. Maksudnya, sebagai contoh, bila Anda memilih Bank Mandiri, maka tampilan di dalamnya akan berbeda dengan ketika Anda memilh Bank BCA.

Satu kelebihan aplikasi ini, transaksi yang Anda lakukan tidak mengharuskan Anda menggunakan layanan internet. Artinya, aplikasi ini dapat dilakukan dengan mudah meskipun Anda berada dalam wilayah tanpa akses internet atau saat Anda tidak memiliki paket data untuk internetan.

Untuk dapat menggunakan aplikasi ini, pelanggan diwajibkan sudah memiliki layanan SMS Banking. Bagi pelanggan yang belum aktif layanan SMS Banking, pelanggan dapat mendaftarkan nomor ponsel Telkomsel di kantor cabang Bank terdekat.

Semoga bermanfaat.

Aldrin Symu