pulsa-logo

Penting! Mengamankan Data Smartphone Saat Liburan


Hairuddin

Rabu, 26 Desember 2018 • 15:18

Kaspersky, Kaspersky Lab, Serangan Siber, BYOD, BYOD Security, Mengamankan Data Smartphone, Amankan Data Pribadi, Tips Mengamankan Data Smartphone


BYOD Security (Foto: PCWorld/ThinkStock)BYOD Security (Foto: PCWorld/ThinkStock)

Menurut data Kaspersky Lab, musim liburan biasanya menjadi masa yang cukup rentan bagi pengguna perangkat mobile untuk terkena serangan penjahat siber. Rata-rata, pencurian data pribadi maupun perusahaan menjadi urutan tertinggi dari serangan ini.

Apa yang menjadi penyebab para penjahat siber bisa dengan mudah mencuri data pengguna perangkat mobile ini? Kaspersky Lab mencatat setidaknya ada beberapa hal penting seperti kebanyakan pengguna perangkat mobile (smartphone, tablet hingga laptop) kerap memanfaatkan WiFi Publik yang gratis dan terlihat aman, padahal cukup beresiko saat menikmati musim liburan di tempat wisata.

Selain itu, banyak juga yang menggunakan pengisian daya USB di stasiun, terminal, bandara maupun di mal-mal. Pengisi daya USB juga dapat digunakan untuk mencuri data dari perangkat dan menginfeksinya dengan perangkat lunak berbahaya, seperti Spyware.

Menurut Kaspersky Lab, untuk melindungi data pribadi maupun perusahaan yang bisa jadi tersimpan di perangkat mobile, perlu adaanya sosialisasi akan pentingnya melakukan langkah-langkah pengamanan, termasuk pelatihan dasar-dasar keamanan informasi dalam penggunaan ponsel cerdas dan tablet.

Selain itu, Kaspersky Lab juga menyarankan beberapa cara penting lainnya untuk melindungi data pribadi maupun data perusahaan dari serangan penjahat siber saat memasuki masa libur panjang:

• Selalu membackup dan memproteksi informasi pribadi seperti korespondensi, foto, detail kartu bank supaya aman dari pengintaian yang tidak bertanggung jawab.

• Melakukan pengamanan berupa enkripsi data, otentikasi dua faktor, dan kata sandi yang kuat.


• Usahakan untuk tidak tergantung dengan Wi-Fi publik, jika terpaksa sebaiknya manfaatkan fitur VPN untuk menjadikannya lebih aman.

• Sebaiknya, pengisian daya smartphone pada stop kontak langsung, dan tidak melalui USB.

• Terakhir, manfaatkan solusi anti virus yang andal yang juga dilengkapi dengan teknologi anti pencurian.

Demikian beberapa hal penting yang perlu dilakukan untuk mengamankan data pribadi maupun perusahaan yang tersimpan di perangkat mobile selama musim liburan.