pulsa-logo

Dua Cara Mudah Cek Keaslian Ponsel Xiaomi


Hairuddin

Kamis, 24 Januari 2019 • 11:22

xiaomi, tips dan trik, tips trik, imei xiaomi


Membeli smartphone baik baru maupun bekas (second) memang membutuhkan kejelian dan ketelitian. Terlebih, jika Anda membelinya di toko online atau konter-konter pinggir jalan. Alih-alih mendapat produk asli, Anda malah tertipu mendapatkan smartphone palsu atau malah replika.

Tidak dipungkiri, untuk segmen kelas bawah alias entry level, produk-produk Xiaomi memang masih menjadi primadona. Pasalnya, meski dibanderol murah ternyata spesifikasi yang dibawa justru cukup menggoda.

Nah, tingginya penjualan produk jenis ini bisa jadi dimanfaatkan oleh pihak-pihak tertentu untuk mengeruk keuntungan, tapi dengan cara yang ‘curang’, yakni memalsukan IMEI produk dan sebagainya.

Untuk Anda yang ingin membeli produk Xiaomi atau yang sudah memilikinya, tidak ada salahnya untuk mengecek ulang keaslian produk-produk tersebut. Berikut ini, PULSA akan mengulas cara paling mudah, cepat dan ampuh untuk mengetahui keaslian ponsel Xiaomi.

Di tips dan trik kali ini, setidaknya ada 2 cara ampuh yang bisa digunakan untuk mengetahui keaslian smartphone Xiaomi.

1. Verifikasi Nomor IMEI atau S/N

Cara pertama ini bisa dibilang paling umum dan mudah untuk dilakukan. Pasalnya, setiap produk elektronik khususnya smartphone pasti memiliki nomor identitas masing-masing yang disebut IMEI.


Secara umum, IMEI singkatan dari International Mobile Equipment Identity. Terdiri dari 15 kode digit. IMEI digunakan sebagai nomor identifikasi ponsel Anda. Di dalamnya terdapat informasi mengenai kode negara, kode assembling, kode manufaktur, dan serial number.

Selain dapat ditemukan di stiker bagian belakang ponsel atau di dus, nomor IMEI bisa juga diketahui dengan memencet kode *#06#.

Selain IMEI, Anda juga bisa menggunakan kode S/N yang biasanya tertera bersamaan dengan stiker IMEI.

Setelah Anda mendapatkan nomor IMEI atau S/N, langkah selanjutnya untuk mengecek ponsel Xiaomi asli dibeli resmi atau merupakan versi Internasional, buka situs verifikasi Xiaomi resmi di https://www.mi.com/global/verify.

Anda bisa membuka URL tersebut dari browser ponsel atau di desktop PC. Selanjutnya, pilih tab “Verify your phone purchase” dan ketikan Nomor IMEI atau S/N. Lalu, masukkan pula kode otorisasi (security code) yang tertampil di tab bawahnya yang berfungsi untuk membedakan Anda dengan robot pencari.

Terakhir, tekan “Verify” untuk mengkonfirmasi dan informasi terkait data IMEI atau S/N ponsel Xiaomi akan tertampil.

2. Verifikasi Security Code

Jika Anda masih belum yakin benar akan keaslian ponsel tersebut, cara kedua ini bisa digunakan sebagai opsi penentu.

Langkah verifikasi menggunakan Security Code ini sejatinya tidak hanya berlaku untuk smartphone, tapi produk elektronik Xiaomi lain semisal Powerbank dan sebagainya.

Security Code biasanya ada di kotak produk yang dilapisi hologram dan harus digosok untuk menemukan 20 nomor tersembunyinya.

Setelah kode tersebut ketemu, buka kembali URL verifikasi resmi Xiaomi di https://www.mi.com/global/verify. Pilih tab “Xiaomi Product Authentication”, dan masukan Security Code juga kode otorisasi yang muncul di bagian bawahnya.

Selanjutnya, tekan “Verify” untuk mengecek data tersebut. Jika sesuai, maka informasi produk Xiaomi akan tertampil.

Gimana, mudah bukan? (Hairuddin Ali/@hairuddin_ali)