pulsa-logo

Ingin Akun Instagram Anda Lebih Aman? Begini Caranya


Hairuddin

Kamis, 24 Januari 2019 • 12:05

Instagram, Two-Factor Autentication, Mengamankan Instagram, Cara Mengamankan Instagram


Cara Mengamankan Akun InstagramCara Mengamankan Akun Instagram

Makin maraknya peretasan akun media sosial oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab, tentunya membuat para pengguna layanan jejaring sosial jadi was-was dan khawatir akan keamanan data pribadi.

Dari hasil analisa beberapa kalangan, layanan jejaring sosial yang cukup rentan akan serangan hacker diantaranya adalah Facebook, Twitter dan juga Instagram.

Meski secara default tiap layanan sudah menerapkan sistem keamanan yang baik, seperti password dan sebagainya, tetap saja celah keamanan standar tersebut masih bisa dibobol oleh para pencuri data.

Untuk Anda yang masih parno, sejatinya layanan jejaring sosial yang ada saat ini juga menyediakan opsi keamanan tingkat lanjut yang kerap luput dari perhatian.

Bagi pengguna Instagram, Anda bisa memanfaatkan fitur keamanan tambahan yakni Two-Factor Authentication untuk memproteksi jika ada orang lain yang ingin mengakses akun Anda.

Di pengaturan keamanan ini, tersedia dua opsi lanjutan yakni Text Message dan Authentication App.

Di pilihan pertama yakni Text Message, tiap kali ada yang ingin mengakses atau login kea kun Instagram Anda, maka sistem secara otomatis akan mengirimkan kode otorisasi via SMS ke nomor yang didaftarkan.


Sementara pilihan kedua yakni Authentication App, sistem akan meminta kode keamanan tiap kali akan login ke akun Instagram.

Nah, untuk Anda yang penasaran ingin melakukan pengaturan dan mengaktifkan Two-Factor Authentication Instagram supaya akun Anda lebih aman lagi, bisa mencoba langkah-langkah berikut.

  1. Masuk ke akun Instagram, dan buka profile Anda. Selanjutnya, tap menu Instagram berupa tiga garis yang ada di pojok kanan atas. Jika suadah, tap Settings.
  2. Geser ke bagian bawah hingga Anda menemukan opsi “Two-Factor Authentication” yang ada di tab Privacy and Security. Di dalamnya, Anda akan menemukan dua opsi pengaturan lanjutan yakni “Text Message” dan “Authentication App”.
  3. Anda bisa memilih salah satunya untuk diaktifkan, misalnya Authentication App. Di pilihan ini, Anda akan diminta untuk mengunduh aplikasi keamanan semisal Google Authenticator.
  4. Kembali ke pengaturan otentikasi Instagram, secara otomatis Anda akan digenerate ke aplikasi Google Authenticator untuk membuat kode keamanan khusus. Tap ‘Next”.
  5. Sistem akan langsung membuka aplikasi Google Authenticator, dan Anda diminta untuk memasukan akun Instagram untuk mendaftarkannya. Selanjutnya, sistem aplikasi akan membuat kode khusus.
  6. Buka kembali Instagram dan memasukan kode keamanan tadi.
  7. Selesai, Two-Factor Authentication Instagram pun berhasil diaktifkan. Terakhir, Anda akan mendapatkan kombinasi kode unik yang nantinya bisa digunakan untuk membuka akun Instagram.

Demikian cara mengamankan akun Instagram dengan Two-Factor Authentication. Semoga dengan tips ini data pribadi yang tersimpan di akun Instagram Anda terjaga keamanannya.

Selamat mencoba! (Hairuddin Ali/@hairuddin_ali)