pulsa-logo

Trik Jitu Bersihkan Isi WhatsApp


Aldrin Symu

Kamis, 24 Januari 2019 • 12:31

whatsapp, tips trik, tips dan trik


Buat pengguna smartphone, saat ini aplikasi WhatsApp merupakan aplikasi messenger wajib yang harus dimiliki. Salah satu kelebihan WhatsApp adalah kemudahan dalam membuat grup dan segala fitur mudah yang disertakannya. Alhasil banyak sekali grup yang diikuti. Mulai dari grup keluarga, teman sekampung, teman SD, teman SMP, teman SMA, teman kuliah dan teman-teman lainnya. Akibatnya, ponsel melambat karena banyaknya ruang yang tersita untuk segala file penyerta yang ada seperti audio, video, image, gif hingga file dokumen.

Memang sih, bila Anda cukup cerdik, aplikasi dapat diatur agar tidak melakukan download secara otomatis saat file masuk ke grup tersebut. Namun seiring berjalannya waktu, tentu saja banyak file yang terus menumpuk dan membuat storage ponsel terkurangi. Bila file tersebut masih dalam hitungan puluhan atau ratusan, rasanya masih mudah membersihkannya. Namun bila sudah berjumlah ribuan, maka membersihkan secara manual terasa merepotkan.

Untuk menyiasati hal tersebut, ternyata ada aplikasi yang memudahkan Anda untuk membereskan file yang bertumpuk tersebut. Salah satunya adalah dengan menggunakan Cleaner for WhatsApp yang berfungsi tidak hanya sebagai pembersih namun juga sebagai booster ponsel. Aplikasi ini dapat membagi file berdasarkan kategori gambar, video, audio, catatan suara, atau dokumen dan memudahkan Anda untuk melakukan tindakan pembersihan. Berikut tips penggunaannya.

Seperti biasa, aplikasi dapat didownload di Play Store. Aplikasi gratis buatan LookAndFeel Lab ini hanya menggunakan file 3MB untuk instalasinya. Aplikasi ini memiliki dukungan terhadap ponsel dengan OS mulai dari Android 4.0 (ice cream sandwich).

Aplikasi ini menghadirkan desain dan antarmuka yang user-friendly (mudah dipahami). Pada pojok kanan atas (setelah mengklik titik 3) hanya tersedia settings (pengaturan) dan share). Sedangkan pada pojok kiri atas (setelah mengklik baris 3) akan terlihat pembagian kategori yang pada dasarnya sama dengan kategori yang ada pada layar utama.



Saat aplikasi dibuka, aplikasi akan selalu menghitung ulang semua file yang terdapat di WhatsApp baik itu file audio, image, video, dokumen, gif, sticker, voices, wallpaper, photo profile dan database. Jadi ada beberapa jenis file yang bila Anda menggunakan aplikasi file manager tidak akan terlihat, namun di aplikasi ini terlihat berapa besaran storage yang digunakannya. Anda dapat langsung memilih ‘clear storage data’ bila sudah yakin ingin membersihkannya secara total. Namun bila tidak, sebaiknya dilihat terlebih dahulu file berdasarkan kategori yang ada.

Didalam kategori (image), aplikasi ini akan memilah berdasarkan jenis file yang diterima (received), dikirim (sent) dan yang dobel (duplicate). Pemisahan ini sangat penting buat Anda yang tidak terbiasa mengirim dan hanya menerima. Sehingga Anda dapat menentukan file mana yang ingin dieksekusi.

Dobel disini bisa saja terjadi saat anggota didalam grup mengirim ulang file yang sebelumnya sudah dikirim anggota lainnya. Jadi sebaiknya yang pertama dibersihkan adalah file yang dobel. Jangan khawatir, saat menghapusnya, aplikasi akan memberikan notifikasi apakah Anda akan menyisakan 1 file utama (keep one copy each) ataukah menghapus semuanya. Bila ingin lebih cepat (daripada memilih satu persatu), Anda dapat mengklik tanda petak di atas untuk langsung memilih semuanya.

Sama seperti kategori lainnya, pada kategori video Anda juga dapat melihat pemisahan berdasarkan received, sent dan duplicated. File video ini tentunya lebih besar dibanding file image atau yang lainnya. Kerena itu, penghapusan duplikasi menjadi sangat penting.

Namun sebelum semua file yang hendak dibuang ingin disimpan, Anda dapat melakukan pengiriman file ke semua aplikasi yang ada pada ponsel. Mulai dari kirim ke storage eksternal, ke email hingga penyimpanan cloud. Untuk memudahkan, Anda dapat menampilkan file dalam format berdasarkan ukuran atau lamanya file.

Anda juga dapat melihat dulu isi file bila file tersebut dalam format dokumen seperti pdf, word, excel dan lainnya. Bila aplikasi didalam ponsel tidak memiliki file penampil dokumen dimaksud, aplikasi ini akan menawarkan aplikasi pilihan yang dapat Anda instal langsung.

Semoga bermanfaat.