pulsa-logo

Memoria, Lebih Mudah Atur File Multimedia


Aldrin Symu

Jum'at, 08 Maret 2019 • 08:19

memoria photo gallery


Memoria Photo Gallery (memoria)Memoria Photo Gallery (memoria)

Semakin canggih sebuah ponsel, wajar jika storage yang dimiliki semakin besar juga. Dengan kemampuan kamera yang semakin bagus, alhasil koleksi foto dan video semakin berlimpah. Sayangnya, terkadang aplikasi bawaan ponsel untuk menampilkan koleksi image dan video memiliki fitur terbatas. Untuk menyiasati itu, banyak aplikasi tambahan yang menyediakan fitur berlimpah tersedia di Google Play Store.

Salah satu aplikasi yang dapat Anda gunakan adalah Memoria Photo Gallery. Memoria Photo Gallery tersedia dalam versi Pro dan Free. Anda dapat memanfaatkan versi gratis meskipun ada iklan kecil menempel didalamnya. Aplikasi ini dibuat dengan desain material yang apik dengan fitur penelusuran yang cepat dan teratur. Aplikasi ini juga mampu menyesuaikan koleksi album sesuai dengan tema. Nah, mau tau lebih detil, ikuti penjelasan tips dan triknya.

Seperti biasa, aplikasi dapat didownload gratis dari Google Play Store dan dibuka setelah diinstal. Saat pertama dibuka, aplikasi akan membutuhkan sedikit waktu tambahan untuk membaca isi ponsel. Anda akan dapat melihat notifikasi terkait versi yang digunakan.

Meskipun aplikasi menampilkan semua file (galeri) yang ada pada ponsel baik dari storage internal maupun storage eksternal, ada baiknya Anda memahami menu utama yang ada padanya. Terdapat menu home (awal/depan), create album (membuat album), hidden album (album tersembunyi), Go Pro (membeli versi Pro seharga Rp 26.999,-), recycle bin (keranjang sampah), setting (pengaturan) dan support (dukungan).  Bila dirasakan perlu, lakukan pengubahan yang ada pada pengaturan. Misalnya album visibility. Disini Anda dapat mengubah secara general (keseluruhan) bagaimana tampilan dari isi album. Anda dapat mengubah apakah dalam bentuk grid tersusun ataukah berdasarkan nama dengan thumbnail atau pilihan lainnya.

Pada My Photos, semua foto tersusun secara acak. Sedangkan pada my album, koleksi tersusun berdasarkan folder penempatannya. Sedangkan my favorites adalah semua koleksi yang telah Anda pilih sebagai file pilihan. Khusus untuk foto, aplikasi ini menyediakan juga fitur edit foto mulai dari pengubah ukuran, penambahan lokasi pengambilan foto (GPS), penambahan kontak hingga menampilkan properties dari foto tersebut.


Untuk memudahkan, Anda juga dapat mengatur tampilan berdasarkan tanggal, ukuran, nama dan letak. Bila penyesuaian hanya untuk album tertentu, Anda dapat menambahkan tanda centang pada ‘use for this album’. Bila Anda ingin menambahkan foto baru, tersedia icon kamera yang langsung dapat digunakan dan membawa Anda ke fitur pemotretan.

Khusus untuk file video, aplikasi ini menyediakan player sendiri yang dapat ditampilkan dalam format landscape atau portrait. Meskipun fiturnya terlihat sangat sederhana, namun dalam pengujian, player ini mampu memainkan banyak format video. Sayangnya belum dicoba fitur subtitle.

Tampilan juga dapat diatur dalam format rasio tersendiri. Tersedia ukuran fix tinggi, lebar, atau zoom. Koleksi foto pilihan juga dapat di share ke email ataupun aplikasi sosial media yang tersedia.

Anda dapat menambahkan album baru dengan nama sesuai keinginan Anda. Disini Anda bahkan dapat memindahkan atau mengcopy isi pada album lain untuk ditambahkan pada album tertentu.

Caranya sederhana, cukup dengan mengklik add media. Add media dimaksud tidak terbatas pada foto dan video tapi juga file audio. Hanya saja file audio pada aplikasi ini terlihat tanpa adanya thumbnail. Untuk versi Pro, tersedia fitur zoom in dan pengamanan foto pribadi menggunakan PIN, kata sandi atau perlindungan sidik jari. Folder koleksi dapat dibuat tersembunyi dan tersimpan dengan aman.

Pada setiap folder yang Anda buka, Anda dapat juga melakukan penyesuaian terkait group (koleksi), change view type (menampilkan berdasarkan type file), filter media (seleksi media pilihan) dan add media (menambahkan media tertentu).

Selain mudah, aplikasi berjalan dengan sangat mulus. Artinya meskipun file yang tersimpan cukup banyak (disini pengujian pada ponsel dengan ROM 64GB dan telah menghabiskan ¾ dari storage yang ada), namun aplikasi berjalan dengan ringan. Sebenarnya masih banyak fitur lainnya yang dapat Anda coba sendiri.

Semoga bermanfaat.